Mengenal Program 2+1+1 Pembelajaran Efektif dan Inovatif Bagi Mahasiswa

Program 2+1+1 mungkin tidak asing bagi para mahasiswa BINUS @Bandung, terutama yang sudah menjalaninya. Mereka pasti mendapatkan banyak manfaat dari program ini. Namun, bagi para calon mahasiswa, tentu mereka bingung dengan program eksklusif yang hanya ditawarkan oleh BINUS ini. Daripada bingung? Mari kenalan dengan program menarik yang bermanfaat dari BINUS @Bandung ini!

Seberapa Menguntungkan Program 2+1+1? 

Secara sederhana, skema Program 2+1+1 merupakan program yang hanya ditawarkan oleh BINUS. Siapapun yang mengikuti program ini bisa berhak  untuk menempuh 2 tahun masa perkuliahan di kampus asal, 1 tahun masa perkuliahan di kampus BINUS UNIVERSITY yang berlokasi di kota lain, serta 1 tahun menjalani program enrichment atau magang di perusahaan ternama dengan deskripsi job sesuai dengan prodi mahasiswa tersebut. Nah, apa sih keuntungannya? 

Pada dasarnya program ini dihadirkan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif bagi mahasiswa BINUS. Kita sering melihat bahwa banyak sekali lulusan perguruan tinggi yang kesulitan mencari pekerjaan setelah wisuda bukan. Salah satu masalahnya adalah karena mereka tidak siap bersaing dengan lulusan dari kampus lain. Terutama yang berasal dari program studi (prodi) yang sama.

Ketatnya persaingan membuat lulusan kampus kesulitan mencari kerja, terlebih dengan semakin banyaknya lulusan dari berbagai daerah di Indonesia. Faktor inilah yang membuat munculnya program 2+1+1. Ya, alasannya karena BINUS memahami bagaimana mahasiswa harus memiliki persiapan di era yang sangat kompetitif ini. 

Dunia kerja sangat berbeda dengan masa perkuliahan. Tidak sedikit mahasiswa yang sulit beradaptasi dengan dunia kerja setelah lulus meskipun nilai akademik juga tidak mengecewakan. Disinilah pentingnya Program 2+1+1. Program ini terbukti sangat efektif dalam membantu mahasiswa untuk mempelajari bidang ilmu yang dipilih secara komprehensif dan berkelanjutan. 

Kuliah di Kampus Asal Hanya 2 Tahun

Dalam program 2+1+1 kamu akan menjalani masa kuliah di kampus asal selama 2 tahun. Masa perkuliahan ini dilakukan dengan metode kuliah biasa dimana mahasiswa hadir di kelas bersama dengan mahasiswa lainnya untuk belajar tatap muka dengan dosen.  

Di tahun ketiga ketika mobility, mahasiswa mendapatkan kesempatan bergabung di kelas Minor atau Streaming. Kelas ini berfungsi memperkaya pengetahuan serta memperdalam wawasan bagi mahasiswa karena mahasiswa dapat belajar mata kuliah tertentu yang tidak ada dalam kurikulum jurusan yang mereka ambil.  Namun perlu diingat, jika mobility ini berdasarkan dari program minor atau streaming yang di ambil. 

Masa kuliah yang ada di Minor Program bertujuan menambah pengetahuan sekaligus memperluas wawasan mahasiswa akan ilmu lain yang tidak ia dapatkan di jurusan yang ia pilih.  Semisal, seorang mahasiswa dapat belajar tentang entrepreneurship meski ia adalah mahasiswa jurusan teknik industri. Kelas minor sangat bermanfaat karena mahasiswa mendapatkan wawasan seluas-luasnya.

Program 1 Tahun Kuliah di Kampus Kota Lain 

Mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis tetapi juga praktis. Mereka tidak hanya menempuh kuliah di kampus asal, tetapi juga di kampus BINUS di kota lain. Dengan demikian, mereka sudah dapat mencoba belajar di kampus lain dan mengenal lebih banyak orang. Mereka dapat berbagi ilmu dengan mahasiswa di kampus BINUS lainnya sehingga wawasan menjadi lebih luas. 

Program ini disebut Mobility Program yang dimulai pada semester 4. Program ini mewajibkanmu untuk kuliah selama satu tahun di kota lain. Saat ini, Kampus BINUS berada di Jakarta, Bandung, Semarang dan Malang. Keseruan ini tentunya tidak hanya membuat mahasiswa tertantang tetapi juga dapat memiliki teman dan wawasan baru. 

Pada program ini, mahasiswa dapat mengambil program studi yang serupa di kampus lain. Intinya, mereka melanjutkan pembelajaran dengan kurikulum yang sama meskipun di kampus berbeda. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa akan terlatih secara mental dalam Mobility Program. Saat ia berkenalan dengan mahasiswa dari daerah lain dengan kultur yang berbeda, tentunya ia akan beradaptasi dengan lingkungannya. 

Tidak hanya beradaptasi dengan kultur kota setempat dan mahasiswa yang ada di kampus tersebut, mahasiswa juga dapat membangun jaringan seluas-luasnya. Peluang kerja atau bisnis semakin terbuka lebar dengan pergaulan yang sangat luas, terlebih di lingkungan seperti BINUS University.

Program Magang Untuk Asah Daya Saing

Setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun, seperti yang sudah disebut diatas, maka tiba saatnya mahasiswa menempuh satu tahun terakhir untuk menempuh program magang atau enrichment program selama satu tahun.  Program ini dapat diambil saat mahasiswa mulai masuk di semester 7 dan juga akan berlangsung satu tahun. 

Enrichment program bukan hanya magang, tetapi juga memiliki program lainnya. Ya, kamu bisa memilih 7 program enrichment yang telah disediakan yakni penelitian, studi ke luar negeri, studi independen khusus, magang kerja di perusahaan, studi lanjut, merintis usaha, dan pengabdian masyarakat. 

Kegiatan dapat dipilih sendiri oleh mahasiswa, sesuai dengan kebutuhan mereka. Program yang fleksibel tetapi sangat efektif ini tentunya dapat mendukung mahasiswa dalam mengembangkan daya kompetisinya. Mereka pun sudah dapat belajar bagaimana beradaptasi di dunia kerja sekaligus mengaplikasikan ilmu mereka.

Pentingnya Program 2+1+1 ini tentunya menjadi daya tarik BINUS @Bandung. BINUS telah membuktikan diri dengan meluluskan mahasiswa berkualitas dengan daya kompetisi tinggi. Tidak hanya itu, para mahasiswa dapat diandalkan perusahaan dari berbagai skala sebagai lulusan yang dibutuhkan perusahaan modern dengan ilmu yang relevan. 

Tertarik? Tak perlu ragu untuk segera bergabung di BINUS @Bandung. BINUS @Bandung hadir dengan program 2+1+1 yang akan membantumu meraih kesuksesan. Kalian dapat menjadi salah satu BINUSIAN andal yang selalu mendapatkan atensi dari perusahaan global karena memiliki daya saing tinggi dengan ilmu yang relevan. Segera kunjungi dan daftarkan diri kalian sekarang juga hanya disini!