Tips Memulai Karir Sebagai Designpreneur

Tips Memulai Karir Sebagai Designpreneur

Profesi sebagai Designpreneur belakangan cukup banyak diminati. Banyak orang yang memiliki bakat dalam bidang ini namun bingung bagaimana mewujudkannya. Padahal, banyak perusahaan besar baik itu startup ataupun konvensional membutuhkan keahlian ini untuk menunjang bisnisnya. Oleh karena itu Designpreneur memiliki prospek karir yang cemerlang. 

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi seorang Designpreneur, yuk cari tahu bagaimana cara memulai karirnya dari nol!

Apa itu Designpreneur?

Designpreneur merupakan gabungan dari dua bidang keilmuan yakni “Design” dan “Entrepreneur”. Desain yang dimaksudkan disini adalah keahlian untuk merancang suatu produk, jasa atau karya. Sedangkan entrepreneur berkaitan dengan manajemen bisnis dan kewirausahaan. Dari dua kata tersebut digambarkanlah seseorang yang menerapkan keterampilan dan bakat desain dengan sangat baik dalam konteks berbisnis. Sederhananya, Designpreneur adalah profesional yang ahli dalam memadukan aspek bisnis, kreatif dan teknologi dalam dunia pekerjaan mereka. 

Perlu diketahui jika profesi ini sangatlah visioner. Artinya mereka selalu optimis untuk mewujudkan konsep yang telah dirancang olehnya. Tapi tentunya hal ini juga didorong karena faktor profit. Selain itu profesi ini juga terkenal sebagai profesi yang berani ambil resiko, berkomitmen, pandai menemukan peluang, serta memiliki tingkat optimis yang tinggi bahwa karyanya mampu menjangkau para penggunanya dengan baik. 

Dalam mewujudkan tujuannya menciptakan inovasi produk atau layanan, Designpreneur diharuskan melibatkan teknologi digital. Hal ini disebabkan perkembangan digital yang sangat cepat sehingga jika tidak diikuti besar kemungkinan bisnis yang kita miliki bisa gagal. 

Baca Juga: Creativepreneurship Jurusan Pertama yang Hadir Di Indonesia Ada di BINUS @Bandung

Tips Memulai Karir Sebagai Designpreneur

Tidak ada perjalanan karir yang mulus. Semuanya pasti berliku-liku. Apalagi jika kamu memilih untuk jadi bagian dari dunia desain, bisnis dan teknologi yang mana profesi ini memerlukan rekam jejak dari karya-karya yang sebelumnya pernah dirancang. Lantas bagaimana cara untuk bisa sukses memulai karir dalam dunia ini? 

Ada beberapa langkah memulai karir sebagai seorang Designpreneur. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Perkenalkan Dirimu dengan Dunia Desain, Bisnis dan Teknologi
    Karena profesi ini sangatlah visioner, maka kamu harus memahami dan mengenal apa saja karakteristik yang berhubungan dengan profesi ini.
    Misal dalam dunia desain, kamu harus memahami semua dasar yang berkaitan dengan estetika dan aspek teknis lainnya. Tak hanya itu, kamu harus mengetahui berbagai macam desain agar bisa menyesuaikan desain yang kamu buat dengan konten pemasaran yang dituju. Apakah itu infografis, konten edukatif, media sosial atau lainnya. Jika kamu sudah mengenal konsep dasar serta aspek dalam dunia desain, selanjutnya kamu juga harus mempelajari berbagai program desain beserta fiturnya.
    Selanjutnya dalam dunia bisnis kamu harus memiliki jiwa kewirausahaan dan kemampuan manajerial yang baik agar bisa mengatur waktu, proyek dan juga sumber daya. Kamu juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu mengenali pasar, fleksibel dan keinginan untuk terus berkembang. Dan pastinya kamu harus mampu menjadi seorang yang kreatif. 
  2. Asah Latih Kemampuan dan Kreativitas Menggunakan Teknologi Digital
    Langkah selanjutnya untuk mewujudkan mimpi sebagai seorang Designpreneur adalah melatih kemampuan dan kreativitasmu. Seorang Designpreneur memiliki komitmen yang tinggi untuk menciptakan suatu layanan atau produk meskipun dia tahu ada risiko kegagalan didalamnya. Selain itu dia juga pandai dalam melihat peluang dan memiliki kemampuan dengan memastikan karyanya bisa dijangkau oleh para penggunanya.
    Nah dalam upaya pengembangan produknya ini dia membutuhkan teknologi digital sebagai sarana menciptakan inovasi pada produk dan layanan yang ditawarkan. Sejalan dengan perkembangan digital, dukungan dari teknologi ini akan membantunya memenuhi tren pasar yang kerap berubah.
    Ingat, tuntutan kreativitas dari seorang profesi ini sangatlah tinggi, kamu harus mampu membuat konsep yang menarik untuk bisa direalisasikan ke bentuk visual dan diterima oleh para pengguna. Memang awalnya ini akan sangat berat, namun ketika kamu sudah terbiasa dengan konsep dan teknis dilapangan semua akan jadi lebih ringan. Jadi pastikan untuk terus melatih dan mengasah kemampuanmu.
    Jika kesulitan, kamu bisa mencari inspirasi berbagai macam tutorial di internet. Kamu bisa meniru tekniknya namun pastikan untuk tidak menjiplaknya. 
  3. Pahami Pelanggan dengan Baik
    Tak hanya fokus melatih diri, sebagai seorang Designpreneur kamu juga harus mampu memahami pelanggan dan menciptakan hubungan baik dengan mereka. Bagi para pebisnis, ini adalah sebuah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik. Caranya dengan mulai memahami tipe kebutuhan pelanggan pada produk (price, functionality, convenience, experience, reliability, design, performance, efficiency, dan compatibility) dan layanan (fairness, empathy, transparency, control, information, accessibility dan option).
  4. Memenangkan Pelanggan
    Semua pengusaha tanpa terkecuali harus mampu memenangkan pelanggan mengingat kompetitor bisnis saat ini sangatlah banyak. Mulai dari mengenali pelanggan, memberi insentif pada pelanggan, menjelajah ke berbagai saluran penjualan, membangun jaringan, hingga melakukan iklan berbayar.
    Selain itu kamu juga bisa menggunakan beberapa model penetapan harga. Misalnya dengan memberikan harga yang berbeda pada produk versi lite dengan tujuan untuk menjangkau pelanggan yang berbeda. 

Diatas adalah beberapa tips memulai karir sebagai Designpreneur. Kesimpulannya, jika kamu ingin menjadi seorang yang profesional pada profesi ini, kamu harus memahami konsep dan teknis dasar dalam dunia bisnis, teknologi dan desain terlebih dulu. Nah, kamu bisa dapatkan ilmu ini dengan bergabung dengan jurusan Visual Communication Design di BINUS @Bandung. Kenapa BINUS @Bandung? 

Sebagai kampus teknologi kreatif, BINUS @Bandung dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang mendukung pembelajaran yang aktif dan kreatif. Memilih jurusan Visual Communication Design adalah langkah awal untuk memulai karir sebagai seorang Designpreneur. Yuk Daftar Kuliahnya disini 

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung