Berikut 3 Tren Interior Design Furniture Terbaik  

Berikut 3 Tren Interior Design Furniture Terbaik

Memilih interior design furniture memang perlu berbagai pertimbangan, terutama fungsinya agar bisa mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Biasanya, tren dari tahun ke tahun tidak terlalu jauh berbeda. Jadi saat ingin merubah tampilan suatu ruangan, kamu tetap bisa menggunakan furniture lama.

Meski begitu, mungkin ada kalanya kamu juga ingin menghadirkan tren interior desain terbaru di suatu ruangan. Yang jadi tantangan di sini adalah, bagaimana memilih furniture agar hunian kamu tetap bisa memancarkan pesona abadi agar kamu juga tidak perlu sering-sering merubah dan mengikuti tren yang ada.

3 Tren Interior Design Furniture

Memilih interior design furniture sudah seharusnya mengedepankan kenyamanan, fungsi, dan juga kesenangan. Sebagai inspirasi, inilah 7 tren furniture dan warna interior yang bisa dipilih untuk diterapkan di rumah impian kamu nanti.

1. Furniture dengan Desain Fungsional

Semakin kesini, semakin banyak orang yang menjadikan furniture sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang. Tidak heran jika kemudian banyak yang memilih furniture dengan desain yang fungsional. Selain itu, kesesuaian tata letak rumah juga harus sesuai dengan furniture yang dipilih.

Misalnya furniture bufet atau meja yang diletakkan di ruang keluarga bisa dijadikan meja TV ataupun rak hias. Sementara jika bufet diletakkan di kamar tidur, maka bisa juga dijadikan sebagai lemari untuk menyimpan pakaian ataupun make up. Perlu diingat kembali, furniture yang multifungsi memang bisa berperan ganda, seperti halnya sofa yang dilengkapi dengan storage.

2. Furniture dengan Garis Lengkung

Garis furniture yang terkesan tajam akan menjadi bentuk lebih lembut. Tren ini juga menunjukkan preferensi gaya yang lebih organik. Tren ini juga tidak hanya cocok diterapkan untuk rumah, namun juga bisa diadaptasi untuk sebuah resto dan kafe.

Tren ini sebenarnya sudah menjadi tren sejak tahun 2023, namun ternyata tren ini masih terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Furniture dengan bagian tepi yang melengkung memberi kesan lembut serta bisa memecah garis kasar yang terdapat pada suatu ruangan.

3. Furniture Dari Bahan Ramah Lingkungan

Saat ini, furniture memang menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusia, namun memang ada beberapa produk furniture yang bisa berdampak buruk bagi lingkungan. Misalnya bisa menyebabkan polusi udara, deforestasi dan semakin banyaknya limbah. Dari pertimbangan inilah, kemudian banyak produsen yang kemudian membuat furniture dari bahan yang ramah lingkungan.

Furniture yang ramah lingkungan ini bisa terbuat dari bambu, kayu dan kain. Selain aman buat lingkungan, bahan-bahan yang telah disebutkan ini juga ternyata lebih tahan lama. Meski dari bahan ramah lingkungan, bukan berarti membuat ruangan di rumah kamu menjadi terlihat biasa saja. Justru furniture yang terbuat dari kayu misalnya, banyak yang menganggap lebih menarik dan estetik.

4 Tren Warna Untuk Interior

Selain memilih desain furniture yang akan digunakan, memilih warna interior juga bisa sangat berpengaruh terhadap suasana yang ingin diciptakan dalam sebuah ruangan. Sudah cukup lama, tren warna netral dan hangat menjadi pilihan banyak orang karena tidak pernah salah. Tetapi jika kamu ingin mencoba warna-warna lain, beberapa warna ini mungkin juga bisa kamu jadikan referensi.

1. Warna Netral

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, netral adalah warna paling aman dan masih menjadi primadona untuk saat ini dan tahun-tahun berikutnya. Warna netral yang menimbulkan kesan hangat ini menimbulkan banyak desainer interior juga menyukainya. Warna netral yang bisa kamu padukan ini adalah abu-abu, vanilla, krem dan putih.

2. Warna Biru

Salah satu warna yang juga tidak akan kehilangan pamor adalah warna biru. Biru sendiri adalah warna menyenangkan dan tenang yang bisa dirasakan oleh semua orang. Jika kamu menerapkan warna ini untuk hunian yang mungil juga bisa memberi kesan lebih lapang.

3. Warna Coklat

Sudah cukup banyak hunian yang menggunakan furniture berwarna coklat. Terlebih warna coklat sendiri memiliki berbagai macam, mulai dari cokelat tua, coklat muda hingga cokelat kayu. Warna coklat juga bisa memberi kesan hangat dan identik juga dengan kesan retro.

4. Warna Hijau Bumi

Warna hijau yang terinspirasi dari alam ini juga bisa kamu coba terapkan untuk rumah kamu. Dengan warna ini, kamu akan diberi kesan yang nyaman dan menenangkan ketika di suatu ruangan. Selain itu, perasaan yang lebih fresh juga dapat tercipta dari warna ini.

Tips Saat Memilih Furniture Multifungsi

Jika kamu memiliki lahan hunian yang tidak terlalu luas atau minimalis, maka konsep ‘less is more’ harus diterapkan dengan benar. Oleh sebab itu, sebaiknya saat memilih furniture lebih ditekankan pada fungsi tanpa mengesampingkan nilai estetikanya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba saat memilih furniture.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Ruangan

Tentukan setiap fungsi dari ruangan dalam rumah kamu. Jika ingin memfungsikan ruang tamu sekaligus sebagai area kerja, maka kamu harus memilih furniture yang bisa mendukung keduanya.

2. Memanfaatkan Furniture di Area Dinding

Dinding dapat mendukung elemen fungsional yang bisa memberikan keuntungan yang lebih banyak. Seperti kabinet gantung, rak dinding maupun meja lipat di dinding. Pemanfaatan area dinding yang memberi area lantai tetap terbuka bisa menimbulkan kesan yang lebih lapang untuk ruangan.

3. Menggunakan Furniture Modular

Furniture modular atau yang bisa dilipat pastinya akan lebih fungsional dan efisien pastinya. Seperti meja makan yang bisa dilipat dan diubah menjadi meja konsul. Pastinya furniture seperti ini juga bisa menciptakan nilai estetis tersendiri.

Tren interior design furniture memang berubah-ubah karena menyesuaikan minat dan zaman pastinya. Perlu diingat kembali, pemilihan material furniture sebaiknya mengedepankan aspek keberlanjutan dengan bahan ramah lingkungan dan mudah didaur ulang agar bisa diperbarui.

Buat kamu yang memiliki ketertarikan terhadap desain serta ingin menjadi praktisi maupun pemikir desain, segera gabung bersama BINUS @Bandung. Selain mendapatkan berbagai pengetahuan tentang desain, disini kamu juga akan dibekali bagaimana cara berpikir kreatif dalam membangun bisnis. Yuk, segera daftar disini.