Universitas Digital Business Innovation

Prospek Kerja Digital Business Innovation yang ada di Universitas BINUS @Bandung

Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sangat disayangkan jika waktumu dihabiskan hanya rebahan sambil bermain HP. Cobalah cari informasi tentang Digital Business Innovation melalui internet. Pasalnya, jurusan ini sekarang menjadi populer dan memang sangat dibutuhkan di era teknologi yang semakin beragam di masa yang akan datang.

Kuliah Digital Business Innovation merupakan program studi yang ada kaitannya antara aspek bisnis dengan digital, teknologi internet dan juga perkembangan teknologi informasi. Di jurusan ini, para mahasiswa akan belajar tentang bagaimana bisnis dijalankan, bagaimana mencari market baru serta bagaimana marketingnya dengan bantuan teknologi.

Keahlian yang Didapatkan di Jurusan Digital Business Innovation BINUS @Bandung

BINUS @Bandung adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Digital Business Innovation ini. Ada beberapa keahlian yang akan diajarkan oleh para dosen yang mengajar di BINUS. Berikut beberapa keahlian yang bisa kamu dapatkan agar lebih siap dengan persaingan dan tantangan bisnis di masa depan.

  1. Kemampuan Komunikasi
    Para lulusan jurusan Digital Business Innovation ini diharapkan mampu menyampaikan ide-ide dan inovasi secara baik kepada pihak komunikan. Kemampuan dalam berkomunikasi ini tentunya bisa membuat kemampuan lain yang kamu miliki juga ikut menonjol, seperti menjadi pembicara yang jelas dan tegas, mampu menjadi pendengar yang berempati, menjaga tata bahasa dengan baik dan mampu memakai bahasa non verbal dengan baik.
  2. Kemampuan Negosiasi
    Kemampuan dalam negosiasi ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan dalam komunikasi. Kemampuan negosiasi juga akan kamu dapatkan di BINUS, sehingga di masa depan kamu bisa membangun relasi yang baik dengan orang lain serta melalui teknik komunikasi yang efektif dan tahu akan batasan serta tujuannya.
  3. Kemampuan Manajerial
    Kemampuan manajerial merupakan keahlian yang juga sangat penting dalam dunia bisnis. Misalnya kemampuan dalam menyesuaikan diri, mengatur segala hal tentang pekerjaan, membuat rencana yang matang dan memiliki jiwa kepemimpinan.
  4. Kemampuan Dalam Melakukan Analisis
    Dalam bidang sistem informasi kamu akan banyak mendapatkan materi yang berkaitan dengan analisis sistem atau analisis bisnis. Dalam analisis bisnis kamu akan mempelajari metode serta alat analisis. Sedangkan dalam analisis sistem kamu akan banyak belajar untuk merancang perbaikan, mengidentifikasi kekurangan serta belajar tentang berbagai macam pemodelan sistem.
    Kemampuan ini bisa membuat kamu menjadi seseorang yang bisa mengurai materi sekaligus menghubungkan antara bagian satu dengan bersama dengan bagian lainnya.
  5. Kemampuan Meneliti
    Kemampuan meneliti merupakan kemampuan yang dapat menciptakan suatu konsep pemahaman baru dengan berdasarkan pada data-data yang dikumpulkan.
  6. Kemampuan Observasi
    Keterampilan yang bisa kamu dapatkan di BINUS selanjutnya adalah kemampuan observasi. Kemampuan ini bisa membantu kamu untuk menemukan fakta-fakta yang relevan yang digunakan sebagai antisipasi terhadap risiko yang mungkin terjadi akibat permasalahan tertentu.
  7. Kemampuan Coding
    Lulusan dari jurusan ini juga memiliki kemampuan coding yang baik. Kamu akan banyak belajar tentang bahasa pemrograman seperti Java atau Phyton tergantung dari kurikulum kampus tempatmu belajar. Selain konsep dasar pemrograman, kamu juga akan belajar tentang struktur data.  

Prospek Kerja Digital Business Innovation

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jurusan Digital Business Innovation memang semakin populer karena alasan memiliki prospek kerja yang cemerlang. Buat kamu yang masih ragu-ragu untuk mengambil jurusan ini, berikut adalah sejumlah prospek kerja yang bisa kamu dapatkan di masa depan.

  1. Digital Business Consultant
    Perkembangan teknologi di era digital membuat seorang digital business consultant sangat dibutuhkan. Tugas utama dari seorang konsultan ini diantaranya adalah membantu membuatkan strategi digital yang akan diterapkan untuk diterapkan ke berbagai bisnis. Mereka juga akan memberikan solusi kepada klien atas keluh kesah bisnis yang mereka jalankan.
  2. Digital Entrepreneur
    Profesi ini merupakan gabungan antara bisnis dengan teknologi digital dan pengetahuan dalam upaya untuk meningkatkan praktik bisnis konvensional melalui digitalisasi. Profesi ini sangat mengandalkan IT yang dipakai sebagai media untuk mencari pelanggan. Beberapa contoh profesi seorang digital entrepreneur adalah e-commerce, affiliate, digital influencer, teknologi solution dan bahkan bisa menjadi founder atau co founder untuk startup sendiri.
  3. Management Consultant
    Seorang yang berprofesi sebagai management consultant merupakan sebuah profesi yang tidak hanya akan memberikan saran dan bimbingan, tetapi juga mampu memberikan solusi atas tantangan yang dialami dalam bisnis. Umumnya, profesi ini diisi oleh orang-orang yang memiliki pemahaman yang baik atas strategi pemasaran, pengembangan organisasi, efisiensi pemasaran dan praktik manajemen.
  4. Researcher
    Tugas seorang researcher adalah meneliti objek dengan menggunakan metode ilmiah untuk menemukan solusi yang tepat. Cara mendapat solusi tersebut juga dilakukan sistematis, mulai dari perencanaan untuk penelitian hingga mempresentasikan penemuannya.
  5. Analyst (Data Analyst, Business Analyst dan Digital Business Analyst)
    Dunia kerja sangat membutuhkan profesi analyst, baik untuk analis bisnis, analis data, analis jaringan, analis ekonomi, analis bisnis digital dan lain sebagainya. meskipun targetnya berbeda-beda, namun secara umum pekerjaan seorang analis ini sama.
  6. Digital Transformation Consultant
    Untuk profesi sebagai digital transformation consultant ini tergolong masih sangat baru dan masih belum banyak yang mengetahuinya. Namun dalam dunia bisnis digital, profesi ini sangat penting karena memerlukan keahlian tertentu, baik itu di bidang teknologi ataupun di bidang bisnis.
    Tugas utama untuk profesi ini adalah menganalisa, memberikan masukan dan bimbingan untuk sektor tertentu di dalam bisnis yang akan ditransformasikan menjadi teknologi digital. Misalnya pada bagian akuntansi yang semula melakukan input secara manual, maka kini bisa dilakukan dengan bantuan software (perangkat lunak). Pasti hal ini juga meningkatkan efisiensi kerja.
  7. Fintech Specialist (Fintech Developer dan Fintech Designer)
    Fintech atau financial technologi sendiri adalah sebuah pengembangan atau inovasi di bidang keuangan yang bersifat efektif, efisien dan memudahkan. Contoh Fintech yang sudah digunakan oleh masyarakat di Indonesia antara lain ada payment gateway, e-wallet dan lain sebagainya.

Profesi yang menjanjikan ini siap menantimu apabila kamu sudah meningkatkan kualitas diri di Digital Business Innovation BINUS @Bandung. Jadi tunggu apa lagi, segera buktikan keunggulan BINUS dibanding kampus lainnya dengan mendaftarkan diri ke laman berikut, https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/.