Profesi Konsultan Bisnis: Tugas serta Tanggung Jawabnya

Profesi Konsultan Bisnis_ Gaji Tugas serta Tanggung Jawabnya (2)

Konsultan bisnis perusahaan adalah profesi yang membutuhkan beragam keterampilan untuk memberi pendampingan untuk pemilik bisnis dalam mengelola usahanya. Konsultan bisnis tentu harus berpengetahuan luas, melalui latar belakang pendidikan dan pengalaman mereka sebelumnya. Tidak hanya itu, konsultan bisnis perlu memberi konsultasi manajemen dalam membantu perusahaan meningkatkan kinerja dan efisiensinya. 

Tugas Konsultan Bisnis Perusahaan

Dari penjelasan tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa para konsultan bisnis profesional harus dapat melakukan analisa bisnis sekaligus dan menciptakan solusi dalam membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. 

Sebagai konsultan bisnis, perannya akan tergantung pada area khusus di mana sang konsultan memiliki keahlian dan pengalaman. f

Namun, sebenarnya tugas umum konsultan bisnis sama saja yakni:

  1. Analisis Bisnis
    Seseorang yang memilih profesi konsultan bisnis harus dapat melakukan analisis secara menyeluruh terhadap proses bisnis. Selain itu, konsultan juga sudah harus mengenal struktur organisasi sekaligus menilai dan kinerja finansial klien. Dengan demikian, konsultan dapat melakukan identifikasi area yang memerlukan optimalisasi atau perbaikan atau bahkan perombakan.
    Bahkan, konsultan bisnis juga dapat melakukan evaluasi kinerja perusahaan. Penilaian kinerja bisnis klien itu harus dilakukan secara berkala. Dengan demikian, konsultan bisnis dapat memberikan rekomendasi untuk perbaikan atau perubahan strategis.
  2. Strategi Bisnis
    Konsultan bisnis harus memiliki strategi bisnis secara kreatif, sesuai dengan jenis bisnis klien mereka. Mereka harus dapat membantu klien untuk mengembangkan strategi bisnis yang efektif dan tepat sasaran. Pasalnya, tiap jenis bisnis memiliki tujuan berbeda, baik itu jangka pendek atau jangka panjang.
    Strategi bisnis juga termasuk penentuan strategi pemasaran, bergantung pada kondisi perusahaan. Perusahaan memiliki target bisnis berbeda sehingga pengembangan rencana aksi juga harus berbeda. Disinilah tantangan seorang konsultan bisnis yang harus inovatif. 
  3. Konsultasi Manajemen
    Sebagai seorang konsultan, tentu harus ada saran manajemen kepada klien. Biasanya, saran tersebut terkait dengan cara meningkatkan efisiensi operasional, pengelolaan risiko, dan juga memanfaatkan peluang pasar.
    Konsultan bisnis perusahaan tidak hanya memberikan konsultasi saja tetapi juga membantu klien untuk pengembangan produk atau layanan, sekaligus bagaimana cara memperkenalkan produk atau layanan baru ke target pasar. Caranya adalah dengan melakukan analisis kebutuhan pelanggan, pengembangan konsep, dan perencanaan perkenalan produk atau layanan.
    Jenis konsultasi lainnya adalah terkait dengan peraturan dan hukum yang ada di wilayah yang bersangkutan. Konsultan bisnis harus Memberikan nasihat tentang hukum bisnis, peraturan pemerintah, dan standar kepatuhan yang relevan dengan sistem operasional klien.
  4. Pemecahan Masalah
    Konsultan yang profesional tidak hanya memberikan saran dan masukan. Tetapi, konsultan harus dapat membantu klien dalam melakukan identifikasi sebelum menyelesaikan masalah yang dihadapi. Biasanya, masalah yang dihadapi terkait dengan strategi baik bisnis maupun pemasaran, kegiatan operasional, finansial, atau manajemen secara keseluruhan.
    Pemecahan masalah bisa dilakukan dengan cara mengelola perubahan yang diperlukan. Klien biasanya harus mengelola perubahan organisasional. Dalam hal ini termasuk restrukturisasi, penggabungan atau merger dengan perusahaan lain atau akuisisi perusahaan.
  5. Pelatihan
    Salah satu deskripsi pekerjaan dari konsultan bisnis adalah memberikan pelatihan kepada tim klien. Perusahaan berskala besar selalu menghadirkan pelatihan rutin untuk meningkatkan keterampilan karyawan di berbagai departemen. Biasanya, pelatihan diperuntukkan bagi staf dalam proyek, bagian komunikasi, dan juga manajerial.
  6. Analisis Pasar
    Analisis pasar juga sangat penting bagi perusahaan dimana mereka pasti menyewa jasa konsultan. Pasalnya, pemilik bisnis tentu tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Melakukan penelitian pasar untuk membantu klien memahami tren industri, perilaku konsumen, dan kompetitor mereka adalah tugas dari konsultan bisnis.

Baca Juga: Yuk Ketahui 12 Jenis Entrepreneur dalam Dunia Usaha

Apakah Profesi Ini Memiliki Prospek Bagus?

Pemilik bisnis memiliki tantangan besar dalam menjalankan bisnis, baik bisnis skala kecil atau menengah. Tantangan tersebut adalah banyaknya hal yang harus dipikirkan manajer, mulai dari akuntansi, sumber daya manusia, hingga dukungan teknis. Tentu hampir mustahil bagi pemilik bisnis untuk melakukan semuanya sendiri. 

Disinilah mengapa konsultan bisnis memiliki prospek bagus. Pasalnya, pemilik bisnis pasti menyewa konsultan karena mereka dapat fokus pada pengembangan bisnis. Pemilik bisnis membutuhkan bantuan konsultan terkait perspektif mengenai keputusan bisnis yang mereka pilih, atau perubahan yang diperlukan.

Macam-Macam Konsultasi Bisnis 

Konsultan bisnis terdiri dari beberapa spesialisasi. Ragam spesialisasi tersebut adalah: 

  1. Konsultan keuangan
    Konsultan keuangan dapat memberikan petunjuk untuk dapat membuat keuangan lebih sehat. Konsultan perlu memberi bantuan dalam pengambilan keputusan, baik untuk investasi atau menemukan cara terbaik dalam menangani aset dan hutang bisnis.
    Konsultan keuangan perlu memiliki spesialisasi lebih lanjut untuk dapat menambah klien. Hal ini termasuk perencanaan keuangan sekaligus memberikan nasihat kepada bisnis mengenai pajak, pengeluaran harian dan rencana pensiun terbaik.
  2. Konsultan Manajemen
    Konsultan bisnis dalam hal manajemen dapat menentukan strategi sekaligus keahlian industri pada bisnis. Dengan demikian, pemilik usaha dapat meningkatkan jangkauan dan skala penjualan, memperoleh peluang baru, yang tentunya dapat meningkatkan pendapatan.
    Konsultan manajemen dapat membantu pemilik bisnis untuk meningkatkan brand awareness untuk memperluas ke target pasar lain. Konsultan bisnis juga dapat mengatur ulang model bisnis untuk menciptakan strategi yang efektif dan efisien. Bukan tidak mungkin, konsultan bisnis dapat membuka usaha baru atau merger dengan bisnis yang lain. 

Dengan prospek yang bagus, tentu kalian tertarik menjadi seorang konsultan bisnis perusahaan bukan? Kalian hanya perlu bergabung dengan BINUS @Bandung dan memilih jurusan S1 Digital Business Innovation untuk mendapatkan ilmu programming untuk bisnis yang banyak dibutuhkan di industri masa kini. Dengan rekognisi internasional, lulusan BINUS @Bandung telah terpercaya oleh kalangan pebisnis global sebagai lulusan kompeten dan berdaya saing tinggi. Yuk Daftar  BINUS @Bandung Sekarang !

Yuk, Joint BINUS @Bandung Sekarang !

Banner SEO Campaign BINUS Bandung