Berikut 7 Cara Melakukan Market Research dengan Benar

Berikut 7 Cara Melakukan Market Research dengan Benar

Market Research atau yang disebut dengan riset pasar merupakan kegiatan perusahaan untuk membantu mengoptimalkan produk dan layanan yang dimiliki perusahaan. Jika dilakukan dengan benar, riset pasar membuat perusahaan mampu menentukan target pasarnya dengan baik serta memperoleh umpan balik serta opini dari konsumen terkait dengan minat mereka terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. 

Lantas bagaimana cara melakukan market research dengan benar? Market research dilakukan dengan sangat sistematis guna mendapatkan data yang objektif, akurat dan relevan yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan keputusan bisnis. Lebih lengkap dan lebih detailnya simak uraian dibawah ini. 

Tujuan Market Research

Riset pasar harus dilakukan karena dampak dan manfaatnya yang sangat besar bagi keberlangsungan perusahaan. Berikut beberapa tujuan dari riset pasar:

  1. Mengetahui kekurangan serta kelebihan dari produk atau jasa yang kita miliki
  2. Melihat apakah ada celah dalam pasar
  3. Menentukan strategi marketing yang sesuai dengan produk atau jasa
  4. Mendapatkan penilaian dan informasi langsung dari pelanggan
  5. Melihat seberapa sukses proses branding

Cara Melakukan Market Research dengan Benar

Market research tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kegiatan ini harus dilakukan dengan sistematis atau tahap demi tahap guna mendapatkan hasil yang relevan dengan tujuan perusahaan. Berikut beberapa tahapan dalam melakukan market research yang benar:

1. Menentukan tujuan 

Sebelum memulai riset pasar, tentukan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan yang ditentukan haruslah terukur dan jelas sehingga kesuksesan riset bisa diukur dengan pasti. Misalnya apakah riset ditujukan untuk menentukan kebutuhan pasar yang belum terpenuhi, mengetahui preferensi konsumen atau mengevaluasi produk yang sudah ada dipasaran. Penentuan tujuan sangat penting agar riset tidak melebar ke arah lainnya yang berakhir membingungkan. 

Setelah tujuan ditentukan, selanjutnya bangunlah pertanyaan yang mendukung tercapainya tujuan tersebut. Pertanyaan haruslah mudah dipahami oleh responden dan relevan dengan tujuan. Semakin baik kualitas pertanyaannya, semakin baik pula proses pengumpulan datanya. 

2. Pilih jenis metode riset yang akan digunakan

Ketika melakukan riset pasar, kamu perlu menentukan jenis dan metode riset terlebih dulu. Ada empat metode riset yakni melihat segmen pasar, melakukan pengujian produk yang dijual, melakukan riset harga pasaran dan melakukan analisis kepuasaan pelanggan. 

Pertimbangkan dengan matang mana metode yang hendak diambil lantas sesuaikan dengan strategi bisnis milikmu. Tujuannya agar produk dan layanan yang kamu tawarkan bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Dalam tahapan ini kamu juga perlu menentukan metode pengumpulan data. Kamu bisa menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, wawancara, fokus grup, tes produk, survei, melakukan pengamatan, pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. 

3. Identifikasi buyer persona

Buyer persona merupakan profil fiktif untuk menggambarkan target konsumen ideal suatu perusahaan. Buyer persona dibuat berdasarkan data kepribadian pelanggan, data demografis, data perilaku keseharian mereka saat membeli produk, data tantangan dan masalah yang mereka hadapi ketika hendak membeli produk serta data bagaimana cara mereka mengambil keputusan. Identifikasi ini mampu membuat riset pasar lebih akurat. 

Sebagai contoh ketika kamu menyasar anak muda sebagai konsumen produk milikmu, kamu bisa menggunakan bahasa komunikasi yang ringan ketika riset. 

4. Kenali kompetitor 

Ketika kamu melakukan riset pasar, kamu harus mampu mengenali kompetitor dengan baik. Tujuannya agar produk yang kamu miliki mampu bersaing dipasaran. Ketika produk yang dijual sama, maka target market juga akan sama. Disini kamu harus mampu mempelajari kelebihan produk dari kompetitor serta strategi bisnis yang dijalankannya. 

Berkenalan dengan kompetitor juga membantumu dalam melakukan promosi produk. Misalnya dengan mencontoh cara pemasaran mereka ketika kita melihat jika cara tersebut cukup efektif. Namun ingat, selalu sesuaikan dengan jenis produknya. 

5. Pilih sumber pengumpulan data

Pengumpulan data bisa dilakukan secara menyeluruh ataupun secara acak. Namun apapun yang dipilih pastikan sumber data tersebut relevan dengan target. Ingat, proses pengumpulan data adalah proses yang sangat krusial. Jadi pastikan data yang dikumpulkan adalah data yang dapat dipercaya dan data yang memang berkualitas. Pastikan pula sampel responden yang dipilih mampu mewakili target pasar yang akan kita teliti. 

6. Analisis data

Setelah mendapatkan data yang lengkap, lanjut ke tahapan selanjutnya yakni tahap analisis data. Tahap analisis data bisa menggunakan metode analisis mandiri untuk data kualitatif dan bisa menggunakan software untuk data kuantitatif. Untuk data kualitatif, kamu bisa menggunakan analisis SWOT untuk membantumu menganalisis data. 

Selain melakukan analisis, kamu juga harus menjelaskan temuan dari riset pasar. Temuan ini haruslah disajikan dengan baik agar mudah dipahami. Temuan yang dihasilkan juga harus berkaitan dengan tujuan penelitian. 

7. Tarik kesimpulan

Penarikan kesimpulan adalah tahapan terakhir dalam riset pasar. Artinya hasil riset harus mampu menghasilkan keputusan atau rekomendasi yang tepat untuk menjalankan bisnis yang telah kamu bangun. Misal jika hasilnya menyatakan ada kekurangan pada produk yang ditawarkan, disarankan melakukan penyesuaian berdasarkan dari hasil analisis terhadap pasar. 

Cara melakukan market research yang benar tentu saja dengan memastikan semua langkah diatas telah dilakukan dengan sistematis, seksama dan teliti. Ketika kamu melakukannya dengan efektif, kamu akan mendapatkan informasi yang mampu membantu mengembangkan bisnismu. 

Bagi kamu yang ingin membangun bisnis sendiri atau menjadi seorang yang profesional dibidang bisnis dan manajemen, bergabunglah bersama BINUS @Bandung. Dengan kurikulum internasional yang didukung dengan fasilitas lengkap berteknologi canggih, kampus terbaik di Bandung ini akan mengantarkanmu mencapai tujuanmu yakni menjadi seorang pebisnis profesional.