Memahami Cara Kerja SEO untuk Meningkatkan Trafik Organik Website Kamu
Memahami Cara Kerja SEO untuk Meningkatkan Trafik Organik Website Kamu
Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya yang biasa dilakukan untuk mengoptimalkan kualitas suatu konten agar website bisa muncul di hasil pencarian saat pengunjung mencari di dengan menggunakan istilah tertentu di mesin pencari. Seperti Google, Youtube, Bing, Yahoo dan sebagainya. Cara kerja SEO dinilai sangat ampuh dan hemat untuk meningkatkan trafik dan angka transaksi.
Apa Itu SEO?
Seperti yang sudah disebutkan di awal, Search Engine Optimization adalah praktik yang dilakukan agar konten berhasil mendapat peringkat bagus (pertama) di mesin pencari. Apabila konten busa menduduki rangking yang bagus, maka tingkat trafik atau kunjungan juga semakin naik. Visibilitas ini tentunya sangat berdampak untuk memperoleh pendapatan dari website serta meningkatkan kesadaran merek.
Bisa dikatakan, SEO sangat berkontribusi terhadap bisnis di suatu perusahaan. Karena memiliki dampak yang signifikan dan memiliki hasil yang bersifat jangka panjang, maka perusahaan merasa sangat perlu untuk menerapkan SEO.
Jenis-Jenis SEO
Setidaknya ada empat jenis SEO yang harus dioptimasi yang semuanya memiliki keterkaitan dan saling mendukung satu sama lain. Keempat jenis SEO inilah yang akan menentukan, apakah website mudah ditemukan di mesin pencari atau tidak. Selanjutnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang jenis-jenis SEO tersebut.
1. SEO On Page
SEO On Page adalah jenis SEO yang erat kaitannya dengan internal website, artikel maupun konten yang ada di suatu website. SEO On Page cenderung lebih fokus tentang bagaimana caranya supaya konten yang dibuat mengandung informasi yang bermanfaat bagi pengguna (user / customer) dan yang pasti sesuai dengan bisnis yang dijalankan.
Selain itu, perhatikan juga tentang title, heading 1, heading 2, heading 3, meta description struktur URL, internal link, mengoptimasi gambar serta kecepatan website dalam mengakses konten. Elemen yang disebutkan ini bisa dioptimasi melalui SEO On Page.
2. SEO Off Page
Jika SEO On Page lebih fokus dengan internal website (konten dan artikel), maka SEO Off Page lebih fokus dengan eksternal website. Jika website kamu sudah rapi dari segi internal, berikutnya perlu mendapatkan pengakuan dari website lain yang menilai, bahwa website kamu memang berkualitas dan informatif. Salah satu cara mendapatkan pengakuan ini bisa melalui backlink.
Backlink sendiri adalah sebuah link yang diberikan atau ditanamkan oleh pengelola website lain ke website yang kamu kelola. Dengan cara ini, bot mesin pencari bisa mengetahui tentang adanya website lain yang merekomendasikan website milikmu.
3. Technical SEO
Technical SEO adalah jenis SEO yang bisa membantu kamu dalam menentukan, apakah bot mesin pencari diizinkan untuk melakukan crawling dan indexing website atau tidak. Pembahasan tentang jenis SEO ini sangatlah luas, namun berikut adalah tiga bagian terpentingnya.
- Accessibility
Accessibility lebih fokus membuat website bisa diakses dengan mudah oleh user yang berkaitan dengan web hosting dan server. Jangan sampai web hosting dan server yang kamu gunakan tidak bagus, karena ini juga akan sangat berpengaruh terhadap website.
Keamanan website juga sangat penting diperhatikan karena bot mesin pencari tidak menampilkan hasil di SERP untuk website yang bermasalah dengan keamanan, contohnya konten yang belum menggunakan ‘https’ dan konten spam.
- Crawlability
Crawlability lebih fokus tentang bagaimana suatu website bisa di-index dengan baik dan mudah oleh bot mesin pencari. Yang perlu kamu perhatikan di sini adalah robots.txt, redirection, sitemap, response code (seperti Error 404 Not Found) dan lain sebagainya.
- Content delivery
Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tentang struktur halaman, hreflang (untuk website yang memiliki 2 atau lebih macam bahasa), canonical dan struktur data yang memberikan informasi lebih tentang konten website ke bot mesin pencari. Elemen-elemen ini harus dioptimasi melalui technical SEO agar website bisa muncul di hasil pencarian SERP.
4. Local SEO
Untuk membuat supaya website bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari di lokasi atau wilayah terdekat, maka kamu bisa mengoptimasi melalui local SEO. Agar bisa menggunakan optimasi SEO ini, maka perlu mendaftarkan bisnis kamu ke Google Business Profile yang sebelumnya bernama Google My Business.
Untuk mendapatkan keyword yang sesuai dengan bisnis, maka bisa melalui keyword research. Optimasi juga halaman produk kamu dan tercantumkan ulasan dari pelanggan agar kredibilitas website semakin meningkat.
Memahami Cara Kerja SEO
Cara SEO adalah mengoptimalkan website agar mudah ditemukan di mesin pencari. Sebagai pemilik website, sudah seharusnya kamu telah melakukan jenis SEO yang disebutkan di atas. Hal ini sangat penting supaya mesin pencari bisa melihat website yang kamu kelola adalah yang terbaik dari pencarian yang dilakukan user.
Mesin pencari akan menentukan, maka yang terbaik berdasarkan algoritma tertentu. Algoritma adalah sistem rangking dari search engine atau mesin pencari. Algoritma yang paling dikenal adalah relevansi konten, sehingga pastikan konten yang kamu buat telah sesuai dengan keyword yang ditargetkan dan sesuai juga dengan niche bisnis. Berikutnya, seperti inilah bagaimana cara algoritma bekerja.
- Ketika membuat konten, kamu pasti membutuhkan keyword research supaya konten yang dibuat bisa relevan dengan bisnis.
- Saat konten sudah jadi dan dipublikasikan, bot mesin pencari akan masuk ke halaman website dan mengumpulkan segala informasi tentang konten kamu.
- Jika informasi sudah dikumpulkan, selanjutnya bot mesin pencari akan melakukan pengarsipan dalam database. Dari sinilah konten yang kamu buat akan dinilai tingkat relevansinya.
- Terakhir, bot mesin pencari akan menentukan apakah website menjadi yang terbaik atau tidak.
Memahami cara kerja SEO baik secara teoritis dan praktis sangatlah penting untuk meningkatkan visibilitas dan juga peringkat website kamu di search engine. Melalui penerapan strategi SEO yang tepat, maka lalu lintas website kamu bisa mencapai target. Terus perbarui pengetahuan kamu tentang berbisnis di era digital bersama BINUS @Bandung. Segera daftarkan diri kamu di BINUS melalui link berikut.
Comments :