SOFT ATTIBUTE DALAM BRAND ( Part 2 )
Oleh Ratna Amalia
Credibility
Kredibilitas brand merupakan salah satu faktor psikologis, yang mendorong keinginan konsumen untuk membeli produk. Faktor yang berkaitan langsung dengan kredibilitas adalah lama durasi usaha anda berjalan dan telah dikenal baik oleh segmen konsumen tertentu. Â Faktor lainnya adalah informasi (terpercaya & valid), menepati janji, dan kualitas sesuai klaim.
Nike sebagai produsen peralatan olahraga, memiliki kredibilitas yang baik dalam hal kualitas produknya. Kredibilitas mereka dibangun dari janji dan klaim bahwa kualitas dan teknologi yang terkandung pada produk mereka sesuai dengan produk yang diterima oleh konsumen.
Self-tightening sneakers dari NIKE
sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/17/090900820/nike-debut-sepatu-berteknologi-tinggi-bisa-dikontrol-lewat-smartphone?page=all
Lalu bagaimana jika usaha anda baru berjalan?
Bagaimana cara anda membangun kredibilitas brand?
Setelah anda memahami definisi dari krebilitas sebuah brand, maka ada beberapa faktor yang dibutuhkan untuk membangun kredibilitas yaitu:
- Citra visual atau logo, sebagai bagian dari komunikasi non verbal sebuah brand.
- Strategi pemasaran dan iklan sebagai bagian dari strategi komunikasi verbal.
- Visi dan misi yang jelas sebagai dasar untuk mengembangkan nilai-nilai usaha dan mempertahankan konsistensi kualitas layanan konsumen.
Referensi
https://blog.leightonbroadcasting.com/blog/the-importance-of-jingles-for-advertising-your-business
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0148296319301882
https://www.canto.com/blog/brand-positioning-statement-examples/
23 Types of Advertising Appeals Most Commonly Used by Brands
https://tedrubin.com/the-importance-of-brand-appeal/, https://www.marketing91.com/advertising-appeal/
http://marketinghuddle.com/what-is-brand-credibility/ https://placebrandobserver.com/how-place-brand-credibility-impacts-attachment-consumer-loyalty/
https://scarletroo.com/brand-credibility-online/
https://www.marketing91.com/what-is-brand-consistency/
https://bstrategyhub.com/value-innovation-success-through-simplicity/
https://www.alida.com/the-alida-journal/5-examples-how-brands-are-using-co-creation
Comments :