Image Source: https://www.spaceappschallenge.org/2023/

NASA (National Aeronautics and Space Administrations) Space Apps Challenge (NASA-SAC) 2023 Jakarta merupakan bagian dari NASA International Space Apps Challenge yang berada di regional Indonesia. Seperti namanya, Space Apps Challenge merupakan sebuah kolaborasi global yang berfokus pada eksplorasi luar angkasa / antariksa yang diadakan dalam kurun waktu 48 jam di berbagai negara di dunia yang diadakan oleh NASA setiap tahunnya. Tahun ini, terdapat 57,900 partisipan yang berasal dari 152 negara/region, dengan 30 tema tantangan yang berbeda-beda.


Dokumentasi 1

Tim mahasiswa dan mahasiswi Computer Science (B’25) BINUS @Bandung bernama Beyond Journeys in Innovative Research (BJIR), yang terdiri dari  Heryan Djaruma (2502028140) sebagai pemimpin tim, Faishal Kamil (2502001063) dan Eleanor Maritsa Maharani (2502014210) sebagai data/content planning, Bryan Viriya Kurniawan (2501964964) pada prototyping, dan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) bernama Cindara N. sebagai content designer.

Tim ini membuat aplikasi web interaktif yang diberi nama “BanyoeHirup“, yang memiliki arti “Air Kehidupan” dalam Bahasa Jawa dan Sunda. Aplikasi ini mengajarkan pentingnya air dan hubungannya dengan perubahan iklim di dunia. Visi tim BJIR adalah menyajikan informasi dan data yang disediakan oleh NASA dan agensi partner luar angkasa lainnya sehingga mudah dipahami dan dimengerti oleh anak usia sekolah menengah (SMP-SMA). Tujuannya adalah agar para siswa/siswi mampu memahami pentingnya air sehingga bisa ikut terlibat mengatasi masalah climate change.

Dokumentasi 2

Acara closing ceremony dilakukan di @America, Pacific Place Jakarta pada Sabtu, 14 Oktober 2023. Tim BJIR berhasil meraih posisi pertama dari ketiga nominasi global di regional Indonesia. Nantinya, jika terpilih melalui seleksi global, maka tim tersebut akan memperoleh kesempatan untuk bisa mengunjungi NASA secara langsung di negara Paman Sam, Amerika Serikat. Sekali lagi, selamat kepada para BINUSIAN dan para mahasiswa/mahasiswi yang terus mengharumkan nama bangsa Indonesia di tingkat internasional. Mari para BINUSIAN, terus kobarkan api semangat dan kembangkan diri kalian untuk meraih prestasi setinggi langit biru.

Penulis: Riccosan