Apple Developer Academy BINUS: Pengertian, Syarat dan Cara Daftar

Apple Developer Academy BINUS merupakan sebuah program kolaborasi Apple.Inc untuk membina developer bertalenta global agar memiliki komitmen dalam memberdayakan perekonomian Indonesia. Nah, program ini adalah hasil kolaborasi dengan BINUS University yang menjadi salah satu institusi Komputasi dan Teknik terkemuka di Indonesia. 

Apple Developer Academy fokus pada berbagai pemahaman mendalam tentang kurikulum yang dirancang secara khusus untuk masyarakat global. Adapun beberapa fokus yang dipelajari disini antara lain desain, pengkodean, pembuatan aplikasi serta berbagai keterampilan profesional lainnya yang bermanfaat untuk mempertajam skill dalam membangun tim, berkolaborasi secara efektif serta memiliki nilai lebih dengan daya kompetisi tinggi. 

Intinya, siapapun yang mengikuti akademi ini, dimanapun tempatnya, dia memiliki kesempatan yang luas untuk menjadi seorang world class developer. Tertarik ingin mengikutinya?

Asal Usul Apple Developer Academy

Apple Developer Academy berawal di Brasil pada tahun 2013 dengan misi utamanya menyediakan alat dan pelatihan bagi calon pengembang serta desainer aplikasi untuk membuka lapangan kerja yang terkait dengan aplikasi iOS. Awal pendirian akademi ini mendapat sambutan positif dari para anak muda kreatif dan berambisi yang ingin meningkatkan kemampuannya di bidang teknologi.

Akademi inipun berkembang di berbagai negara di dunia seperti di Korea, di Detroit dan Michigan sebagai lokasi pertama di AS. Program ini telah memberdayakan siswa di seluruh dunia untuk menjadi pengembang serta pencipta berbagai aplikasi inovatif untuk kemaslahatan masyarakat. Adanya program ini juga menjadi langkah positif dalam membangun ekosistem digital serta literasi yang kuat dimasa mendatang. 

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2018 lalu tepatnya bulan Mei, Apple Developer Academy resmi di launching di BSD, Tangerang. Tidak jauh dari tujuan awalnya, Apple Developer Academy BINUS ditujukan sebagai tantangan dan juga inspirasi bagi para mahasiswa dengan pendekatan multi disiplin dalam kegiatan pembelajarannya. 

Dalam proses pembelajarannya, Apple Developer Academy BINUS fokus mengajarkan coding menggunakan bahasa pemrograman dari Apple yang bernama Swift sebagai pondasi dalam pembuatan aplikasi berbasis iOS. Tak hanya itu, para mahasiswa juga akan banyak belajar tentang OOP (Object Oriented Programming),  UI/UX, serta sintaksis dari Swift. Tak perlu khawatir terkait dengan kualitas pendidikannya, karena semua tenaga pengajarnya telah diberikan pembekalan oleh Apple secara langsung.

Nah, saat ini mayoritas lulusan akademi ini telah memulai bisnis mereka sendiri dengan memujudkan ide mereka menjadi aplikasi yang lantas bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Keunggulan Apple Developer Academy BINUS

Mereka yang  bisa mengikuti Apple Developer Academy BINUS adalah mereka yang sudah mendaftar dan telah lulus sejumlah tes yang ditentukan berdasarkan kualifikasi dari Apple. Selama mengikuti program ini, mahasiswa akan difokuskan pada penelitian serta pengembangan pembuatan aplikasi dan juga teknologi yang mampu memecahkan permasalahan sekitar. Kini dari tahun ke tahun Apple Developer Academy BINUS siap meluluskan para developer hebat Indonesia yang kelak akan memberikan kontribusinya pada pembangunan perekonomian di Indonesia. 

Bagi banyak lulusan akademi ini di seluruh dunia, aspek komunitas sama pentingnya dengan keterampilan spesial yang mereka pelajari melalui kursus mereka. Siswa berkesempatan belajar dari kolega baru dari latar belakang pribadi dan profesional yang berbeda. Masing-masing dari mereka membawa ide dan pengalaman hidup baru ke dalam desain aplikasi dan rencana bisnis mereka. Tak sedikit dari mereka yang ternyata menjadikan teman baru tersebut sebagai rekan kerja dan mitra bisnis.

Durasi Apple Developer Academy BINUS

Kehadiran Apple Developer Academy disambut baik oleh para anak muda, terutama BINUSIAN yang memang selalu visioner dalam menghadapi tuntutan profesi di masa mendatang. Apple Developer Academy BINUS kini bisa diikuti oleh siapapun yang tertarik dengan dunia IT. Adapun durasi atau lama pendidikan dari akademi ini adalah 10 bulan yang biasanya dimulai sejak bulan Februari sampai Desember. Adapun pembelajaran dari akademi ini berlangsung selama 4 jam setiap harinya dari Senin-Jumat dengan dua shift berbeda sesuai dengan jadwal peserta. 

Shift pagi berlangsung mulai jam 08.00-12.00 dan direkomendasikan bagi mahasiswa akhir, yang sedang mencari kerja atau fresh graduate. Sedangkan shift sore berlangsung mulai jam 13.30-17.30 yang disarankan untuk peserta yang masih kuliah di semester 6 keatas. 

Daftar di Apple Developer Academy BINUS, Mengapa Tidak?

Pendaftaran Apple Developer Academy BINUS dibuka bagi mahasiswa di seluruh Indonesia terlepas dari pengalaman coding yang sudah dimiliki sebelumnya. Apapun background pendidikan yang kamu miliki, baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, teknologi, bermain game, atau apapun itu tidak jadi masalah. Selama kamu memiliki minat yang tinggi dengan dunia developer, kalian dapat mengikutinya. Selain itu bagi kamu yang terkendala dengan biaya tak perlu khawatir karena tersedia beasiswa yang siap mendukung finansialmu. 

Tertarik? Bagi kamu yang ingin mendaftar, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Berusia minimal 18 tahun 
  2. Memiliki ketertarikan dengan bidang developer dan tidak harus berlatar belakang IT
  3. Mampu bekerjasama dalam tim
  4. Memiliki kreativitas yang tinggi
  5. Memiliki keinginan yang kuat untuk belajar dan berbagi ilmu
  6. Mendaftarkan diri lewat registration link berikut lalu lengkapi data yang dibutuhkan. Pendaftaran dimulai dari Maret hingga Desember 2025. 

Wujudkan mimpimu menjadi world class developer bersama dengan Apple Developer Academy BINUS. Yuk segera daftarkan diri kalian di Apple Developer Academy BINUS dan temukan wadah yang pas untuk mengeksplorasi kreativitas kalian sesuai dengan demand perusahaan modern.

Kunjungi https://developeracademy.apps.BINUS.ac.id/ untuk informasi lebih lengkap tentang program ini!