HackJakarta 2024, salah satu ajang persaingan tingkat internasional tahunan dan bagian dari The Global Hackathon Series. HackJakarta 2024 disponsori oleh Hacker.dev, StackUp, Grab, Singapore Global Network, Ticket.com, Girls in Tech Indonesia, Ristek Fasilkom UI, Tokopedia Academy, dan Angel Hack (komunitas pengembang teknologi/ICT (Information & Communication Technology) yang membentuk lomba internasional The Global Hackathon Series). Lomba HackJakarta 2024 dilaksanakan selama 2 hari berkelanjutan, yaitu 27-28 Juli 2024, berlokasi di Grab HQ, Jakarta Selatan. Perlombaan ini terbuka bagi semua kalangan di atas 18 tahun dan bersifat global.

Pada HackJakarta 2024, terdapat beberapa tim mahasiswa program studi Computer Science BINUS @Bandung yang mendaftarkan diri. Melalui kesempatan yang muncul dihadapan mereka, salah satu tim mahasiswa bernama “Smileyface” yang terdiri atas 3 orang Binusian 25 (B’25) Computer Science BINUS @Bandung, yaitu Heryan Djaruma, Fabian Habil Ramdhan, dan Mahesa Insan Raushanfikir, serta seorang mahasiswi Universitas Indonesia dari jurusan Biomedical Engineering, yaitu Vania Chrysilla, berhasil menempati Juara ke-3 untuk kategori lomba Digital Empowerment. Program studi Computer Science BINUS @Bandung mengucapkan selamat dan apresiasi kepada tim kalian atas prestasi yang diperoleh pada lomba HackJakarta 2024.

Projek yang diusung oleh tim tersebut ada membuat modul tambahan bagi aplikasi Grab dengan dasar masalah “kesulitan para pengguna aplikasi Grab dari Generasi Z untuk membuat keputusan dalam hal pemilihan makanan atau jenis transportasi”. Tim Smileyface membentuk modul berupa prompt atau instruksi yang ditanamkan dengan AI (Artificial Intelligence) rekomendasi pencarian untuk aplikasi Grab. Dengan modul tersebut, sistem pencarian akan menjadi lebih efisien serta meningkatkan kepuasan pengguna karena mampu menghasilkan rekomendasi pencarian yang lebih sesuai.

Tentunya, bagi tim Heryan dan kawan-kawan untuk mencapai titik keberhasilan tersebut diperlukan tekad dan usaha yang cukup panjang serta berbagai pengalaman dan sifat gigih pantang menyerah. Bagi seluruh tim yang belum berhasil menggapai posisi juara, kalian tidak keluar dengan tangan kosong, tetapi telah memperoleh pengalaman yang berharga untuk bisa mempoles diri menjadi lebih baik lagi. Mari mahasiswa/i Computer Science BINUS @Bandung, beranikan diri dan ikuti berbagai kompetisi yang ada. Bangun pengalaman dan portofolio kalian dengan prestasi yang gemilang.

 

Agustus 2024
Penulis: Riccosan