Inilah 7 Cara Menaikkan SEO YouTube untuk Meningkatkan Jumlah Views
Inilah 7 Cara Menaikkan SEO YouTube dan Meningkatkan Jumlah Views
Bagi seorang content creator YouTube atau Youtuber, sangat penting untuk memahami bagaimana cara menaikkan SEO YouTube agar video yang kamu buat di platform ini bisa ditonton lebih banyak audien. Dengan meningkatkan SEO YouTube, konten video kamu bisa mendapatkan peringkat yang bagus dan mendatangkan banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung, maka pendapatan kamu juga semakin besar dari YouTube.
Tentang SEO YouTube
Istilah Search Engine Optimization (SEO) sendiri merupakan strategi yang perlu diterapkan untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas dari sebuah konten di mesin pencari. Tidak hanya berlaku untuk website saja, namun strategi ini juga bisa diterapkan untuk platform lain, seperti YouTube.
Cara kerjanya juga sama dengan strategi SEO website. SEO YouTube juga bisa membantu meningkatkan video yang kamu buat di kanal YouTube supaya muncul di pencarian teratas saat pengguna (user) mencari konten-konten yang relevan. Dengan menggunakan praktik SEO ini, kamu bisa mengundang lebih banyak views di dalam konten video yang dibuat.
YouTube menjadi platform streaming terbesar di dunia saat ini. Tidak heran jika kemudian bermunculan konten kreator yang ikut membuat konten-konten video agar menarik perhatian penonton. Dengan, menggunakan optimasi ini, maka kamu tidak hanya akan mendapat lebih banyak penonton saja, namun juga memperluas komunitas penonton, menambah subscriber dan meningkatkan lalu lintas lain terhadap video.
Umumnya, video yang akan muncul di peringkat atas di mesin pencari YouTube adalah channel yang memang sudah memiliki banyak subscriber. Tapi kamu jangan berkecil hati terlebih dahulu, sebab jika kamu menerapkan SEO YouTube ini dengan benar, maka kamu juga masih bisa bersaing.
7 Cara Menaikkan SEO YouTube
Semakin banyak user yang menonton video yang kamu buat, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Setelah memahami tentang apa itu SEO YouTube, berikutnya kamu juga perlu mengetahui, bagaimana langkah-langkah untuk mengoptimasi SEO YouTube agar banyak pengunjung. Berikut adalah sejumlah cara yang bisa diikuti.
1. Riset Keyword
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah riset keyword (kata kunci). Sama halnya dengan mesin pencari lain, YouTube juga akan memberikan rekomendasi kata kunci yang paling banyak dicari oleh penonton. Maka dari itu, carilah kata kunci yang relevan dengan konten-konten video yang kamu buat.
Buatlah daftar keyword yang tepat dan memiliki tingkat pencarian yang baik. Jika sudah, kamu bisa menyisipkan kata-kata tersebut secara strategis ke judul, deskripsi ataupun tag video kamu. Perlu diingat, gunakan kata kunci ini untuk membantu mengoptimasi saja, namun jangan untuk fokus video.
2. Buat Judul dan Thumbnail yang Unik serta Menarik
Judul dan thumbnail merupakan hal pertama yang akan dilihat para user ketika sedang mencari video YouTube. Jadi buatlah judul yang memikat serta yang menceritakan secara jelas tentang isi dalam konten video kamu. Selanjutnya, gunakan thumbnail yang relevan agar user tertarik dan mengklik video tersebut.
3. Unggah Video Berkualitas Tinggi
Dalam optimasi YouTube, kualitas video menjadi faktor yang sangat penting. Jadi sebelum mengunggah di platform tersebut, pastikan kualitas video yang kamu buat berkualitas dan jernih. Sebab, video yang pecah-pecah dan tidak nyaman dilihat bisa membuat pengguna merasa kecewa dan tidak mau lanjut menonton sampai akhir.
Perhatikan juga tentang durasi video. Durasi ini dapat menentukan, apakah konten video bisa diindeks secara mudah dengan kata kunci tertentu. Untuk monetasi, biasanya para konten kreator ini membuat video dengan durasi lebih dari 5 menit.
4. Menyisipkan Keyword dalam Judul dan Deskripsi
Menambahkan kata kunci yang relevan ke dalam judul dan deskripsi video menjadi langkah optimasi berikutnya. Ini adalah umpan agar mesin pencari YouTube bisa mengidentifikasi isi video serta dapat memunculkan video ke hasil pencarian yang relevan. Namun perlu untuk diingat, hindari kata kunci yang berlebihan karena bisa membuat konten menjadi tidak natural.
5. Menggunakan Tag dan Kategori yang Sesuai
Tag dan kategori bisa membantu optimasi YouTube dalam memahami konteks video. Gunakanlah tag dan kategori yang relevan dengan keyword maupun turunannya yang kamu gunakan dalam video kamu. Hal ini untuk meningkatkan peluang kemunculan video dalam daftar pemutaran video yang relevan.
6. Promosi Video
Setelah berhasil mengunggah video di platform YouTube, selanjutnya kamu juga perlu untuk mempromosikan video tersebut ke platform lainnya, misalnya blog ataupun lewat media sosial. Cara ini bisa membantu meningkatkan eksposur dan kesempatan video agar bisa ditonton banyak orang.
7. Evaluasi Kinerja Video
Setelah kamu melakukan optimasi untuk video YouTube kamu, berikutnya jangan lupa untuk selalu memantau bagaimana kinerjanya. Pastikan cara tersebut telah sesuai target dan lakukan evaluasi data.
Rutin dalam melakukan evaluasi ini bisa membantu kamu dalam menganalisa hal apa yang perlu dikurangi atau ditambahkan dalam membuat konten video YouTube. Cara mengevaluasinya juga sangat mudah. Kamu bisa membuka bagian ‘Analytics’ di tampilan YouTube. Dari sana, kamu bisa mengetahui berapa jumlah view sampai durasi video yang ditonton oleh pengguna.
Selain memperhatikan cara menaikkan SEO YouTube, kamu juga harus rutin dalam mengunggah konten video. Kedisiplinan dalam mengunggah konten akan membuka peluang lebih besar dalam menjangkau pengguna dan mendapatkan penonton video lebih banyak.
Di era modern dan serba digital seperti sekarang, mendapatkan uang bisa dilakukan cukup dengan mengandalkan koneksi internet. Mulai dari Blogging, YouTube, mengikuti survey berbayar, afiliasi dan masih banyak lagi lainnya. Untuk itu, bekali pengetahuan dan pengalaman kamu tentang bagaimana bisnis digital ini bekerja dengan kuliah di BINUS @Bandung. Segera daftarkan diri kamu di sini.
Comments :