Era teknologi terus berkembang untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia. Tak bisa dilewati, sistem teknologi juga masuk secara langsung ke dalam tempat tinggal manusia untuk meningkatkan kenyamanan hunian. Hal tersebut adalah konsep rumah pintar atau “Smart Home System”, di mana segala sesuatu yang ada di dalam hunian, dibuat menjadi otomatis atau semi-otomatis didukung oleh perangkat IoT (Internet of Things). Bentuknya sangat beragam, bisa berupa lampu yang menyala otomatis, kunci pintu dengan mendeteksi wajah penghuni, penghitung tagihan air otomatis, dan masih banyak lagi hal yang bisa dipasangkan dengan konsep rumah pintar.

Dari beragam bentuk penerapan konsep rumah pintar, tentunya membawa dampak positif yang signifikan untuk kehidupan manusia. Dimulai dari Efisiensi Energi, di mana teknologi mengoptimalkan penggunaan energi melalui sensor-sensor dipasangkan ke peralatan rumah dan dihubungkan dengan jaringan internet. Teknologi akan secara otomatis memperhitungkan energi yang digunakan dan melakukan pengaturan untuk menyesuaikan kapan suatu peralatan elektronik seperti AC, lampu, kipas, pompa air, ataupun peralatan lainnya untuk dinyalakan. Melalui hal tersebut, penghuni rumah bisa mencegah lupa mematikan alat elektronik dan energi bisa dihemat.

Dari hal tersebut, diperoleh manfaat berikutnya berupa Kenyamanan Hunian karena segala sesuatu bersifat otomatis dan sudah memperoleh pengaturan di awal. Tanpa perlu banyak tindakan, manusia cukup melakukan pengontrolan terjadwal menggunakan aplikasi dan perangkat smart-phone. Kenyamanan hunian juga diperoleh karena beberapa fungsi posisitf, seperti yang berasal dari sensor suhu dan pencahayaan ruangan yang dapat disesuaikan mengikuti kebutuhan sang penghuni rumah. Setelah memperoleh kenyamanan, dengan menerapkan konsep rumah pintar, juga bisa meningkatkan segi Keamanan Rumah. Bentuknya berupa kamera pengawas dan notifikasi penghuni, sensor gerakan, dan akses pintu dan jendela otomatis. Sistem tersebut akan langsung memberitahukan notifikasi kepada pemilik rumah melalui aplikasi di smart-phone jika terdapat tindakan yang mencurigakan di sekitar area rumah.

Manfaat berikutnya adalah Pemantauan Kesehatan, di mana pada beberapa rumah dengan Smart Home System memiliki sensor kelembapan, sensor suhu, sensor kebersihan udara, dan sebagainya. Sensor-sensor tersebut berperan sebagai penunjang kehidupan penghuni rumah dalam memberitahukan kondisi seperti suhu, kelembapan, dan tingkat kebersihan udara di dalam ruangan. Jika salah satu hal berpotensi memberi efek buruk, setelah memperoleh notifikasi dari aplikasi rumah pintar, manusia bisa langsung melakukan tindakan pencegahan dan penanganan untuk masalah yang ada.

Dengan meningkatnya kompleksitas kehidupan modern, konsep rumah pintar bisa menjadi salah satu solusi yang dibutuhkan manusia di masa kini dan mendatang. Pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi ke dalam hunian manusia tidak hanya meningkatkan efisiensi energi dan keamanan rumah, tetap juga meningkatkan kualitas hidup  penghuninya dengan kenyamanan yang lebih baik. Maka dari itu, investasi sistem rumah pintar dapat dianggap sebagai suatu langkah cerdas dan berkelanjutan untuk mendukung masa depan rumah yang modern dan berkelanjutan.

Maret 2024
Penulis: Riccosan