Cara Membuat Motion graphic dengan Menggunakan Canva

cara membuat motion graphic

Di era yang serba digital seperti sekarang, komunikasi secara visual menjadi sangat penting. Salah satu bentuk desain desain komunikasi visual yang akhir-akhir ini sedang populer adalah motion graphic (grafik gerak). Tidak heran, banyak orang yang mencari cara membuat motion graphic di internet agar menghasilkan karya yang lebih menarik untuk dilihat dan pesan yang dapat tersampaikan secara jelas.

Untuk menambah daya tarik dari video yang dibuat, maka bisa diedit dengan menambahkan motion graphic atau pop up animasi serta sound effect. Berbagai media juga telah menggunakan motion graphic, hal ini bisa kamu jumpai dalam video promosi, iklan TV hingga presentasi bisnis.

Tentang Motion graphic

Sebelum mengetahui bagaimana membuat motion graphic menggunakan canva, sebaiknya kamu terlebih dahulu memahami apa itu motion graphic. Bisa dikatakan, motion graphic ini merupakan sebuah seni yang menggabungkan sejumlah elemen, seperti desain, animasi dan suara, sehingga terciptalah karya yang unik.

Ini juga termasuk salah satu bentuk desain komunikasi visual yang telah umum digunakan untuk menyampaikan suatu pesan, cerita maupun mengkomunikasi sebuah informasi dengan cara yang lebih unik dan menarik jika dibanding dengan media statis pada umumnya.

Keindahan motion graphic sendiri adalah dari grafiknya yang berupa kombinasi teks, ilustrasi, ikon, gambar dan sejumlah elemen visual lain yang dapat bergerak secara real time. Salah satu yang membuatnya begitu istimewa adalah kemampuan dalam menggabungkan berbagai unsur ke dalam presentasi yang tidak hanya memukau, namun juga koheren.

Kegunaan Motion graphic

Dalam dunia digital, motion graphic ini memiliki banyak kegunaan. Berikut adalah beberapa kegunaan diantaranya.

  1. Meningkatkan Interaksi
    Untuk desain web, grafik yang bisa bergerak membuat situs web kamu menjadi lebih interaktif, sehingga juga bisa meningkatkan keterlibatan para pengguna.
  2. Membuat Pesan Lebih Istimewa
    Kemampuan menggabungkan elemen animasi, grafik, teks dan motion graphic ini dapat membuat pesan yang ingin kamu sampaikan mudah dipahami dan diingat.
  3. Menjadi Daya Tarik Konten
    Dibanding konten statis yang terbilang monoton, motion graphic dinilai lebih menarik dan membuat strategi menjadi lebih efektif dan efisien.
  4. Memudahkan Pengguna Memahami Informasi Kompleks
    Data dan informasi yang kompleks atau rumit bisa dibuat menjadi lebih mudah dipahami penonton melalui motion graphic ini.
  5. Membangun Merek
    Grafik gerak bisa membantu kamu untuk menciptakan identitas karakter merek. Pastikan gaya visual yang kamu buat konsisten untuk semua materi promosi.

Cara Membuat Grafik Gerak 

Secara umum, untuk memulai membuat grafik gerak harus mengikuti sejumlah langkah berikut ini.

  1. Perencanaan
    Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan, pesan yang ingin kamu sampaikan dan audiensnya. Rencanakan dengan matang terkait cerita atau skrip yang menjadi dasar dari grafik gerak yang kamu ciptakan.
  2. Desain Grafis
    Gabungkan sejumlah elemen pendukung seperti gambar, ilustrasi, teks serta grafik yang akan digunakan di dalam motion graphic kamu. Pastikan desainnya juga relevan dengan pesan serta estetika yang ingin kamu munculkan.
  3. Animasi
    Agar lebih mudah dalam membuat animasi, kamu juga bisa memanfaatkan sejumlah software atau perangkat lunak seperti Adobe Animate atau Adobe After Effects. Jangan lupa mengatur efek transisi, pergerakan dan waktu dengan cermat.
  4. Menambahkan Suara
    Jika dibutuhkan, tambahkan efek suara seperti suara narasi atau musik latar agar lebih menarik dan meningkatkan pengalaman penonton.
  5. Ekspor dan Bagikan
    Jika sudah selesai, eksport grafik gerak kamu ke dalam format yang sesuai dengan platform yang digunakan, seperti presentasi, situs web ataupun YouTube.

Cara Membuat Motion graphic Melalui Canva

Setelah mengetahui langkah-langkahnya, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui, bagaimana cara membuat motion graphic dengan menggunakan Canva. Perlu kamu ketahui, Canva merupakan sebuah platform desain grafis online yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna dalam membuat sebuah desain meskipun kemampuan mendesain pas-pasan.

Kelebihan yang ditawarkan dari Canva adalah banyaknya desain yang bisa digunakan serta terdapat berbagai macam template yang desain yang dapat dipilih. Termasuk di dalamnya ada efek visual animasi yang umum digunakan untuk video YouTube maupun video durasi pendek seperti di aplikasi TikTok maupun Instagram Reels.

  1. Pilih template yang mau di edit
    Cara pertama membuat grafik gerak di Canva adalah memilih template video yang telah tersedia di sana, lalu sesuaikan dengan kebutuhan atau preferensi kamu. Disarankan, terlebih dahulu memulai membuat template satu paket yang dapat digunakan terus menerus saat akan mengedit video.
  2. Edit video
    Langkah selanjutnya tinggal edit video tersebut. Sesuaikan teks dan ubah animasinya atau bisa juga dengan menambahkan grafik lainnya. Pengeditan bisa dimulai dari mengedit titles untuk awal serta akhir video, lower thirds yang berupa nama peserta dan akun media sosial yang kamu pakai, watermark, text overlay dan lain sebagainya. 
  3. Setelah menjadi video, sebelum mengunduhnya jangan lupa mengubah background agar menjadi satu warna, misalnya warna biru.

Bagi kamu yang masih terbilang baru mengenal Canva, maka versi gratisnya rasanya sudah cukup baik dan menarik untuk membuat motion graphic. Nah, bagi yang ingin mengakses semua template beserta elemen desain yang ditawarkan Canva, maka harus berlangganan bulanan dengan kisaran harga Rp 75.000 per bulan.

Kunci keberhasilan dalam komunikasi secara visual modern ini tentu dari bagaimana kamu mengeksekusi cara membuat motion graphic ini dengan sempurna. Kamu yang tertarik dengan dunia desain, maka skill digital ini juga perlu ditingkatkan untuk bisa berkarir secara profesional di masa depan. Yuk, mulai awali langkahmu menjadi motion designer profesional bersama BINUS @Bandung di sini.