Komputer Grafis: Pengertian, Konsep dan Langkah Pembuatanya

Komputer Grafis

Pernah dengar tentang komputer grafis? Bagi kamu yang suka dengan dunia desain grafis mungkin istilah ini sudah tidak asing. Saat ini komputer grafis menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui bagi para pelaku bisnis digital. Tak hanya digunakan untuk mengeksplorasi sebuah bisnis, cabang keilmuwan ini juga dimanfaatkan untuk memberi nilai tambah pada sebuah bisnis. Agar lebih jelas, berikut pengertian, konsep serta langkah pembuatan dari komputer grafis. 

Pengertian dan Konsep dari Komputer Grafis?

Dalam bidang ilmu komputer, komputer grafis mempelajari cara pembuatan serta manipulasi gambar menggunakan media digital. Kegiatan ini lantas memudahkan komunikasi antara berbagai aspek mulai dari manusia dengan manusia lewat gambar, manusia dengan komputer, tabel, bagan dan sebagainya. Bentuk sederhana dari komputer grafis adalah grafika komputer 2D yang diubah menjadi grafika komputer 3D. 

Teknologi komputer grafis sudah mulai tersebar mulai tahun 1995 dan terus berkembang karena banyak yang membutuhkannya dalam berbagai bidang mulai dari advertising, perfilman, multimedia hingga pembuatan video klip. 

Dalam dunia bisnis, komputer grafis memang memiliki peran penting dalam membangun serta meningkatkan bisnis. Kenapa? Bisnis yang berkembang saat ini tak hanya yang mengandalkan kreativitas namun juga alat teknologi. Oleh karena itulah komputer grafis sangat dibutuhkan dalam dunia industri untuk meningkatkan keunikan dari sebuah bisnis. Salah satu contohnya dalam pembuatan logo yang mampu mewakilkan citra positif perusahaan. 

Komputer grafis memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap perkembangan sebuah industri. Namun hal ini hanya bisa terwujud jika manusia berperan aktif didalamnya. Artinya harus ada yang mampu mengoperasikan komputer grafis yang bisa berpikir kritis dan kreatif. Selain itu dibutuhkan pula kemampuan critical thinking yang menciptakan alternatif karya dengan pengeluaran sumber daya yang minim. 

Sebagai contoh dalam mengiklankan suatu produk. Semua orang pasti tahu jika tujuan utama pengiklanan produk adalah profit bagi perusahaan tanpa menghilangkan empati dan simpati dari iklan yang disampaikan. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa disiplin ilmu untuk mendukungnya seperti ilmu marketing digital, copy writer dan juga ilmu bahasa. Nah, teknologi komputer grafis akan membantu proses perancangan produksi tersebut mulai dari awal hingga ketika datang saatnya untuk melakukan presentasi produk. 

Selanjutnya peran digital marketing sangat perlu diperhitungkan dalam meraih pasar yang lebih luas. Apalagi teknologi moderin ini jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan metode tradisional. Digital marketing memungkinkan kita untuk mengambil keputusan berdasarkan dari laporan iklan yang sudah dibuat di berbagai platform media sosial. Laporan dan data inilah yang nantinya akan menentukan apakah promosi dilanjutkan atau tidak. 

Mata Kuliah Komputer Grafis

Komputer grafis juga menjadi salah satu mata kuliah yang ditemukan dalam Desain Komunikasi Visual. Di dalam mata kuliah ini kamu akan menemukan berbagai macam pengetahuan baik itu konsep atau trik dalam menciptakan karya seperti poster, logo dan sebagainya. Nah, tujuan dari karya ini untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai pendidik seni rupa yang profesional. 

Bagaimana dengan materi perkuliahannya? Komputer grafis memiliki beberapa materi kuliah yang didalamnya meliputi pengenalan hardware dan software desain dan pengelompokan bentuk karya Desain Komunikasi Visual. 

Mata kuliah ini akan banyak membahas prinsip komputer grafik baik itu 2D ataupun 3D dengan topik meliputi dasar geometri dan transformasi (drawing), keyframing dan interpolasi (animation), manipulasi citra dn pemrosesan (Imaging), serta yang terakhir adalah appearance model dan ray tracing (rendering). 

Selama masa perkuliahan kamu akan mendapatkan banyak tugas yang berfungsi untuk meningkatkan skill yang kamu miliki. 

Langkap Pembuatan Komputer Grafis

Pembuatan karya menggunakan teknik komputer grafis bisa diterapkan dalam berbagai bidang mulai dari hiburan, fotgrafi digital, gadget elektronik, hingga film. Lantas bagaimana cara atau langkah pembuatannya? 

Dalam pembuatan karya, tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut diantaranya: 

  1. Mempelajari software desain adalah hal pertama yang harus dilakukan. Perlu diketahui jika dalam dunia desain grafis ada dua jenis software yakni bitmap dan vector. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing serta digunakan sesuai dengan kebutuhan. 
  2. Mempelajari ilmu desain bisa dilakukan lewat berbagai cara. Bisa otodidak berdasarkan dari tutorial yang ada di buku atau laman internet, bisa dengan mengikuti webinar dan sebagainya, atau bisa juga dengan mengikuti pendidikan formal seperti perkuliahan. 
  3. Mempelajari komposisi warna nampak sederhana, namun hal ini membutuhkan harus dilakukan dengan banyak pertimbangan mengingat warna akan menjadi kesan pertama dari sebuah karya. 
  4. Gaya desain setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu tentukan gayamu. Apakah kamu yang cenderung lebih suka memainkan huruf atau justru lebih suka memainkan warna dan bentuk. Tentukanlah mana yang paling tepat dengan dirimu. 
  5. Kembangkan kreativitas. Hal ini sangat penting dalam pembuatan komputer grafis. Selain itu selalu ikuti perkembangan desain karena desain pada dasarnya terus mengalami perkembangan. 

Belajar Komputer Grafis di BINUS @Bandung

Bagi kamu yang suka dengan dunia desain grafis dan ingin menerapkannya untuk membangun bisnis, kamu bisa mendapatkan ilmunya dengan menjadi bagian dari jurusan Desain Komunikasi Visual di BINUS @Bandung. Tak hanya komputer grafis, kamu juga akan banyak dibekali dengan berbagai keilmuwan pendukung lainnya. 

Selain memiliki kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan, BINUS @Bandung sebagai kampus teknologi kreatif memiliki fasilitas yang sangat lengkap terkhusus laboratorium untuk mendukung kegiatan pembelajaran baik teori ataupun praktik. Nah, untuk jurusan DKV ada tiga laboratorium pendukung yaitu MAC Lab, MRG Lab, dan Prototype Lab. Semua laboratorium tersebut dirancang secara khusus untuk meningkatkan skill dan pengetahuan para mahasiswanya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ingin menjadi seorang pebisnis dan desainer grafis handal dalam indutri kreatif kekinian, yuk gabung dengan BINUS @Bandung dengan klik disini