Oleh Ricky Pramudita Sumartono

30 Agustus 2022

  • Logo

Dalam bermain membuat logo, Binus University Bandung mengadakan kegiatan belajar bersama dalam kesempatan ini memberikan pengetahuan serta keterampilan tambahan untuk memberikan pengetahuan logo dengan murid – murid SMA ST.Aloysius Bandung.

Terdiri dari kegiatan  gabungan diantaranya jurusan studi Desain Komunikasi Visual, dan Creativepreneur dilakukan dua hari senin pada tanggal 22 dan 29 agustus 2022. Di pelajaran  desain komunikasi visual  semua murid – murid  diarahkan untuk diberikan tugas dengan tujuan mengikuti proses yang dilakukan, murid tersebut dilatih untuk memiliki perencanaan membuat logo sebagai hasil akhir di pertemuannya, siswa harus mencari dan menentukan huruf arahannya adalah huruf yang dipilih menjadi inisial dan dibuat logo kemudian di asistensikan dengan dosen yang hadir di kelas, Setelah logo dibuat maka proses selanjutnya adalah melihat hasil dari tugas yang sudah dibuat.

contoh :

ALEXANDER TANUWIJAYA

Murid memilih 3 huruf yang akan dibuat menjadi logo

 

Pengumpulan logo

Karya di atas merupakan pemaparan milik salah satu murid SMA ST.Aloysius ini menjelaskan logo yang menjadi identitas  langkah-langkah tersebut dilakukan agar membuat logo sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Diantaranya target yang tercapai, identitas  yang tepat. Pembaca dapat melihat langkah –langkah yang dilakukan sampai membuat logo

Proses pengerjaan desain logo mulai dari sketsa. sketsa adalah kumpulan atau komposisi gambar, visual dan objek lain yang biasanya dibuat untuk tujuan desain  dan sketsa bisa menjadi panduan bagi siswa dalam mengembangkan proyek bisnis terutama pada logo, menjadi sebuah identitas.

Proses mendesain logo pada dasarnya mirip dengan proses mendesain pada umumnya tapi harus diperhatikan juga adalah, kategori dan pemilihan logo karena logo ada berbagai macam kategori nya, seperti logo type, logogram digunakan karena fungsi pada identitas tersebut, jadi dapat disimpulkan desan logo selain diperhatikan elemen visual tapi diperhatikan juga struktur bentuknya, dan ukuran pada visualnya pada hakekatnya logo selain fungsi utamanya sebagai identitas  memiliki peran promosi yang dilakukan sebagai mempromosikan karena logo bisa menjadi bagian promosi.

Foto-foto kegiatan di SMA ST.Aloysius