Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2024 Versi Webometrics

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, baik itu negeri maupun wisata ada yang masuk dalam pemeringkatan perguruan tinggi dunia versi Webometrics. Pemeringkatan ini tentu bisa membantu kamu menemukan PTS terbaik di Indonesia. Webometrics sendiri telah mengumpulkan setidaknya 31.000 universitas terbaik di seluruh dunia sesuai dengan indikator yang ditetapkan untuk pemeringkatan 2024.

Metode Pemeringkatan Webometrics

Untuk menilai perguruan tinggi di seluruh dunia tersebut, Webometrics menggunakan setidaknya tiga indikator, yaitu.

  • Visibilitas (visibility) yang merupakan indeks untuk menilai seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari konten di situs perguruan tinggi tertentu.
  • Transparansi (transparency) yang menunjukkan, seberapa banyak penelitian yang dilakukan oleh 310 peneliti yang dikutip dari website atau kampus tersebut
  • Keunggulan (excellence) yang menunjukkan makalah di suatu perguruan tinggi 10% teratas yang paling banyak dikutip di tiap 27 disiplin ilmu yang terdapat pada database yang ada.

Daftar Universitas Swasta Terbaik Versi Webometrics Tahun 2024

Webometrics juga telah merilis pemeringkatan universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2023. Untuk referensi tempat berkuliah kamu nantinya, berikut ada 10 universitas swasta terbaik di Indonesia 2024 versi Webometrics.

  1. Telkom University (Tel-U)
    Menurut Webometrics per Juli 2023, Telkom University menjadi perguruan tertinggi swasta terbaik serta menduduki peringkat 11 terbaik Indonesia. Sementara untuk rangking dunianya, kampus yang didirikan oleh Yayasan Telkom yang berada di Bandung ini berada di peringkat 1. 225.
    Perguruan tinggi swasta yang telah berdiri sejak tahun 2013 ini telah memiliki 7 fakultas serta 50 program studi yang bisa dipilih para mahasiswanya. Telkom University ini juga sudah terakreditasi unggul oleh BAN-PT serta terakreditasi internasional.
  2. Universitas Bina Nusantara (BINUS)
    BINUS adalah PTS terbaik yang menduduki peringkat ke 13 terbaik di Indonesia dengan berbagai cabangnya di Indonesia. Mulai dari BINUS @GreaterJakarta, BINUS @Bandung, BINUS @Bekasi, hingga paling timus BINUS @Malang. Selain mendapatkan peringkat ke-12 di Indonesia, BINUS juga menduduki peringkat ke 1.528.
    Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, peringkat yang diraih BINUS tidak banyak berubah, yaitu peringkat 12 terbaik di Indonesia dan peringkat 1.531 dunia.
    Kampus yang telah berdiri sejak 21 Oktober 1974 ini telah memiliki tujuh fakultas dengan empat program diploma, 6 program magister, 51 program sarjana dan 2 program doktor di 8 kampus yang tersebar di Indonesia.
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
    UMY menduduki peringkat 18 terbaik Indonesia dan berada di peringkat 1.873 dunia. Dibandingkan tahun lalu, kampus yang telah berdiri sejak 1 Maret 1981 yang berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini berada di peringkat 19 terbaik di Indonesia dan hanya mendapat peringkat 1.947 dunia.
    Perguruan tinggi ini menerima mahasiswa baru hingga 5 ribu lebih yang semuanya menempuh pendidikan di 10 fakultas serta 41 program studi.
  4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
    Universitas swasta terbaik keempat diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Kampus yang berada di provinsi Jawa Timur ini menduduki peringkat 22 terbaik di Indonesia dan 2.341 untuk peringkat dunia. Posisi ini terhitung sama dari tahun lalu per Juli 2023 dimana peringkat yang diraih UMM adalah peringkat 22 terbaik Indonesia dan 2.264 terbaik dunia.
    Terhitung per 5 Mei 2023, perguruan tinggi ini sudah menerima mahasiswa sebanyak 39.485 orang. Hingga saat ini, kampus UMM telah memiliki 10 fakultas serta 6 program internasional, 40 prodi S1, 13 Magister, 6 profesi, 5 program vokasi dan 4 doktor.
  5. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
    Rangking Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berada di Kota Surakarta, Jawa Tengah ini naik dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya mendapatkan peringkat 33 terbaik di Indonesia, maka tahun ini berhasil meraih peringkat 28 terbaik Indonesia dan 2.669 terbaik dunia. Perguruan tinggi ini dulunya adalah IKIP Muhammadiyah Surakarta.
    UMS memiliki mahasiswa lebih dari 7 ribu orang yang mengambil studi di 12 fakultas dengan terdiri dari 35 prodi sarjana, 5 doktoral, 19 magister, 11 vokasi dan 7 profesi.
  6. Universitas Gunadarma (UG)
    Peringkat selanjutnya diduduki oleh Universitas Gunadarma dengan peringkat keseluruhan 34 terbaik Indonesia dan peringkat 3.061 dunia. Universitas swasta yang berada di Depok, Jawa Barat ini memiliki 6 fakultas dengan 18 prodi.
  7. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa)
    Unusa adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya yang semula adalah sebuah sekolah perawat di tahun 1979. Namun sejak berada di bawah naungan NU, pada tahun 2012 berubah menjadi universitas. Universitas ini memiliki mahasiswa lebih dari 1.800 orang yang menempuh di lima fakultas dengan 20 prodi. Saat ini Unusa mendapatkan peringkat 35 terbaik nasional dan 3.068 terbaik dunia. 
  8. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
    UAD menjadi universitas swasta terbaik ke 8 dengan peringkat keseluruhan 36terbaik Indonesia dan peringkat 3.140 terbaik dunia. Universitas Ahmad Dahlan awalnya adalah IKIP Muhammadiyah Yogyakarta yang dirubah pada 19 Desember 1994. Kampus ini telah memiliki mahasiswa lebih dari 7 ribu orang di tahun 2022 dan terus meningkat hingga saat ini.
  9. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)
    Peringkat ke 9 diduduki oleh Unissula yang berlokasi di Semarang. Secara keseluruhan, kampus ini mendapat rangking terbaik 41 Indonesia dan rangking 3.482 terbaik dunia. Kampus ini memiliki 11 fakultas dan 38 prodi yang dimulai dari program D3 hingga S3.
  10. Universitas Mercu Buana (UMB)
    PTS terbaik selanjutnya ditempati oleh UMB. Perguruan tinggi ini menduduki peringkat 43 terbaik Indonesia dan peringkat 3.529 terbaik dunia. Sayangnya peringkat ini cenderung turun dari tahun sebelumnya yang menduduki peringkat ke 24 terbaik di Indonesia dan peringkat 2.316 terbaik dunia. Kampus yang berdiri 22 Oktober 1985 ini memiliki tiga kampus utama, yaitu Kampus Menteng berada di Jakarta Pusat, Kampus Meruya di jakarta Barat dan Kampus Pejaten yang ada di Jakarta Selatan.
    Kampus ini memiliki 14 prodi sarjana serta dua prodi D3 dengan jumlah dosen sebanyak 695 orang. 

Peringkat dalam perguruan tinggi memang sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan saat memilih kampus. Dengan memilih PTS terbaik di Indonesia, tentu kamu akan lebih siap dalam menghadapi segala tantangan setelah lulus nantinya. Berbicara kampus swasta terbaik, BINUS @Bandung sangat direkomendasikan untuk kamu. Yuk, segera daftarkan diri kamu di sini, https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/.