Contoh Pemrograman Java Dasar Pemula Mudah Diaplikasikan

Contoh Pemrograman Java Dasar

Contoh program Java sederhana dapat digunakan dengan sangat efektif dalam berlatih bahasa pemrograman Java. Java sendiri adalah bahasa pemrograman yang merupakan platform komputasi. Sun Microsystems memperkenalkannya pertama kali pada 1995. 

Saat ini, program Java telah mengalami perkembangan dari awal sederhana hingga dapat memberdayakan mayoritas dunia digital dalam kurun waktu tiga dekade terakhir. Bahkan, saat ini Java menjadi salah satu program inti dari pengembangan berbagai layanan serta aplikasi. 

Bahkan, Java masih akan menjadi bahasa pemrograman utama dalam pengembangan layanan digital tercanggih di masa depan. Pasalnya, Java menjadi bahasa pemrograman di beberapa aplikasi penting, mulai yang sederhana hingga sangat kompleks. Keberadaaan Java dapat membantu pengguna membuat berbagai aplikasi Java seluler serta perangkat lunak bagi perusahaan.

Contoh Program Java Sederhana

Bagi pemula, berikut adalah contoh program Java sederhana dan bisa dioperasikan oleh pemula. Contoh program tersebut adalah: 

1. Hello World Program
Kalian pasti pernah melihat tampilan layar bertuliskan “Hello, World!”. Sebenarnya, program ini adalah yang paling dasar di bahasa pemrograman Java. Pengguna dapat mencoba Hello World pertama kali saat hendak memahami struktur dasar program Java.
Cara memulainya adalah dengan membuat file Java: ProgramHelloWorld.java. Perlu diingat bahwa kode ini tidak boleh berubah. Bahkan perbedaan huruf besar dan kecil juga sangat berpengaruh.
Setelah itu, buka program dengan IDE atau Text Editor. Saat diminta isi kode Java, isi dengan 


public class ProgramHelloWorld {
}

Intinya, nama public class harus sama persis dengan nama file, sesuai huruf besar dan kecil. Huruf besar dan kecil terbaca berbeda karena bahasa pemrograman selalu case sensitive.
Setelah itu, main method perlu ditambahkan dimana main adalah merupakan bagian kode program yang akan dieksekusi Java saat pertama kali program Java berjalan.

 

ProgramHelloWorld.java

public class ProgramHelloWorld {

 public static void main(String[] args) {

   }

}

Jadi kode program main method perlu diletakkan di dalam kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup dan hal ini harus dilakukan setiap membuat program Java.
Perlu diingat bahwa tahapan program Java dari awal adalah membuat public class sama dengan nama file Java, kedua membuat main method yakni persis kode diatas
Setelah itu, pengguna yang hendak membuat tulisan, dapat menggunakan kode System.out.println(“Isi Kode”); Bagian “Isi Kode” dapat diganti dengan tulisan yang dikeluarkan, yaitu “Hello World”.

 

ProgramHelloWorld.java

public class ProgramHelloWorld {

 public static void main(String[] args) {

  System.out.println(“Hello World”);

 }

}

Perlu diketahui bahwa harus ada ; (titik koma) di setiap akhir kode program Java dimana hal ini juga sama dengan bahasa pemrograman seperti C dan PHP atau JavaScript. Jika tidak ada titik koma, maka sistem akan Error
Setelah program Hello World sudah selesai, pengguna perlu mengkompilasi supaya menjadi binary file Java dengan menggunakan JDK. Setelah itu, file binary file nantinya baru bisa kita dijalankan menggunakan JRE.
Setelah itu, pengguna dapat melakukan kompilasi dengan menggunakan perintah javac dan diikuti dengan nama file Java nya, yaitu: javac ProgramHelloWorld.java
Nanti akan muncul file baru dengan nama file sama, dengan ekstensi berbeda yaitu .class, dan penulisannya adalah : ProgramHelloWorld.class. Format ini merupakan binary file Java dan hanya bisa berjalan menggunakan JRE dan tidak akan bisa dibuka oleh Text Editor.
Setelah kompilasi berhasil, saatnya pengguna menjalankan program java yang merupakan file hasil kompilasi. Disini pengguna harus menggunakan ekstensi .class dengan penggunaan JRE. Cara menjalankan file binary tersebut dengan menggunakan perintah java diikuti dengan nama file, tanpa harus menambahkan ekstensi .class nya, contoh: java ProgramHelloWorld

java ProgramHelloWorld 

Hello World

Jika setelah di ENTER keluar tulisan Hello World, berarti pengguna sudah sukses.

2. Mencari Bilangan Prima
Program ini adalah mencari bilangan prima yang ada di antara dua bilangan. Pemrograman java untuk mencari bilangan prima adalah sebagai berikut:

 

import java.util.Scanner;

public class BilanganPrima {

public static void main(String[] args) {

Scanner input = new Scanner(System.in);

System.out.print(“Masukkan bilangan awal: “);

int awal = input.nextInt();

System.out.print(“Masukkan bilangan akhir: “);

int akhir = input.nextInt();

for (int i = awal; i <= akhir; i++) {

boolean isPrima = true;

for (int j = 2; j < i; j++) {

if (i % j == 0) {

isPrima = false;

break;

}

}

if (isPrima) {

System.out.print(i + ” “);

}

}

}

}

3. Kalkulator
Program kalkulator juga menjadi salah satu contoh program Java untuk menghitung operasi matematika dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kode program kalkulator sederhana yaitu:

 

import java.util.Scanner;

public class Kalkulator {

  public static void main(String[] args) {

    Scanner input = new Scanner(System.in);

    System.out.println(“Masukkan angka pertama: “);

    double angkaPertama = input.nextDouble();

    System.out.println(“Masukkan angka kedua: “);

    double angkaKedua = input.nextDouble();

    System.out.println(“Hasil penjumlahan: ” + (angkaPertama + angkaKedua));

    System.out.println(“Hasil pengurangan: ” + (angkaPertama – angkaKedua));

    System.out.println(“Hasil perkalian: ” + (angkaPertama * angkaKedua));

    System.out.println(“Hasil pembagian: ” + (angkaPertama / angkaKedua));

 

Jika memilih jurusan Computer Science, tentu harus belajar bahasa pemrograman Java dasar terlebih dahulu sebelum akhirnya belajar bahasa pemrograman yang lebih kompleks.

Yuk segera bergabung di jurusan S1 Computer Science di BINUS @Bandung! Konsentrasi program untuk jurusan ini pasti akan membuatmu makin tertantang, seperti game application technology, internet of things, cyber security dan banyak lagi. Kunjungi link berikut dan jadilah mahasiswa BINUS @Bandung yang siap mengejar karir cemerlang di bidang teknologi tercanggih.