Kehadiran artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di era serba digital ini memang telah memberikan perubahan besar di berbagai bidang usaha. Tidak terkecuali, dunia bisnis digital. Dengan melibatkan AI dalam bisnis digital, pelaku usaha bisa mendapatkan beragam kemudahan, mulai dari proses produksi, pemasaran, hingga peningkatan pelayanan konsumen. 

AI punya peranan besar dalam menjaga produktivitas pelaku bisnis digital karena membantu menyelesaikan hal-hal administratif yang kemungkinan memakan banyak waktu dan tenaga. Ingin tahu lebih lanjut tentang fungsi AI dalam dunia bisnis digital? Berikut ini informasi selengkapnya yang menarik untuk kita simak bersama.

Bisnis Digital

Analisis Data

Teknologi kecerdasan buatan memungkinkan kita untuk bisa mengumpulkan, menganalisis, hingga mengurai data dengan cepat dan akurat. Dengan demikian, pengusaha dapat memperoleh informasi selengkapnya tentang perilaku konsumen dan tren pasar terkini tanpa harus membuang banyak waktu dan energi. 

Segala data tentang perilaku, preferensi, hingga interaksi pelanggan ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan produk hingga pemasaran. Dengan kata lain, tak hanya membantu menciptakan produk yang tepat guna, dengan memanfaatkan AI, produk kita juga dapat lebih mudah menemukan pasarnya. 

Personalisasi Konten

AI juga dapat meningkatkan keterlibatan konsumen melalui konten yang dapat dipersonalisasi. Data dan perilaku pengguna yang telah terekam mesin akan membantu AI merancang rekomendasi konten yang relevan sehingga membantu konsumen menemukan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. 

Misalnya, saat menggunakan platform streaming film, di beranda utamamu kamu mungkin akan mendapatkan beberapa rekomendasi film sejenis dengan yang biasa kamu tonton. Dalam hal ini, AI telah membaca riwayat film yang kamu konsumsi untuk membantumu menemukan film sejenis yang mungkin juga akan kamu sukai. 

Otomatisasi Kampanye

Dengan adanya kemampuan otomatisasi, AI dapat membantu pelaku usaha digital untuk menjalankan kampanye pemasaran. Misalnya, dengan menggunakan aplikasi khusus yang memungkinkan pengusaha untuk menjadwalkan postingan atau pengiriman e-mail. Dengan demikian, segala kebutuhan promosi dapat dilakukan dengan lebih teratur. 

Otomatisasi ini juga bermanfaat dalam menentukan target iklan di media sosial. Dengan demikian, iklan yang kita jalankan dapat dengan mudah menemukan pelanggan sesuai target market yang diharapkan, tanpa perlu susah payah menghabiskan waktu melakukan survei lapangan. 

Pengoptimalan Konten

AI juga dapat membantu optimalisasi konten digital. Salah satunya, dengan menganalisis tren pencarian dan kata kunci, sehingga dapat membantu pelaku usaha menciptakan konten berkualitas yang unggul di mesin pencarian. 

Dengan meningkatnya peringkat konten, kredibilitas perusahaan pun otomatis naik. Hal ini tentunya akan berkaitan langsung dengan peningkatan kepercayaan pelanggan dan pengembangan pemasaran secara berkelanjutan. 

Pengoptimalan Harga

Dalam menjalankan bisnis, menentukan harga merupakan salah satu hal yang penting. Mematok harga bukan semata-mata untuk mencari keuntungan besar, melainkan juga harus bersaing dengan kompetitor di pasaran. Oleh sebab itu, analisis mendalam perlu dilakukan. 

Di sinilah AI dapat membantu. Riset harga pasar yang dahulu harus dilakukan secara manual, kini dapat dengan mudah dilakukan hanya dalam satu klik. Secara otomatis, dengan memasukkan data-data terkait bisnis yang kita jalankan, AI akan melakukan analisis pasar dan membantu kita menentukan harga yang paling sesuai dan kompetitif. 

Peningkatan Pelayanan

Kemampuannya dalam beradaptasi dan merespons dengan cepat membuat AI berperan besar dalam meningkatkan layanan konsumen. Customer service yang dahulunya harus dipegang sepenuhnya oleh manusia, kini bisa diperingan dengan adanya chatbot yang bisa membantu menyelesaikan masalah dasar dan siap sedia melayani 24 jam. 

Dengan adanya layanan ini, tentunya baik pelaku usaha maupun konsumen akan sama-sama terbantu. Pelaku usaha dapat mengurangi jumlah karyawan yang menangani customer service, sedangkan konsumen bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat sehingga kepuasan pelanggan pun otomatis akan meningkat. 

Melihat sederet poin fungsi AI dalam dunia bisnis digital di atas, dapat disimpulkan bahwa cabang teknologi komputer yang satu ini telah banyak memberikan manfaat dalam pengembangan bisnis digital. Dengan melibatkan AI, pekerjaan mendasar yang dahulunya membutuhkan banyak waktu dan tenaga kini bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. 

Tertarik untuk lebih memahami penggunaan AI dalam bisnis digital? Kamu bisa bergabung dengan jurusan Digital Business Innovation BINUS @Bandung. Berfokus pada pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan bisnis digital yang inovatif, di sini kamu tidak hanya akan mendapatkan teori, melainkan juga keterampilan pemanfaatan teknologi digital yang mampu melatihmu menjadi seorang technopreneur profesional.