Inilah 9 Strategi Marketing E-Commerce yang terbukti Ampuh

Inilah 9 Strategi Marketing E-Commerce yang terbukti Ampuh

Perkembangan bisnis digital sangatlah pesat semenjak pandemi tahun 2020. Bahkan banyak bisnis offline yang terpaksa beralih ke bisnis digital untuk tetap bertahan. Namun beralih ke bisnis digital bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan. Tak hanya mempersiapkan produk, kamu juga harus mempersiapkan bagaimana cara pemasarannya. Jika kamu adalah salah satu yang sedang merintis bisnis e-commerce, ada beberapa strategi marketing ampuh yang bisa dicoba. Berikut diantaranya:

Strategi Marketing E-Commerce yang Ampuh

Perlu diketahui, pemasaran e-commerce membutuhkan pendekatan yang terstruktur juga terencana agar hasil yang dicapai bisa maksimal. Jadi, jika ingin berhasil memasarkan produk e-commerce, kamu membutuhkan strategi marketing khusus. Berikut beberapa strategi yang sudah terbukti ampuh dan telah digunakan oleh para profesional hingga saat ini.

1. SEO

E-commerce merupakan bisnis yang identik dengan toko online dengan produk yang sangat beragam mulai dari barang fashion, makanan bahkan jasa persewaan barang. Oleh sebab itu e-commerce erat kaitannya dengan situs website. 

Kebanyakan e-commerce menggunakan website sebagai salah satu sarana mendekatkan diri kepada konsumen. Oleh sebab itu pastikan jika website yang kamu miliki menggunakan desain responsif serta memiliki navigasi yang mudah diakses oleh pengguna. Selain itu pertimbangkan kecepatan muat halaman serta cantumkan deskripsi produk dengan detail sebagai tambahan informasi bagi calon pembeli. Dan yang terpenting, gunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas website di search engine

Pengelolaan SEO yang baik membuat website milikmu mendapatkan peringkat tinggi dalam pencarian organik. Artinya calon pelanggan akan lebih mudah menemukan website milikmu dan jumlah kunjungan situs pun juga meningkat. 

2. Email Marketing

Strategi selanjutnya untuk mempromosikan e-commerce yakni menggunakan email marketing. Email marketing menjadi saluran yang tidak dikendalikan oleh perusahaan besar seperti Meta atau Google. Artinya layanan ini lebih murah namun tetap bisa diandalkan. 

Untuk menggunakan strategi ini, kamu perlu memilih platform layanan email marketing dan mulailah membuat daftar email lalu kirimkan email pada para target. Ada banyak jenis email marketing yang bisa dikirimkan untuk menarik keterlibatan pelanggan seperti welcome email, newsletter, drip nurture email, email pasca pembelian, win back email, email hadiah, hingga email penawaran VIP.

3. Conversion Rate Optimization

Ini adalah proses untuk meningkatkan persentase pengunjung website untuk melakukan tindakan tertentu. Tindakan yang dimaksud seperti mengklik iklan banner, teks, atau produk. Untuk mendorong tingginya penjualan, kamu bisa menggunakan berbagai macam taktik misalnya live chat dan push notification.

4. Pemasaran Media Sosial

Strategi marketing e-commerce selanjutnya dengan memanfaatkan platform media sosial. Menggunakan media sosial membuatmu terhubung lebih mudah dengan para calon pelanggan potensial. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur dalam media sosial untuk mencari target yang sesuai. Setelah itu buatlah konten yang sesuai dengan preferensi pengguna dalam platform tersebut. Jika kamu ingin meluaskan jangkauan, kamu bisa memanfaatkan iklan berbayar. 

Ada banyak platform media sosial yang belakangan sangat diminati yaitu Instagram, YouTube, TikTok dan Facebook. Kamu bisa memanfaatkan platform-platform tersebut untuk mengenalkan produk yang kamu miliki serta menjaring calon pelanggan potensial. 

5. Kolaborasi dengan Influencer Marketing

Selain memanfaatkan iklan berbayar, kamu juga bisa memanfaatkan influencer marketing untuk meningkatkan penjualan. Influencer marketing adalah mereka yang populer di media sosial. Para influencer ini akan membantu mempromosikan produk milikmu dengan menjangkau audiens yang sulit dijangkau.  

Influencer marketing umumnya memiliki pengikut yang loyal. Oleh sebab itu ketika mereka merekomendasikan suatu produk, kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut pun kian tinggi. Namun pastikan memilih influencer atau blogger yang sesuai dengan produk yang ingin kamu iklankan. 

Selain influencer, kamu juga bisa menggandeng blogger untuk membantu mempromosikan produk milikmu. 

6. Program Kepuasan Pelanggan

Kamu bisa membuat program yang menargetkan loyalitas pelanggan. Misalnya dengan memberikan poin reward, diskon, dan keanggotaan eksklusif. Program ini tak hanya mampu menarik calon pelanggan baru, namun juga mampu meningkatkan loyalitas pelanggan lama. 

7. Content Marketing

Ini adalah strategi marketing yang mampu memberikan hasil jangka panjang bagi bisnis yang kamu bangun. Kamu bisa membuat konten marketing dalam bentuk artikel blog, podcast, video, panduan dan konten bantuan, hingga konten pengguna. Namun pastikan untuk membuat konten ini dengan rutin dan konsisten. 

Tujuan utama dari strategi marketing ini untuk mengedukasi, menjawab pertanyaan, membantu memilih produk, menghibur hingga memperluas narasi perusahaan. Namun tak hanya itu, konten ini juga bisa digunakan untuk pengoptimalan strategi marketing lainnya seperti kemitraan dan sosial organik. 

8. Retargeting

Strategi ini ditujukan untuk menargetkan kembali pelanggan yang telah mengunjungi website namun belum melakukan transaksi pembelian. Kamu bisa mengingatkan mereka dengan kembali menawarkan produk yang mereka lihat sebelumnya lewat email, WhatsApp, sms, atau lewat dm yang ada pada platform media sosial. 

9. Lakukan live

Saat ini berbagai platform e-commerce banyak yang menyediakan fitur live yang memungkinkan mu mengenalkan produk secara langsung kepada mereka yang tergabung dalam live tersebut. Dengan melakukan live secara konsisten, percaya atau tidak ini mampu membantu meningkatkan penjualan. Apalagi jika kamu menawarkan berbagai macam promosi seperti giveaway, paket bundling dan diskon. 

Diatas adalah beberapa strategi marketing e-commerce yang bisa kamu aplikasikan dalam bisnis milikmu. Jika kamu ingin belajar banyak tentang bisnis dan manajemen, pastikan kamu belajar di tempat yang tepat. BINUS @Bandung sebagai solusi menjadi seorang pebisnis profesional. Didukung dengan kurikulum internasional serta fasilitas yang lengkap dan juga canggih, BINUS @Bandung layak menjadi pilihan.