Ini Dia 6 Profesi untuk Lulusan Interior Design

Lulusan Interior Design pasti ingin bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Namun sayangnya, kebanyakan orang umumnya hanya mengenal profesi desainer interior. Padahal selain pekerjaan itu, ada beberapa profesi lain yang prospektif untuk mahasiswa jurusan Interior Design. Berikut ini ulasannya.

  1. Drafter dan 3D Visualizer

Terlihat sepele, profesi drafter ternyata bukan hanya asal gambar. Pekerjaan ini menuntut kita untuk memberikan gambaran riil tentang ruangan yang bisa dimengerti oleh semua orang. Selain itu, seorang drafter juga diharapkan dapat mewujudkan gambarnya dalam bentuk visualisasi 3D.

Untuk bisa membuat visualisasi, drafter butuh bantuan aplikasi khusus seperti Sketchup atau AutoCAD. Menggambar dan menggunakan aplikasi semacam ini bukan hal baru bagi mahasiswa Interior Design, jadi selain menjadi desainer interior kamu juga bisa menjadi drafter dan 3D visualizer.

  1. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Bagi yang ingin berkontribusi kepada negara dengan menjadi PNS, jangan khawatir. Lulusan Interior Design juga bisa menjadi PNS jika bergabung dengan kantor dan departemen yang tepat. Biasanya, prospek kerja jurusan ini bisa ditemukan di lembaga seperti Kementerian Pekerjaan Umum atau Kementerian Sekretariat Negara.

Jangan khawatir kreativitas kita terbatas jika bekerja sebagai PNS, karena saat ini, kementerian di Indonesia juga memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan mereka. Tenaga anak muda juga banyak yang dilibatkan supaya kinerjanya sesuai dan tidak tertinggal di era digital seperti saat ini.

  1. Pekerja Konstruksi

Jangan dibayangkan kita bekerja sebagai pekerja kasar jika terjun di bidang ini. Bidang konstruksi juga butuh tenaga profesional di kantor untuk merancang serta merencanakan suatu bangunan. Nah, lulusan Interior Design dibutuhkan untuk pekerjaan semacam ini.

Sebagai informasi, kamu bisa melamar ke berbagai perusahaan atau BUMN yang menawarkan jasa konstruksi seperti PT. Wijaya Karya Persero (WIKA), PT Adhi Karya, dan masih banyak lagi.

  1. Desainer Furnitur

Interior Design bukan hanya soal penataan ruang dan pemilihan warna dinding. Penentuan jenis furnitur juga menjadi bagian dalam bidang ini. Inilah mengapa salah satu profesi prospektif untuk lulusan Interior Design adalah menjadi seorang desainer furnitur.

Secara umum profesi ini menuntut kita merancang sebuah furnitur. Sebagai desainer furnitur, kita bisa bekerja di perusahaan mebel atau sebagai freelance yang menjual desain ke perusahaan tersebut. Prospek profesi ini cukup baik mengingat furnitur merupakan sesuatu yang selalu dibutuhkan orang.

Apalagi semakin berkembangnya zaman, desain furnitur juga semakin beragam. Jadi kreativitas serta keterampilan yang dimiliki sebagai mahasiswa Interior Design dapat dimanfaatkan untuk mendapat penghasilan yang tinggi.

  1. Art Director

Selama menjadi mahasiswa Interior Design, kita pasti sering mempresentasikan konsep desain. Kemampuan ini sangat membantu ketika kita menjadi seorang Art Director. Tugas utama profesi ini adalah bertanggung jawab pada seluruh desain untuk suatu proyek.

Dalam pelaksanaannya, Art Director juga punya kewajiban memberi arahan pada timnya untuk membuat layout atau artwork. Lagi-lagi, keterampilan ini juga diperoleh ketika kita menjadi mahasiswa Interior Design. Art Director sendiri biasanya terlibat dalam industri film, pertunjukan, dan teater.

  1. Distributor Produk Interior

Profesi terakhir yang cukup prospektif bagi lulusan Interior design adalah distributor produk interior. Meskipun pekerjaan ini tidak melibatkan keterampilan menggambar atau menghasilkan produk, namun skill tersebut bermanfaat dalam menilai harga jual dan kualitas suatu produk furnitur.

Dengan keterampilan ini, kita bisa menjadi distributor produk interior yang berkualitas dan mampu mengembangkan target pemasaran menjadi lebih luas lagi. Kita juga bisa mendapatkan produsen yang menghasilkan produk terbaik yang diminati banyak orang.

Itulah beberapa profesi untuk lulusan Interior Design. Di Indonesia, salah satu kampus dengan jurusan ini adalah BINUS @Bandung. Tidak hanya membekali mahasiswanya dengan keterampilan soal desain interior, BINUS juga melibatkan mahasiswa ke dalam berbagai kegiatan yang dapat memperkaya skill mereka, terutama yang berhubungan dengan teknologi dan pengaplikasiannya. Bagaimana, tertarik untuk menjadi mahasiswa Interior Design BINUS @Bandung?