Cara Download dan Install SketchUp di PC dan Laptop Langkah Demi Langkahnya

Cara Download dan Install SketchUp di PC dan Laptop Langkah Demi

Desain adalah bentuk sementara suatu objek sebelum direalisasikan dan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan. Kegunaan desain sendiri salah satunya memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seseorang, misalnya desain bangunan. Kegiatan mendesain saat juga bisa dilakukan dengan mudah karena ada sejumlah aplikasi yang bisa membantu. Salah satunya adalah SketchUp. Itulah mengapa, kamu perlu mengetahui bagaimana cara download SketchUp ini.

Tentu saja, dalam mendesain bangunan, para desainer membutuhkan aplikasi untuk membantu mendesain rancangan bangunan tersebut agar bisa sesuai dengan yang diinginkan. SketchUp merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi desain bangunan dengan berbagai fitur yang ramah pengguna

Tentang Aplikasi SketchUp dan Jenisnya

SketchUp sendiri merupakan aplikasi atau program komputer pemodelan 3 dimensi yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi gambar, mulai dari desain interior, arsitektur, film, teknik sipil dan mekanik, arsitek lansekap hingga video game. Aplikasi ini dihadirkan oleh Trimble Inc yang merupakan perusahaan survei pemetaan serta peralatan untuk navigasi.

SketchUp juga memiliki beberapa jenis produk yang bisa dimanfaatkan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. SketchUp Pro

  • SketchUp ini memiliki fungsional yang mencakup berbagai hal sebagai berikut ini.
  • Akses ke Layout (perangkat lunak berbentuk dokumentasi 2D).
  • Make plus (importir maupun eksportir dalam format 2D maupun 3D umum.
  • Style Builder (membantu dalam membuat edge style kustom pada model SketchUp).

2. SketchUp Shop

  • Untuk para desainer maupun tukang kayu DIY, maka produk yang cocok adalah SketchUp Shop. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa mendukung kebutuhan merek. Seperti router CNC, antarmuka dan printer 3D dan mesin toko lain.
  • Perbedaan antara SketchUp Shop dan SketchUp Pro terletak pada aplikasi web yang dijalankan melalui browser ketika terkoneksi dengan internet. Sedangkan SketchUp Pro merupakan aplikasi yang diunduh dan digunakan secara offline.

3. SketchUp Free

Aplikasi SketchUp Free awalnya diluncurkan untuk menggantikan aplikasi SketchUp Maker. SketchUp Free memiliki kemampuan menyimpan gambar ke dalam cloud, menyimpan secara lokal dalam bentuk file SKP asli maupun diekspor ke dalam file STL. Sayangnya, aplikasi SketchUp Free ini belum bisa mendukung ekstensi, pembuatan hingga pengeditan video.

4. SketchUp Studio For Higher Education

Aplikasi ini berisi tentang berbagai alat yang bisa digunakan untuk menggambar 3D. Selain itu, aplikasi ini bisa membantu untuk menganalisa, meningkatkan kinerja, mendokumentasi serta memberikan ide kepada penggunanya.

5. SketchUp Studio

SketchUp Studio juga bisa menjadi cara paling mudah untuk membantu pembuatan model dalam suatu proyek. Dengan aplikasi ini, maka pengguna bisa membuat bangunan secara efisien dan hemat energi yang didukung berbagai alat analisis yang dibutuhkan.

 

 Cara Download SketchUp

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mendownload aplikasi SketchUp ini, pastikan koneksi internet di tempatmu sekarang lancar dan stabil. Selanjutnya ikuti sejumlah langkah berikut ini.

Buka browser dan kunjungi website resmi miliki SketchUp.

  1. Klik ‘Try SketchUp’.
  2. Klik ‘Start Free Trial’.
  3. Halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk login. Disini kamu bisa menggunakan akun Google agar lebih mudah.
  4. Secara otomatis kamu akan diarahkan memilih keterangan yang dibutuhkan. Disini kamu klik ‘Continue’.
  5. Pilih opsi ‘3D modeling’. Jika kamu masih membutuhkan hal lain, maka bisa bisa memilih opsi tersebut lalu kembali klik ‘Continue’.
  6. Isi data diri atau bisa mengisinya sesuai posisi atau jabatan kemudian klik ‘Start My Trial’.
  7. Tunggu hingga proses download selesai.
  8. Instalasi aplikasi SketchUp.
  9. Klik dua kali setup aplikasi SketchUp, lalu saat muncul jendela kecil klik ‘Yes’ untuk melanjutkan penginstalan aplikasi.
  10. Pada tampilan berikutnya, kamu bisa klik ‘Next’ lalu pilih lokasi penyimpanan dan klik ‘Install’.
  11. Tunggu sampai proses instal ini selesai lalu klik ‘Finish’.
  12. Jika sudah, aplikasi SketchUp akan otomatis muncul pada PC atau laptop kamu dan bisa langsung digunakan untuk mendesain bangunan.

Kelebihan dan Kekurangan SketchUp

Meskipun memang banyak memberikan kemudahan yang sangat membantu para arsitek maupun desainer, ternyata SketchUp juga tak luput dari kekurangan. Sebagai wawasan kamu, berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan dari aplikasi SketchUp ini.

Kelebihan SketchUp

  • Versi gratis dari SketchUp telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap.
  • Memiliki banyak open source dan plugin yang sangat mendukung kinerja dari SketchUp.
  • Mudah digunakan untuk profesional maupun pemula.
  • Aplikasi yang cukup ringan dijalankan di komputer dengan spesifikasi yang standar sekalipun.

Kekurangan SketchUp

  • Karena terlalu sederhana, pemodelan pada SketchUp ini bisa menyebabkan pemodelan selanjutnya menjadi lebih sulit meskipun plugin masih bisa digunakan.
  • Gangguan juga sering terjadi jika terlalu banyak modifikasi. Misalnya model manusia yang diimpor dari 3DS Max ke dalam SketchUp.
  • Tidak bisa mencetak 3D langsung dari versi yang gratis.
  • Hasil gambar kurang begitu memuaskan.

SketchUp pastinya bisa membantu para penggunanya dalam menciptakan model dalam bentuk 3D yang lebih terlihat realistis dengan cara yang mudah. Sifatnya yang fleksibel ternyata membuatnya tidak hanya digunakan oleh pemula saja, namun juga arsitek, desainer interior, pecinta desain 3 dimensi hingga insinyur. Cara download SketchUp yang disebutkan ini juga bisa kamu coba.

Aplikasi SketchUp memang menjadi salah satu software modeling 3D dengan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk siapa saja, bahkan bagi pemula. Buat kamu yang tertarik mempelajarinya secara lebih profesional, maka kuliah di BINUS @Bandung adalah pilihan yang paling tepat. Yuk, jadi salah satu BINUSAN sukses dengan daftar di link berikut.