Berikut ini Tutorial Membuat Video dengan Canva untuk Pemula

Tutorial membuat video dengan Canva tidak serumit yang kamu bayangkan. Pasalnya, Canva sudah banyak memberikan fitur yang memudahkan penggunanya. Bayangkan saja, kamu bisa mengedit video dengan alat pengeditan yang canggih tanpa harus mengunduh aplikasi apapun. Mengunggah video atau klip yang hendak di edit juga sangat mudah melalui Canva.

Yang menarik adalah kamu dapat mengedit video menggunakan Canva dimana saja. Kamu hanya perlu membawa ponsel pintar berbasis Android atau iOS jika kamu sedang tidak membawa laptop. Canva dapat diakses di berbagai perangkat seluler tanpa harus mengunduh aplikasi dari PlayStore. Kamu masih dapat mengakses lewat browser, bahkan saat kamu sedang online maupun offline.

Tutorial Membuat Video Dengan Canva

Mungkin saat ini Anda masih bingung apa yang akan dilakukan dengan video yang diedit melalui Canva. Padahal sebenarnya Anda dapat mencari cuan dari semua fitur yang tersedia di platform ini. Canva menghadirkan berbagai bentuk video yang bisa Anda manfaatkan seperti untuk template media sosial, presentasi, undangan, dan sebagainya.

Bahkan, video tersebut dapat dengan mudah Anda bagikan. Anda menjual produk lewat video yang sudah Anda edit dengan fitur canggih. Kini, Anda tidak perlu dipusingkan dengan video yang berisik karena Canva menghadirkan berbagai fitur canggih seperti menghilangkan kebisingan. Video Anda pun memiliki suara dan tampilan yang jernih sehingga indah dipandang.

Cara Membuat Video dengan Canva Menggunakan PC

  1. Masuk ke BERANDA Canva
  2. Cari di bawah bilah pencarian, lalu klik Video dengan ikon gambar video recorder.
  3. Kamu akan melihat beberapa jenis video lalu arahkan kursor ke jenis video yang ingin dibuat.
  4. Kemudian klik Telusuri Template untuk memilih salah satu dari template yang tersedia.
  5. Kamu dapat melakukan preview atau pratinjau dengan mengarahkan kursor ke bagian atas dan lalu klik video tersebut.
  6. Pilih pratinjau template yang sesuai keinginan.
  7. Sebelum menggunakan template, pilih SESUAIKAN TEMPLATE. Nantinya, Anda akan masuk ke laman EDITOR.

Cara Membuat Video dengan Canva Menggunakan Smartphone

  1. Masuk ke BERANDA
  2. Cari di bawah bilah PENCARIAN dan tap bagian VIDEO atau ikon gambar video recorder
  3. Kamu dapat memilih salah satu jenis dokumen video yang tersedia.
  4. Tap jenis video yang ingin di desain untuk melihat ketersediaan template.
  5. Jika sudah, pilih template tersebut dengan mengetuknya.
  6. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman EDITOR.

Mudah bukan? Tetapi, tentunya Anda tidak hanya sekedar membuat video saja. Anda juga dapat mengedit video yang sudah Anda ciptakan. Canva juga menyediakan fitur AI untuk membuat video. Tidak ada lagi momen membuang waktu dalam konsep video atau render. Anda dapat memanfaatkan fitur Magic Design untuk edit video Anda secara otomatis. Bahkan, Anda dapat menambahkan musik dalam video.

Editing Video yang Bisa Dilakukan dengan Canva

Anda dapat melakukan beberapa proses editing video antara lain:

1. Memotong Video

Trimming atau memotong atau bahkan memperpanjang video. Caranya dengan mencari fitur Trim atau gambar gunting di bilah yang ada di kolom EDITOR. Setelahnya akan terlihat bagian video yang di highlight berwarna abu-abu diatas editor. Kemudian drag salah satu penggeser di ujung bagian video yang sudah di highlight untuk memotong atau memperpanjang. Pilih SELESAI untuk menyimpan video tersebut.

2. Menambahkan Video dari Library Canva

Kamu dapat memilih ratusan desain video dimana pilihan akan lebih banyak jika kamu memilih Canva Pro. Caranya dengan mencari panel di samping EDITOR. Lalu pilih bilah VIDEO. Setelah itu, kamu dapat memilih tombol LIHAT SEMUA di samping kategori untuk melihat ketersediaan video. Kamu dapat mengecek dan memilih video baik GRATIS atau PREMIUM. Klik pada video yang diinginkan jika ingin ditambahkan ke desain video milikmu.

4. Menambahkan Video yang Diunggah

Kamu dapat menambahkan video dalam proyek milikmu dengan dengan mencari panel pada bagian bawah. Pilih bilah UPLOAD. Setelah itu, pilih video yang ingin diunggah. Cara lain adalah dengan drag atau seret file ke tab UPLOAD untuk mengunggahnya. Kemudian, pilih video yang diunggah untuk ditambahkan ke desain yang kamu buat.

5. Template dan Format Video Untuk Bisnis

Meski masih pemula, kamu dapat memanfaatkan template video Canva untuk bisnis apapun, baik kuliner, fashion, bahkan bisnis properti. Kamu juga bisa memilih format dengan ukuran beragam untuk kebutuhan media sosial. Menariknya, kamu dapat menambahkan video yang sudah diedit dengan musik, gambar, stiker, baik gratis maupun berbayar.

Mudahnya Membuat Video Untuk Berbagai Kebutuhan

Dengan memahami tutorial membuat video dengan Canva diatas, tentunya dapat mendukung kemampuan Anda di bidang Visual Communication Design lebih mudah bukan?

Yuk bergabung di jurusan S1 Visual Communication Design BINUS @Bandung. Kamu dapat menjadi seorang desainer andal di kampus dengan rekognisi Internasional lho. Kamu pun dapat menjadi desainer visual komunikasi dengan daya kompetisi tinggi dan keahlian mumpuni. Cari tahu informasi tentang BINUS @Bandung di sini.