Simak Gelar Jurusan Creativepreneurship, Mata kuliah dan Prospek Kerjanya

gelar jurusan creativepreneurship

Di era yang serba digital, gelar jurusan creativepreneurship saat ini saat ini memang dinilai paling cocok untuk kaum milenial. Jurusan ini bisa dikatakan sebagai sebagai solusi kreatif untuk memenuhi kebutuhan di dunia bisnis dan kewirausahaan. Di Indonesia sendiri, kemajuan teknologi merupakan sebuah tantangan tersendiri, terlebih kondisi pasar yang juga semakin dewasa.

Produktivitas menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan bisnis, selain ide dan motivasi. Oleh sebab itu, sebaiknya teknologi yang saat ini semakin berkembang sebaiknya dimanfaatkan semaksimal mungkin. Artinya, untuk menjadi seorang creativepreneurship sejati harus memiliki pengetahuan serta kemampuan yang harus ditanamkan sedini mungkin melalui pembelajaran di perguruan tinggi.

Mengenal Jurusan Creativepreneurship

Creativepreneurship sendiri adalah sebuah konsep bisnis dimana pemilik perusahaan tidak takut untuk untuk mengambil risiko dan bisa mengatasi masalah dengan solusi paling inovatif untuk meningkatkan kinerja bisnis. Tujuan dari semua ini tentu saja untuk mendatangkan keuntungan yang sebanyak mungkin.

Jurusan Creativepreneurship lebih fokus untuk mengeksploitasi peluang bisnis, pendirian startup, pembangunan tim, manajemen, pengembangan serta kontrol rencana bisnis, riset pasar, jaringan, ekonomi dan sebagainya. BINUS @Bandung adalah salah satu kampus yang dikenal telah berhasil banyak lulusan Creativepreneurship yang sanggup bersaing dan bertahan di era global.

Tentu saja hal ini tidak terlepas dari fasilitas lengkap dan kurikulum berstandar internasional yang diberikan BINUS untuk menunjang pembelajaran mahasiswanya. Dengan begitu, para mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan ilmu kewirausahaan secara teori saja, namun dalam prakteknya juga akan mereka dapatkan.

Kurikulum memang menjadi poin terpenting mengingat masa kuliah membutuhkan waktu yang lama alias hitungan tahun. Dengan menerapkan kurikulum berstandar internasional ini, artinya apa yang kamu pelajari dari kampus ini juga akan diajarkan di sejumlah kampus lain di luar negeri. Pastinya ini sangat membantu, terlebih untuk persiapan menghadapi persaingan secara global.

Pembelajaran di BINUS juga tidak stagnan dan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini juga mempertimbangkan karena dunia bisnis yang cepat berubah dan berkembang dari masa ke masa. Jika tidak menyesuaikan perkembangan yang ada, maka bisnis yang dijalankan akan sulit berkembang atau bahkan mengalami pailit.

Mata Kuliah Jurusan Creativepreneurship di BINUS @Bandung

Sebagai generasi muda Indonesia yang juga berperan sebagai Agen of Change, maka kamu juga dituntut harus kreatif untuk mendukung kemajuan bangsa. Sebelum menempuh pendidikan di universitas tentang creativepreneurship ini, ada baiknya kamu mengetahui sejumlah mata kuliah yang akan didapatkan di jurusan tersebut.

Berikut beberapa mata kuliah yang diajarkan diantaranya: 

  1. Idea Generation and Opportunity Discovery
  2. Introduction to Management and Business
  3. Creative and Innovative Thinking
  4. English in Focus, Accounting Principles
  5. Introduction to Economics
  6. Introduction to Entrepreneurship
  7. Character Building: Pancasila
  8. Applied Business Statistics
  9. Marketing
  10. Business Analytics and Intelligence Management
  11. Design Thinking for Business and Innovation
  12. Innovative Product Design and Development
  13. English for Written Business Communication
  14. Social Innovation, English Savvy
  15. Character Building : Kewarganegaraan
  16. Entrepreneurial Financial Management
  17. Startup Fundraising (VC, PE, and Banks)
  18. Business Model
  19. Research Methodology
  20. Indonesian Language
  21. Entrepreneurship in Creative Industries
  22. Business Risk Analysis, Human Resources Management
  23. Interaction Design
  24. Operations Management
  25. Business Law and Ethics
  26. New Venture Creation
  27. Character Building : Agama
  28. Digital Marketing
  29. Entrepreneurial Strategy
  30. Cultural Entrepreneurship
  31. Managing Digital Firm
  32. Enrichment Program
  33. Omnichannel Retailing dan Thesis

Sejumlah mata kuliah di atas akan kamu dapatkan di BINUS @Bandung untuk memudahkan para mahasiswa agar menguasai ilmu tentang kewirausahaan secara teori maupun praktik, dengan begitu, para lulusan jurusan Creativepreneurship bisa menerapkan sekaligus mengembangkan ilmu dan keterampilan kewirausahaan di masa depan.

Selain berbagai mata kuliah di atas, kamu juga akan dibekali berbagai keahlian lain seperti keahlian mengelola waktu, keterampilan menganalisis persaingan, keterampilan ilmu kewirausahaan, kemampuan menganalisa masalah, risiko bisnis, mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Prospek Karir Creativepreneurship

Lulusan dari sini, para lulusan tidak hanya akan mendapat gelar jurusan Creativepreneurship yang bisa mendukung karir mereka di dunia kerja. Namun para lulusan ini juga telah memiliki bekal berupa pengalaman yang didapat selama menjalani masa perkuliahan di BINUS @Bandung. Tidak heran jika sebagian besar lulusan ini kemudian bisa menjalankan bisnis sambil berkarir di perusahaan lain sebagai konsultan keuangan atau konsultan bisnis.

Kebanyakan lulusan jurusan Creativepreneurship memang lebih cepat memulai karir, bahkan sebelum mereka lulus kuliah. Di awal membuka usaha, umumnya mereka akan bekerjasama dengan mitra dan mendapatkan dana dari para investor dengan modal sendiri meskipun jumlahnya sangat kecil atau pas-pasan. Fenomena ini menarik, namun hal ini memang tidak asing. Sebab, disini mereka sedang mengaplikasikan apa yang didapatkan selama belajar jurusan Creativepreneurship di perguruan tinggi.

Banyak diantara para lulusan ini yang kemudian berprofesi sebagai manajer bisnis. Hal ini karena selama di BINUS, mereka tidak hanya belajar tentang prinsip berbisnis saja, namun juga menerapkan prinsip tersebut secara nyata saat membuka usaha meskipun masih skala kecil. 

Lulusan dari jurusan Creativepreneurship memang memiliki prospek karir yang sangat beragam. Namun yang pasti, semua lulusan BINUS pasti dibekali dengan ilmu, baik itu secara teori maupun praktik yang sangat bermanfaat untuk karir di beberapa bidang pekerjaan.

Jadi jangan ragu untuk mencari gelar jurusan Creativepreneurship ini di BINUS @Bandung. Jadilah bos atas dirimu sendiri dan bukalah lapangan pekerjaan untuk orang lain. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri kamu di sini.