Ide Bisnis Kreatif

Simak 30 Ide Bisnis Kreatif yang Menguntungkan Sepanjang Tahun

Bisnis digital saat ini menjadi tren besar di dunia usaha. Di tahun-tahun selanjutnya, tren ini diperkirakan masih akan terus bertahan yang juga dibarengi dengan semakin banyaknya peluang usaha yang muncul. prodi Digital Business Innovation saat ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh mahasiswa karena dinilai mampu membuka pintu untuk menjadi pengusaha kreatif yang sukses di kemudian hari.

Beberapa bisnis yang termasuk disini ada platform e-commerce, periklanan digital, aplikasi mobile, toko online dan lain sebagainya. Sebagai referensi kamu, 

Berikut 30 ide bisnis kreatif yang bisa kamu pilih nantinya.

    1. Membuat YouTube
      Saat ini sudah ada banyak orang yang membuat channel YouTube dengan tujuan agar terkenal dan menghasilkan uang melalui konten yang dibuat secara konsisten. Jika sudah dimonetisasi, maka melalui Google AdSense, YouTube kamu pun bisa menghasilkan uang. 
    2. Affiliate Marketing
      Bisnis ini merupakan aktivitas dalam upaya memasarkan produk atau jasa miliki orang lain yang dilakukan secara individu maupun perusahaan agar mendapatkan imbalan. Caranya sangat mudah, kamu cukup daftar program afiliasi, seperti Involve Asia atau Shopee  Affiliate. Selanjutnya kamu akan mendapat kode referal (tautan) lalu pasang ke media sosial atau website kamu.
    3. Membuat Aplikasi
      Aplikasi umumnya bisa diakses melalui laptop, smartphone atau perangkat lainnya yang diprogram dengan memakai bahasa tertentu. Kamu bisa mencoba membuat aplikasi hiburan seperti game atau aplikasi lainnya yang bermanfaat bagi pengguna yang mengunduhnya.
    4. Dropship
      Dropship adalah kegiatan menjual produk, namun tidak perlu pusing dengan barang di gudang dan pengirimannya. Kamu cukup memiliki skill menjual barang milik orang lain tanpa harus menyetok barang di rumah. Bila ada yang ingin membeli produk yang kamu tawarkan, maka cukup menghubungi pemilik barang. Selisih antara harga yang kamu jual dengan harga pemilik barang inilah yang menjadi keuntungan nantinya.
    5. Menjual Produk Digital
      Sesuai namanya, produk digital ini tidak memiliki wujud secara fisik. Contohnya e-book, video dan audio. Buat kamu yang suka bermusik, maka bisa membuat karya lagu lalu menjualnya secara online melalui website yang terpercaya seperti Songcast atau Tunecore. Begitupun untuk kamu yang suka menulis, bisa menjual tulisan kamu di Amazon atau di situs milik sendiri.
    6. Membuat Podcast
      Selain platform YouTube, podcast marketing yang berupa konten audio saat ini juga semakin terkenal. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan Anchor dan Spotify. Sebelum itu, temukan niche yang ingin kamu bahas terlebih dahulu.
    7. Konsultan SEO
      SEO adalah upaya agar konten memperoleh rangking pertama di mesin pencari. Hal ini juga dipengaruhi oleh semakin banyaknya orang yang mencari atau membeli produk dengan mengandalkan mesin pencari. Melalui keahlian SEO, maka kamu bisa membantu klien agar konten yang dibuat bisa menduduki posisi terbaik di mesin pencari.
    8. Membuat Blog
      Jika kamu memiliki konten yang cukup menarik, maka kamu bisa membuat konten untuk menarik audien dan menghasilkan uang. kamu bisa memasang iklan melalui Google Adsense ataupun dengan menyediakan tempat disewakan untuk orang lain jika ingin memasang iklan.
    9. Membuat Website
      Saat ini sudah ada banyak pebisnis yang mengandalkan website untuk menjalankan bisnis. Memiliki website seperti sudah keharusan bagi para pelaku usaha sebagai alat promosi, alat komunikasi, transaksi dan sebagainya.
    10. Kursus Online
      Membuka kursus online juga menjadi bisnis yang menarik untuk kamu yang memiliki kemampuan di bidang tertentu, seperti kemampuan bahasa Korea, menulis, desain grafis dan sebagainya.
    11. Menulis Konten
      Buat kamu yang suka menulis juga ada peluang untuk menjalankan bisnis digital ini. saat ini masih ada banyak website yang membutuhkan jasa penulis, seperti BaBe, Writer Weekly dan sebagainya.
    12. Translator (Penerjemah)
      Memiliki kemampuan bahasa asing juga bisa menjadi ide bisnis kreatif yang bisa kamu pilih. Terlebih saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan translator untuk menerjemahkan dokumen penting mereka.
    13. Jasa Voice Over
      Perusahaan yang bergerak dalam bidang film dan iklan tentu membutuhkan jasa VO ini. Umumnya mereka mencari orang yang memiliki suara yang khas atau yang sesuai dengan karakter yang akan dimainkan.
    14. Joki Game
      Joki game ini bekerja untuk membantu klien menaikkan peringkat game mereka. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu harus memahami permainan serta karakter-karakter di dalamnya. Kamu bisa mempromosikan jasa ini di Facebook melalui Facebook Ads.
    15. Menjual Stok Foto
      Buat kamu yang gemar fotografi, saat ini juga ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menjual stok foto yang kamu hasilkan. Sebelum menjualnya, pastikan kualitas foto kamu benar-benar bagus dan layak.
    16. Jasa Desain Grafis
      Bagi yang memiliki keahlian desain grafis juga bisa mempromosikan jasa kamu melalui sejumlah situs seperti Upwork, Fastwork dan sebagainya. Siapkan portofolio kamu agar klien bisa melihat karya-karya yang sudah kamu buat.
    17. Influencer Instagram
      Bagi yang memiliki banyak follower di Instagram, maka ini sangat bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan. Sebagai permulaan, kamu harus konsisten dan fokus dengan konten yang dibuat. Semakin lama, biasanya akan ada banyak tawaran untuk diajak kerjasama.
    18. Konsultan IT
      Konsultan IT sangat dibutuhkan perusahaan untuk mengatasi masalah teknologi. Menjadi konsultan harus benar-benar memahami seluk beluk dunia IT agar bisa menemukan dan memecahkan masalah nantinya.
    19. Konsultan Keuangan Online
      Memiliki pengetahuan lebih tentang keuangan juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Kamu bisa membantu klien untuk mengelola keuangan klien agar lebih baik sekaligus bagaimana perencanaan keuangan di masa mendatang.
    20. Pengembangan Game
      Kemudahan mengakses game engine dan berkembangnya skema game independen, menjadi game developer seakan bisnis yang bisa dicapai oleh semua orang. Bahkan game Minecraft awalnya dikembangkan secara individu saja.
    21. Jasa Keamanan Siber
      Kamu juga bisa membuka jasa keamanan siber untuk perusahaan skala kecil maupun menengah melalui audit keamanan, pelatihan karyawan terkait praktik keamanan dan menginstal perangkat lunak untuk keamanan yang lebih canggih.
    22. Pariwisata Virtual
      Bisnis ini menawarkan tour kepada orang-orang untuk menjelajah ke sejumlah tempat wisata melalui pengalaman secara virtual. Dengan membuatkan virtual tour yang bisa berputar 360°.
    23. E-Commerce
      E-commerce adalah sarana jual, beli dan pemasaran produk dengan sistem elektronik seperti internet, TV dan jaringan teknologi lainnya. 
    24. Konsultan Digital Marketing
      Konsultan digital marketing saat ini sangat dibutuhkan untuk memajukan suatu bisnis. Disini konsultan haus bisa mengamati potensi pasar serta menentukan strategi yang tepat.
    25. Membuat Website Majalah
      Kamu juga bisa menjual majalah yang membuat berita premium pada website dengan sistem berlangganan. Sediakan juga majalah versi yang dicetak dan gunakan website untuk mencari pelanggan.
    26. Content Creator Tik Tok
      Saat ini Tik Tok menjadi aplikasi yang paling banyak digemari. Buatlah konten menarik di sana untuk mengumpulkan pengikut. Jika pengikut kamu banyak, maka endorse akan semakin berdatangan.
    27. Admin Media Sosial
      Admin media sosial bertugas meningkatkan branding perusahaan tertentu. Kreatif dalam membuat konten sesuai platform adalah modal yang dibutuhkan disini.
    28. Web Development
      Banyak orang yang memiliki situs web, namun tidak bisa mengelolanya. Disinilah peran web developer dibutuhkan untuk membantu mengelolanya.
  • Thrift Shop Online
    Ide bisnis ini adalah menjual barang bekas, namun kondisinya masih bagus dan layak pakai. Bisnis ini cukup ramai di Indonesia dan memiliki demand yang cukup tinggi. 
  1. Pemasaran Influencer
    Pemasaran influencer juga ide bisnis kreatif yang perlu kamu coba. Dengan menjadi perantara, kamu bisa menghubungkan influencer dengan orang yang membutuhkan produk atau jasa mereka.

Itulah 30 ide bisnis kreatif yang bisa kamu jadikan referensi di kemudian hari. Agar bisa menjalankan bisnis dengan baik dan profesional, maka bekali diri kamu dengan ilmu tentang bisnis digital bersama BINUS @Bandung dengan mengambil prodi Digital Bussiness Innovation. 

Segera daftarkan diri kamu melalui link berikut ini.