Simak Keuntungan Kuliah di Kampus yang Menyediakan Program Double Degree

Kampus double degree

Program double degree tentunya sudah tidak asing bagi banyak mahasiswa. Program ini membuat lulusannya memiliki dua gelar sekaligus dalam satu periode akademik. Namun program double degree memakan waktu dan biaya yang cukup banyak. Meski begitu program ini tetap banyak diminati. Di Indonesia sendiri ada beberapa kampus double degree yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah BINUS @Bandung yang memiliki dua double program yakni Interactive Design and Technology dan Digital Business Innovation

Apa Itu Double Degree?

Double degree atau yang disebut dengan dual degree adalah sebuah program perkuliahan yang memungkinkan mahasiswanya mendapatkan dua gelar akademik sekaligus dalam satu periode. Dalam program ini ada beberapa gelar yang bisa didapat antara lain: 2 gelar Strata-1 (Bachelor Degree), 1 gelar Strata-1 dan 1 gelar Strata-2 (Bachelor dan Master Degree), serta 2 gelar Strata-2 (Master Degree). Namun jenis gelar Strata serta fokus studi akan berbeda-beda di tiap kampus double degree karena urusannya dengan kebijakan mereka masing-masing. 

Kampus double degree memiliki fokus dan gelar yang beragam. Meski begitu biasanya fokusnya tidak jauh beda atau masih saling beririsan. Misalnya Digital Business Innovation yang memiliki fokus studi bisnis dan IT. 

Keuntungan Mengikuti Program Double Degree

Mengambil program double degree tentu saja membutuhkan banyak pertimbangan. Namun yang utama terkait dengan waktu pendidikan. Ya, program ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan program reguler. Jika program reguler umumnya membutuhkan 4 tahun, maka program ini membutuhkan waktu hingga 5 tahun. Hal ini sebenarnya normal mengingat ada dua jurusan yang artinya jumlah SKS dan mata kuliah juga kian banyak. Terlepas dari lama pendidikannya, ternyata ada lebih banyak keuntungan mengikuti program double program lho. Berikut diantaranya:

    1. Memperluas jaringan
      Bagi kamu yang mengikuti program ini, kamu harus bersiap memperluas jaringan mulai dari dosen, mahasiswa, peneliti hingga para ahli. Perluasan jaringan akan sangat dibutuhkan di masa mendatang dan kamu bisa mendapatkannya dengan mengambil program ini. Selain itu membangun jaringan yang kuat juga termasuk skill yang harus dimiliki karena erat kaitannya dengan profesionalitas di masa mendatang. 
    2. Mampu mendalami ilmu lebih spesifik
      Beberapa kampus double degree memiliki aturan terkait jurusan yang boleh diambil untuk double degree. Tujuannya agar mahasiswa bisa memiliki banyak sudut pandang terhadap satu subjek yang masih berkaitan. Misalnya Interactive Design and Technology dimana kamu akan belajar penerapan teknologi dalam bidang desain interaktif. 
    3. Lebih cepat mendapatkan pekerjaan tak terkecuali perusahaan multi nasional
      Mereka yang mengambil double program akan memiliki dua gelar. Misalnya jurusan Digital Business Innovation dengan dua gelar yang dimilikinya yakni Sarjana Komputer (S. Kom.) dan Sarjana Bisnis (S. Bns.). Kepemilikan terhadap dua gelar ini jelas semakin meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu perlu diingat, perusahaan akan menandai siapapun yang memiliki gelar ganda karena ini akan jadi nilai tambah tersendiri. Kenapa? Karena mereka yang mengambil double degree memiliki keilmuwan dan skill yang lebih luas daripada mereka yang bergelar tunggal. Nah, mereka inilah yang banyak diincar oleh perusahaan besar. 
    4. Memiliki cukup banyak pengetahuan dan soft skill
      Setiap jurusan memiliki soft skills yang berbeda-beda. Artinya jika kamu mengambil program double degree maka kamu akan mendapatkan banyak soft skill. Adapun yang dimaksud dengan soft skill disini meliputi keterampilan analitis, pemahaman membaca, manajemen waktu, disiplin, networking skills, dan sebagainya. Hal ini juga berlaku untuk keilmuwan secara teoritis ataupun secara praktik. 
    5. Tanda produktivitas
      Ketika kamu memiliki dua gelar, banyak orang beranggapan jika kamu pasti memiliki produktivitas yang tinggi. Apalagi jika nilaimu secara akademik bagus. Sudah pasti kesempatan untuk diterima di perusahaan-perusahaan besar jadi lebih tinggi. Namun tentu saja kamu tetap harus melalui serangkaian tes tambahan seperti tes teknikal atau psikotes sebagai penilaian kapabilitas dari para kandidat.  
  • Menguasai bahasa asing
    Beberapa kampus double degree ada yang membangun kemitraan dengan universitas luar negeri. Biasanya kampus ini memberikan waktu 2 tahun untuk kuliah di kampus asal dan tahun selanjutnya di kampus mitra yang berada di luar negeri. Nah, karena berada di luar negeri, artinya kamu memiliki kesempatan untuk belajar bahasa mereka bukan? 
  1. Hemat waktu dan uang
    Memang ketika mengambil double degree waktu perkuliahan bisa mencapai 5 tahun. Berbeda dari kelas reguler yang membutuhkan hanya 4 tahun. Tapi jika kita lihat secara detail, waktu 5 tahun tersebut sangatlah singkat untuk mendapatkan 2 gelar sekaligus. Selain itu jika dilihat dari sisi finansial, program ini juga lebih hemat uang mengingat waktu masa perkuliahannya yang lebih singkat. 
  2. Mampu menentukan passion dan tujuan karir
    Bagi kamu yang suka dengan dunia IT namun tidak ingin bekerja dalam bidang ini dan lebih tertarik dengan bisnis, maka kamu bisa mengambil program double degree. Dengan begitu kamu akan lebih merasa nyaman dan lebih bersemangat karena kuliah sesuai dengan passionmu

BINUS @Bandung: Kampus Double Degree Terbaik di Indonesia

Di atas adalah beberapa keuntungan kuliah di kampus double degree. Bagi kamu yang tertarik mengambil program double degree, kamu bisa daftar ke BINUS @Bandung. Kampus BINUS @Bandung memiliki dua double program yaitu Interactive Design and Technology dan Digital Business Innovation. Kamu bisa pilih jurusan mana yang paling sesuai dengan bakat dan minatmu. 

Jadi masih ragu? Segera daftarkan dan cari tahu informasi terbarunya kesini!