Kuliah Jurusan Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis adalah salah satu jurusan dengan peminatan yang cukup tinggi. Jurusan dengan gelar S. Ds atau Sarjana Desain ini mempelajari karya yang diperuntukkan untuk berbagai macam media mulai dari konsep, komposisi, dan juga bentuk. Artinya kamu akan banyak berkutat dengan berbagai jenis desain mulai dari poster, browser, website, iklan hingga aplikasi mobile. Tertarik dengan jurusan Desain Grafis? Yuk cari tahu kuliah jurusan Desain Grafis pada ulasan dibawah ini!

Mata Kuliah Jurusan Desain Grafis

Secara umum mereka yang tertarik dengan jurusan Desain Grafis adalah mereka yang memiliki ketertarikan dan kreativitas tinggi dalam bentuk gambar. Namun sebenarnya jurusan ini juga mempelajari komunikasi visual dalam bentuk video lho. Jadi jurusan ini tak terbatas hanya sekedar pada gambar diam namun juga bergerak. Lantas apa yang dipelajari disini?

Di awal masa perkuliahan, mahasiswa jurusan Desain Grafis akan banyak mempelajari dasar-dasar desain grafis atau yang disebut design fundamentals. Design fundamentals membahas berbagai elemen dan juga prinsip desain termasuk garis, titik, ruang, tekstur dan juga warna. Selain itu kamu juga akan mempelajari tentang ritme, kesatuan, keseimbangan, proporsi, penekanan, repetisi, dan kontras dalam gambar. Namun tak hanya itu, ada banyak hal lain yang juga dipelajari disini yaitu terkait dengan tipografi, fotografi, UI Design, Single Page Design, shadow light, perspektif dan sebagainya. 

Lebih detailnya, berikut beberapa contoh mata kuliah desain grafis yaitu: Desain Komunikasi Visual, multimedia, metode produksi, animasi, dasar seni rupa dan desain, motion graphic, media interaktif, videografi, tinjauan desain, visual branding, bahasa rupa, fotografi dan sebagainya. 

Lama kuliah Jurusan Desain Grafis

Sama halnya dengan masa perkuliahan pada umumnya. Untuk jenjang Strata 1 dibutuhkan masa studi selama 8 semester atau 4 tahun. Dalam masa studi ini kamu akan mendapatkan begitu banyak teori dan tugas yang berkaitan dengan penggunaan software seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Adobe Premier, CorelDraw, SketchUp, Adobe Indesign, Adobe After Effects, Figma, Blender dan sebagainya. 

Prospek Kerja Lulusan Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis disebut sebagai salah satu jurusan yang akan terus dibutuhkan hingga beberapa dekade kedepan. Hal ini lantaran keterampilan seorang desainer grafis sangat dibutuhkan di semua aspek. Tak haya perusahaan besar, bahkan UMKM pun juga banyak yang menggunakan kemampuan seorang desainer grafis. Lantas kira-kira apa saja prospek kerja kuliah jurusan Desain Grafis? Berikut diantaranya: 

1. Branding Consultant
Tugas utama dari profesi ini adalah melakukan branding terhadap brand atau perusahaan baru mulai dari tahap pembuatan desain awal seperti logo, maskot, packaging hingga company profile. Dalam semua tugas tersebut tentu saja dibutuhkan keahlian seorang desainer grafis. 

2. Perusahaan Game
Jika kamu suka dengan dunia grafis dan juga game, cobalah menjadi salah satu bagian dari perusahaan game. Namun apa tugas dari seorang desainer grafis di perusahaan game? Ya, seorang desainer grafis bertugas menyediakan gambar yang digunakan untuk kebutuhan game mulai dari logo, karakter, icon, dan lain sebagainya. 

3. Agensi periklanan
Iklan dibuat untuk menarik pelanggan. Nah, agar iklan memiliki daya pikat untuk menggoda para calon pelangganya, sebuah perusahaan membutuhkan keahlian dari seorang desainer grafis. Mereka membutuhkan seseorang untuk mulai memanage iklan agar sesuai dengan target yang diinginkan. 

4. Software House
Software house adalah sebuah perusahaan yang bergelut dengan software development dan menyediakan berbagai layanan terkait pengujian, pengembangan hingga pemeliharaan. Lantas apa tugas desainer grafis di perusahaan ini? Tugas seorang desainer grafis di software house adalah menangani tampilan website atau aplikasi. 

5. Graphic Designer
Mereka disebut sebagai seorang problem solver untuk komunikasi visual. Kenapa? Karena mereka memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan ide yang dimilikinya menggunakan komputer dan tangan. Dalam pekerjaannya mereka akan berkolaborasi dengan para animator, seniman dan banyak profesional dalam bidang kreatif lainnya. 

6. Art Director
Secara umum profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memanage tim desainer yang bekerja pada sebuah proyek. Seorang art director haruslah mampu menghasilkan ide inovatif untuk diterapkan pada visual kampanye iklan miliknya. 

7. Illustrator
Pekerjaan ini bisa dilakukan secara mandiri atau bisa juga bergabung dengan perusahaan seperti biro iklan atau penerbit. Karya yang dihasilkan dari pekerjaan ini cukup beragam mulai dari novel grafis, buku, hingga logo perusahaan. 

8. Animator
Seorang yang bekerja sebagai animator harus memiliki kreativitas yang tinggi dan visualisasi yang baik. Mereka juga harus memiliki keahlian mengoperasikan perangkat lunak komputer yang baik. 

Hanya BINUS @Bandung yang Hadir Dengan Desain Komunikasi Visual

Nah, agar bisa menjadi seorang desainer grafis profesional, selain mengetahui beberapa hal di atas kamu juga harus tahu kampus mana yang tepat dijadikan sebagai tempat belajar. Disini kami rekomendasikan jurusan Desain Komunikasi Visual di BINUS @Bandung. Kenapa BINUS @Bandung? 

BINUS @Bandung merupakan salah satu kampus swasta yang sudah menggunakan kurikulum Internasional dalam pembelajarannya. Kampus teknologi kreatif ini juga dilengkapi dengan berbagai macam laboratorium untuk mendukung pembelajaran. Misalnya untuk jurusan Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Design) disediakan tiga laboratorium yakni Mac Lab, MRG Lab, dan Prototype Lab. Ketiganya didesain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan para mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual BINUS @Bandung. 

Jadi tunggu apa lagi? Mau jadi desainer grafis yang handal? Daftar ke BINUS @Bandung disini!