Desain karakter adalah salah satu cara mahasiswa Desain Komunikasi Visual BINUS Bandung dan teman-teman lainnya, untuk dapat mengembangkan imajinasi terhadap sebuah karakter yang ada di pikiran mereka. Pasti kita memiliki karakter favorit dari sebuah film 2 dimensi, atau yang orang awam katakan sebagai film kartun, atau bisa pula karakter dari film 3 dimensi, dari komik, graphic novel, buku cerita bergambar, dan dari sumber lainnya. Karakter ini mempengaruhi kesenangan kita terhadap benda lain, misalnya ada saja bentuk mug lucu atau t-shirt lucu yang dapat kita beli atau pakai karena ada karakter kesukaan kita itu.

Akan lebih menyenangkan jika kita dapat membuat karakter tersebut menjadi bentuk visual yang nyata dan ‘kita banget’ kan? Untuk itu, BINUS Bandung bekerjasama dengan 1% Studio dan Wacom dari Datascrip mengadakan kegiatan workshop untuk mendesain karakter.

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual dan rekan-rekan lain di luar program studi, diajarkan bagaimana menerjemahkan basic visual cues (bentuk, warna, proporsi, material,dll), kemudian mereka mengeksplorasi dan mendevelop keywords dari sifat dan keunikan karakter, yang tak terbatas manusia. Lalu mereka membuat character sheet yang menjelaskan karakter baru yang mereka buat. Hasil akhirnya, dipresentasikan dan dievaluasi.

Di dalam karakter-karakter tersebut, mereka juga harus memperhatikan bentuk ekspresi muka, reaksinya, seperti misalnya reaksi mual, malu-malu, dan lain sebagainya. Diajarkan pula tips and tricknya, dan bagai mana strategi grafisnya untuk menghasilkan karakter yang benar-benar berkarakter.

Hasil akhir untuk presentasi mereka, selain mereka harus bercerita secara verbal dan visual untuk karakter yang mereka buat, mereka juga harus melengkapi sampai biodata, sifat positif dan negatif, dari karakter mereka. Tak lupa pula tentang warna, karena warnapun merupakan bagian yang sangat penting sebagai penanda sifat dan karakter dari sebuah karakter. Workshop ini dilakukan dari pagi hingga menuju sore, kurang lebih dilaksanakan selama enam jam. Workshop ini berguna untuk mahasiswa dan calon mahasiswa yang tertarik dalam bidang animasi.