9 Tips Membantu Anak Sukses dalam Menyelesaikan Kuliahnya

Tips Membantu Anak Sukses dalam Menyelesaikan Kuliahnya

Keinginan untuk lulus tepat waktu adalah impian semua mahasiswa. Sayangnya cukup banyak mahasiswa yang menemukan hambatan dalam proses perkuliahan sehingga lulus tepat waktu menjadi hal yang cukup sulit. Jika hal ini terjadi, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu, menguatkan serta memberi motivasi agar bisa cepat menyelesaikan perkuliahannya. Sayangnya sebagai orang tua jarang yang tahu bagaimana caranya. Oleh karena itu mari cari tahu tips membantu anak sukses dalam kuliah dibawah ini!

Tips Membantu Anak Sukses Dalam Kuliah

Orang tua seringkali beranggapan jika anak mereka yang duduk di bangku perkuliahan adalah seorang yang mandiri sehingga tak membutuhkan masukan apapun terkait dengan pendidikannya. Padahal berapapun usianya, dukungan dari orang tua sangat menentukan kesuksesan sang anak lho. Apalagi di masa-masa perkuliahan yang mana kondisinya lebih kompleks dibandingkan dengan jenjang sebelumnya. 

Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus lebih tanggap dengan kondisi anak. Jika nampak ada kesulitan, kita harus segera membantu dan memotivasinya. Berikut beberapa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka dalam perkuliahan.   

  1. Bantu memilih kampus dan jurusan
    Seringkali seorang mahasiswa merasa menyesal karena memilih jurusan yang salah. Sebelum hal ini terjadi, pastikan Anda sudah memberikan pertimbangan yang matang untuknya. Bantu dan ajak sang anak memilih jurusan dan juga kampus tak hanya berdasarkan dari kualitas pendidikannya namun juga dari fasilitas dan juga prospek karir kedepannya. Memang mungkin akan ada perbedaan pendapat, namun cobalah lebih open minded untuk mencari solusi agar sang anak kelak tidak kesulitan selama masa perkuliahan. 
  2. Fokus pada tujuan
    Belajar, cepat lulus, siap kerja dan memiliki kepribadian yang unggul adalah tujuan seorang mahasiswa, oleh karena itu sebagai orang tua kita harus membantunya untuk selalu fokus pada tujuan tersebut. Selalu tunjukan kepedulian Anda terhadap keadaan kuliahnya dan berikan motivasi jika mulai ada tanda-tanda mood atau semangat yang mulai menurun. Berikan pemahaman bahwa apapun masalah yang tengah dihadapi pasti ada solusinya. 
  3. Kenali program kuliah setiap semesternya
    Salah satu masalah yang kerap dihadapi mahasiswa adalah kurangnya pengetahuan tentang program perkuliahan dalam semester tersebut. Hal ini memang nampak sepele, tapi dengan mengetahuinya lebih awal, mereka bisa mulai menyiapkan atau mempelajari sedikit tentang mata kuliah yang hendak diambil semester depan.
    Terkait dengan program kuliah tiap semester biasanya ada di dalam Buku Pedoman Program Studi. Sebagai orang tua, Anda bisa ikut membantunya dengan mencarikan buku yang sesuai dengan kebutuhan mereka di semester depan. 
  4. Memaksimalkan jumlah SKS
    Sebagai orang tua kita pasti ingin agar anak lulus dengan cepat. Begitu Pula dengan anak Anda. Namun jangan paksakan hal ini. Kita juga harus mengetahui kemampuan anak dengan baik. Alih-alih ingin lekas selesai, namun karena terlalu banyak tugas akhirnya justru membuat kewalahan dan malah menghambatnya.
    Untuk mengatasi hal tersebut, ajaklah anak Anda berdiskusi tentang jumlah SKS yang diambilnya. Ajak dia untuk mempertimbangkan antara kemampuan yang dimilikinya dengan kesibukan yang akan kamu miliki dari konsekuensi pengambilan SKS yang berlebihan.
  5. Menjadi mahasiswa yang aktif yang tak ragu bertanya
    Tips membantu anak sukses dalam kuliah selanjutnya adalah dengan memberikannya motivasi agar menjadi mahasiswa yang aktif dan tak malu bertanya. Ajaklah sang anak untuk belajar membangun relasi baik dengan dosen, senior atau dengan teman satu angkatan. Kenapa?
    Karena persoalan ketika kuliah tidak selalu bisa diselesaikan oleh diri sendiri atau bahkan oleh kita sebagai orang tua, maka membangun relasi itu penting. Khususnya ketika sang anak kebingungan dan tidak mengetahui jawaban dari materi yang diajarkan. Ketika ini bertanya pada teman, senior atau dosen adalah solusi terbaik. 
  6. Menyelesaikan tugas tepat waktu
    Mahasiswa kerap melakukan sistem kebut semalam untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Hal ini nampaknya biasa, namun melakukannya terus menerus justru membuat tenaga dan pikiran jauh lebih terkuras. Otak bekerja lebih keras dan tenagamu akan terkuras karena jam tidur yang terpangkas. Akibatnya anak Anda akan sulit berkonsentrasi ketika kelas pembelajaran dimulai.
    Jadi, sebagai orang tua kita juga harus memberikan pengertian ini kepada mereka. Motivasilah agar semua tugas bisa selesai tepat waktu. 
  7. Manajemen waktu
    Salah satu masalah yang kerap dihadapi mahasiswa adalah pengaturan waktu. Hal ini disebabkan karena mereka seringkali mengabaikan urusan perkuliahan sehingga mudah lupa sehingga jadwa list harian adalah solusinya. Namun dalam list jadwal ini juga isikan jadwal untuk refreshing. 
  8. Bantu anak Anda menentukan topik skripsi
    Salah satu masalah dalam perkuliahan adalah tugas akhir yang disebut skripsi. Anda bisa membantu mereka dengan memberikan motivasi untuk mulai menentukan topik skripsi sedini mungkin. Adapun cara mendapatkan ide tentang skripsi bisa dimulai dari membaca kumpulan skripsi, jurnal atau penelitian yang sudah diajukan sebelumnya. 
  9. Selalu berikan dukungan
    Masa kuliah adalah masa yang cukup berat. Oleh karena itu selalu berikan dukungan kepada anak Anda. Jangan memaksakan kehendak pribadi, namun pertimbangkan pula dari sisi sang anak. Diskusikan dengan baik apa yang harus dilakukan dan yang tidak harus dilakukan. 

Di atas adalah beberapa tips membantu anak sukses dalam kuliah. Selain beberapa hal di atas, sebagai orang tua Anda juga memiliki peranan penting dalam memilihkan kampus atau tempat belajar untuk anak Anda. Pastikan Anda memilih kampus dengan pendidikan yang berkualitas tinggi dan fasilitas yang lengkap. Misalnya BINUS @Bandung. 

BINUS @Bandung sebagai kampus kreatif teknologi sangat tepat dijadikan sebagai tujuan bagi Anda yang ingin memiliki anak yang sukses di dunia kerja. Ada beberapa pilihan program studi yang bisa diambil dan semuanya telah terakreditasi. 

Penasaran dengan BINUS @Bandung? 

Cari tahu informasinya disini.