Simak, Biaya Kuliah Jurusan Interior Design BINUS @Bandung

Simak, Biaya Kuliah Jurusan Interior Design BINUS Bandung

Mengingat prospek atau peluang kerjanya yang cemerlang, maka tidak heran jika jurusan Interior Design menjadi favorit dan banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Jurusan ini di dalamnya mempelajari tentang perencanaan tata letak dan perancangan ruangan. Artinya tidak hanya berkutat bentuk desain saja, namun juga tetap memperhatikan nilai estetik sebuah ruangan. Melihat kegiatan kuliahnya, biaya jurusan Interior Design ini terbilang tidak sedikit.

Selain biaya semester yang memang wajib keluar, nantinya kamu juga harus siap membeli berbagai peralatan untuk menunjang pembelajaran, seperti kertas, pensil, penggaris dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga harus memiliki laptop atau PC dengan spesifikasi tinggi sebagai persiapan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang memang membutuhkan perangkat dengan spesifikasi mumpuni.

Kuliah Jurusan Interior Design atau Arsitek?

Sebagian orang menganggap, jurusan Interior Design dan arsitek itu sama. Padahal keduanya tidaklah sama, baik itu dari segi tugas maupun tanggung jawab. Namun profesi Interior Designer dan arsitek adalah jurusan yang paling dilirik dalam pembangunan maupun renovasi bangunan, baik itu perumahan maupun bangunan untuk fasilitas umum lainnya. Keduanya sama-sama memiliki keahlian untuk mempercantik bentuk bangunan tersebut.

Jurusan Interior Design dan arsitek juga dinilai hanya diperuntukkan untuk calon mahasiswa dari kalangan ekonomi menengah ke atas. Namun kenyataanya, banyak juga mahasiswa yang bisa berkuliah di salah satu jurusan ini yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah baik itu melalui jalur beasiswa atau bidikmisi dan mampu menyelesaikan kuliahnya selama 4 tahun dengan IPK memuaskan.

Seringkali timbul pertanyaan muncul, apakah kuliah jurusan Interior Design lebih terjangkau daripada arsitek? Jawabannya ini sebenarnya tergantung pribadi masing-masing. Bisa ‘iya’ dan bisa ‘tidak’. Sebab, masing-masing kampus memiliki kebijakannya sendiri-sendiri terkait biaya.

Dari segi prospek pekerjaan di masa mendatang, keduanya juga sama-sama memiliki peluang yang menjanjikan. Tinggal bagaimana kamu nantinya memanfaatkan peluang yang ada tersebut. Hanya saja, jika kamu ingin menjadi arsitek, maka wajib mempersiapkan Surat Kompetensi Kerja (SKK) arsitek yang juga diterbitkan langsung oleh Badan pertanahan Nasional (BPN).

SKK merupakan syarat penting dan harus bisa dipenuhi oleh setiap arsitek yang ada di Indonesia dalam memberikan kualifikasi kepada seorang arsitek untuk merencanakan sekaligus merancang suatu bangunan. SKK arsitek ini mencakup berbagai hal, seperti finansial yang dibutuhkan sebagai jaminan kompetensi arsitek saat menjalankan proyek arsitektur, kualifikasi teknis dan administratif.

Tentu saja, hal tersebut jauh berbeda dengan seorang Interior Desainer. Di sini, kamu tidak direpotkan dengan syarat apapun. Bahkan kamu juga bisa mulai meniti karir saat belum lulus kuliah dengan bekerja sebagai freelancer. Kamu tidak harus terikat pekerjaan ala kantor yang terikat ruang dan waktu. 

Menjadi freelancer, kemungkinan penghasilan yang kamu peroleh bisa lebih besar dibanding pegawai kantoran. Syaratnya, kamu harus memiliki jaringan kerja yang luas dan portofolio yang keren dan berkualitas.

Seputar Biaya Kuliah Jurusan Interior Design

Seperti yang sudah disinggung di atas, biaya Interior Design ini tidak bisa disamakan antara kampus satu dengan kampus lainnya. Jika dibanding dengan kampus negeri, biaya kampus swasta umumnya jauh lebih mahal, meski memang tidak semua kampus swasta memiliki kebijakan dengan memasang biaya tinggi. Berikut adalah beberapa hal yang membedakan biaya kuliah untuk jurusan Interior Design.

  1. Beasiswa
    Jika kamu masuk jurusan Interior Design melalui bidikmisi atau beasiswa lainnya, maka tidak perlu terlalu pusing memikirkan beban biaya kuliah. Sebab, tidak jarang mahasiswa yang justru mendapat tawaran dari perguruan tinggi itu sendiri. Biasanya untuk mahasiswa yang mendapat beasiswa hanya perlu membayar biaya UKT, UKS dan biaya lainnya tergantung dari kampus atau universitas yang dituju.
  2. Jalur Masuk
    Jalur masuk juga menjadi faktor penentu besar biaya yang harus dikeluarkan agar bisa mengikuti perkuliahan. Apabila kamu masuk melalui jalur mandiri, setidaknya kamu harus mempersiapkan biaya kuliah sekitar 25 juta per semester. Pastinya ini juga disesuaikan dengan kebijakan masing-masing universitas.
  3. Pendapatan
    Bagi mahasiswa yang tidak mampu, namun memiliki tekad dalam mempelajari ilmu Interior Design, maka tidak perlu terlalu risau. Saat ini, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan tentang biaya kuliah yang berdasarkan pendapatan orang tuanya.

Mengambil Jurusan Interior Design di BINUS @Bandung

Saat kamu memutuskan mengambil jurusan Interior Design di BINUS @Bandung, maka kamu juga akan dibentuk menjadi pribadi yang percaya diri, kreatif, inovatif, bisa bekerja tim, pandai berorganisasi dan mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap menjadi seorang Interior Desainer profesional untuk memuaskan para klien.

Ya, menjalani profesi ini sudah pasti kamu akan menemui banyak klien dengan berbagai macam karakter. Oleh sebab itu, kamu harus pandai-pandai berkomunikasi, berorganisasi, bekerja tim dan pastinya menjadi negosiator handal. Terus tingkatkan kualitas diri kamu dengan tidak mudah puas serta terus mencari inspirasi baru supaya ide yang ingin kamu tuangkan tidak stuck alias itu-itu saja.

Saat ini, Indonesia telah memiliki banyak kampus yang menawarkan jurusan Interior Design. Namun kampus yang paling direkomendasikan untuk dipilih adalah BINUS @Bandung. Didukung dengan kurikulum terbaik dan dosen berpengalaman, BINUS @Bandung siap mengembangkan keterampilan para mahasiswa.

Tidak sampai disitu, berkat fasilitas yang lengkap dan mumpuni tersebut, tidak sedikit lulusan BINUS yang berhasil mendapatkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Dengan mempertimbangkan kualitas dosen dan fasilitas BINUS, pasti biaya jurusan Interior Design sudah sesuai dengan apa yang kamu ekspektasikan. 

Buat kamu yang sudah mantap memilih BINUS @Bandung sebagai pijakan awal meraih masa depan, tidak usah ragu lagi. 

Yuk, Segera daftarkan diri kamu di sini.

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung