Kuliah Terkait UIUX

Jika kalian ingin kuliah terkait UI/UX, maka kalian dapat memilih Interactive Design and Technology. Jurusan ini merupakan bidang multidisiplin yang menggabungkan prinsip desain, teknologi, dan pengalaman pengguna dalam menciptakan pengalaman digital yang menarik dan interaktif. UI/UX mencakup ragam media seperti situs web, aplikasi seluler, lingkungan realitas virtual, instalasi interaktif, dan sebagainya.

Sebenarnya, UI/UX memiliki komponen utama desain dan teknologi interaktif. UI adalah User Interface atau Desain Antarmuka Pengguna. UI mencakup perancangan tata letak visual serta elemen antarmuka digital, seperti tombol, menu, dan bilah navigasi, untuk memastikan kegunaan dan daya tarik estetika. Sedangkan UX atau User Experience atau Desain Pengalaman Pengguna berfokus pada penciptaan interaksi yang lancar serta intuitif antara pengguna dengan produk digital. UX mencakup riset pengguna, membuat persona pengguna, wireframing, dan pembuatan prototipe.

Fungsi UI/UX

Fungsi UI/UX adalah untuk pemrograman sekaligus pengembangan aplikasi. Pengetahuan terkait bahasa pemrograman serta alat pengembangan sangat penting dalam mengaplikasikan desain interaktif. Hal ini bisa saja melibatkan pengembangan front end menggunakan bahasa seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Memungkinkan pula melakukan pengembangan back end menggunakan teknologi seperti Node.js, Python, atau PHP.

UI/UX juga dapat diaplikasikan dalam media interaktif dimana desainer interaktif sering kali bekerja dengan berbagai jenis media. Media tersebut termasuk grafik, audio, video, dan animasi yang bermanfaat untuk menciptakan pengalaman yang dinamis dan menarik bagi pengguna. Fungsi UI/UX juga harus bermanfaat dalam Human-Computer Interaction (HCI) atau interaksi manusia-komputer. Prinsip HCI memandu desain dan pengembangan sistem interaktif dengan mempertimbangkan faktor manusia dan psikologi kognitif untuk mengoptimalkan interaksi dan pengalaman pengguna.

Menciptakan pengalaman pengguna (UX) yang menawan adalah aspek mendasar dari aplikasi perangkat lunak dan situs web yang sukses. UI/UX dan desain grafis memainkan peran penting dalam membentuk persepsi, interaksi, dan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi pentingnya UI/UX dan desain grafis dalam menciptakan pengalaman pengguna yang menarik, dan bagaimana Zarttalent dapat memberikan pelatihan dan keterampilan yang diperlukan untuk unggul dalam bidang ini.

Pentingnya Desain UI/UX

Desain UI/UX berfokus pada peningkatan fungsi, aksesibilitas, dan kepuasan pengguna secara menyeluruh dari interaksi mereka dengan produk digital. Kepuasan ini akan muncul jika ada perancangan antarmuka intuitif dengan navigasi yang lancar serta dan optimalisasi penggunaan untuk sehingga pengguna mendapatkan pengalaman positif. 

Desain UI/UX yang efektif memastikan pengguna mendapatkan tujuan mereka dengan mudah untuk menikmati user interface yang menarik secara visual dan fungsional. Desain Grafis juga melibatkan desain UI/UX untuk daya tarik visual. Elemen visual harus memiliki estetika serta identitas dari suatu aplikasi. Cakupannya adalah penggunaan skema warna dan tipografi, kemudian citra serta elemen visual lainnya sehingga tercipta desain kohesif serta menarik secara visual. Selain menarik, desain juga harus responsif, terlebih dengan menjamurnya gawai dengan ukuran dan resolusi layar berbeda. 

Disinilah mengapa desainer harus menguasai Interactive Design and Technology. Teknologi saat ini sangat terkait dengan desain interaktif. Selain interaktif, desainer harus memastikan bahwa desain mereka dapat beradaptasi sekaligus responsif dengan baik pada berbagai perangkat dan platform. 

Selain itu, desain juga perlu aksesibilitas bagus. Dalam hal ini desainer harus pastikan produk digital dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penyandang disabilitas. Caranya adalah dengan melibatkan pertimbangan seperti navigasi mudah, keyboard mudah serta warna yang kontras.

Tantangan Desainer Di Bidang Interactive Design and Technology

Desainer grafis tidak hanya harus menguasai UI/UX. Namun, masih banyak tantangan yang harus dapat diselesaikan. Beberapa tantangan tersebut adalah: 

  • Update Teknologi
    Desainer interaktif harus tahu perkembangan teknologi desain. Eksplorasi teknologi terbaru seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan semacamnya adalah hal wajib. Dengan demikian,desain grafis dapat menciptakan pengalaman inovatif sekaligus canggih.
    Desainer harus membuat prototipe sehingga mereka dapat mengujinya melalui pengguna. Umpan balik dari pengguna sangat penting dalam penyempurnaan desain. Pengguna juga yang paling dapat menilai tingkat kecanggihan desain tersebut. Melalui riset pengguna, maka desainer dapat memahami kebutuhan, perilaku, dan preferensi pengguna. Desainer dapat memastikan produk akhir memenuhi harapan pengguna.
  • Membuat Prototype
    Desainer perlu membuat prototipe secara interaktif sehingga mereka dapat melakukan pengujian sebelum akhirnya menyempurnakan desain mereka.Dalam hal ini, desainer perlu memperhatikan alur pengguna, tata letak, dan fungsionalitas antarmuka sebelum pengembangan. Desainer perlu memperhatikan aspek arsitektur Informasi sehingga dapat merancang struktur konten serta navigasi terorganisir. 
  • Implikasi Etika
    Tantangan ini sering tidak terpikirkan karena seringkali desain yang sensasional dianggap lebih menarik. Padahal, seorang desainer profesional harus tetap mempertimbangkan implikasi etika dari desain. Hal ini juga dapat mendukung nama baik mereka. Etika desain tidak hanya melalui grafis yang elok dan tidak melanggar etik, tetapi juga mendukung privasi dan keamanan data serta inklusivitas. Desainer tidak hanya perlu menerapkan prinsip-prinsip desain grafis untuk menciptakan antarmuka menarik, tetapi juga membentuk identitas visual yang patut.

Hanya BINUS @Bandung yang Hadir Dengan Jurusan Interactive Design and Technology 

Jika kalian ingin kuliah terkait desain grafis, terutama UI/UX, hanya satu pilihan kalian yaitu jurusan S1 Interactive Design and Technology di BINUS @Bandung. Alasan utamanya adalah hanya Bina Nusantara University @Bandung yang menawarkan jurusan yang memiliki high demand di kalangan perusahaan berskala global. 

Masih ragu? Kunjungi laman berikut dan dapatkan informasi lengkap tentang BINUS @Bandung, satu-satunya kampus teknologi kreatif di Bandung dan rekognisi internasional.