Yuk Intip Keseruan Studi Banding Antara HIMTI BINUS @Bandung dan HIMAKOM UGM!

Serunya studi banding mahasiswa UGM ke BINUS @Bandung pasti semakin membuat kalian ingin segera bergabung di BINUS University yang ada di kota Bandung. Keseruan ini hadir karena memang mahasiswa dari kedua kampus saling berbagi ilmu dan budaya dari masing-masing kampus. Kehadiran mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini semakin mempererat persahabatan antara mahasiswa BINUS @Bandung dan UGM. 

Serunya Studi Banding Mahasiswa UGM Ke BINUS @Bandung 

Kunjungan mahasiswa dari berbagai kampus ke BINUS @Bandung memang bukan sekali ini saja. Kali ini, mahasiswa HIMAKOM UGM atau Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada mengunjungi BINUS @Bandung. Kegiatan ini tentunya sangat positif karena mahasiswa dari Himakom UGM dan HIMTI atau Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi BINUS @Bandung sama-sama akan berbagai pengalaman. 

Pada kegiatan ini, mahasiswa dari kedua kampus berdiskusi terkait dengan tata kelola organisasi kemahasiswaan dari masing-masing kampus. Selain itu, diskusi terkait dengan program-program inovatif dari jurusan Computer Science BINUS @Bandung. Mahasiswa dari BINUS @Bandung juga memperkenalkan berbagai fasilitas di kampus dengan melakukan Campus Tour

Diskusi juga semakin seru saat mahasiswa HIMAKOM UGM mengenal berbagai event yang diadakan oleh berbagai jurusan di BINUS @Bandung. Event tersebut terkait dengan kompetisi di bidang informasi dan teknologi serta desain komunikasi visual. Sejauh ini, memang BINUS @Bandung sering mengadakan event untuk menarik mahasiswa dan khalayak umum yang memiliki ketertarikan dengan teknologi informasi tercanggih. 

Sebelumnya, Himakom UGM juga sempat mengunjungi kampus BINUS University Greater Jakarta. Setelah itu dilanjutkan ke BINUS @Bandung. 

Aktivitas Mahasiswa BINUS @Bandung 

BINUS @Bandung memang tidak pernah sepi dari berbagai event menarik. Selain itu, kampus ini juga sering menjadi tujuan utama studi banding dari berbagai kampus di seluruh Indonesia. Hal ini karena BINUS @Bandung memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan canggih, terkait dengan teknologi digital. 

Tentu tidak mengherankan apabila banyak sekali kegiatan yang digelar oleh kampus BINUS di Bandung ini. Studi banding dari berbagai kampus digelar karena BINUS @Bandung tidak hanya memiliki ruang kelas yang nyaman saja. Tetapi, BINUS @Bandung juga menawarkan berbagai laboratorium dan ruang workshop untuk proses belajar. 

Aset BINUS @Bandung memang diperuntukkan bagi para BINUSIAN sehingga mereka dapat belajar dengan lebih mendalam. Selain itu, semua aset tersebut juga hadir untuk menjadi sarana bagi kampus lain yang ingin belajar lebih mendalam tentang berbagai bidang, seperti desain interior, teknologi informasi dan juga desain komunikasi visual. 

Inovasi di Event Berskala Internasional 

Selain kunjungan dari berbagai macam kampus serta event untuk mahasiswa dan juga khalayak umum. BINUS @Bandung juga pernah berpartisipasi di acara berskala internasional. Event IN FOOD digelar pada bulan Agustus 2023 dimana BINUS @Bandung bekerja sama dengan berbagai kampus ternama yaitu Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Universitas Ma Chung, Universitas Pembangunan Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, serta beberapa kampus asing seperti Universiteit Gent, Universitas Tampere, dan Hotelschool The Hague. 

Mahasiswa dari semua universitas tersebut berkompetisi dalam acara ini. Mereka mengusung tema penting yaitu mengatasi masalah limbah makanan yang kini sedang sangat tinggi. Para mahasiswa harus memiliki ide inovatif dalam mencari solusi terkait dengan sampah makanan yang semakin banyak, seiring dengan peningkatan populasi di Indonesia.

Salah satu mahasiswa Creativepreneurship dari BINUS @Bandung, Nadira Alya memiliki ide cemerlang dengan memperkenalkan aplikasi “Ze-Raw”. Aplikasi ini diciptakan sebagai penghubung antara hotel dan vendor ramah lingkungan. Menurutnya, hotel sering memiliki limbah makanan dimana hotel butuh mitra yang dapat mendaur ulang limbah makanan menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

Acara ini memang lebih dari sekedar kompetisi. Para mahasiswa pun memiliki waktu untuk saling berbagi informasi. Intinya, kompetisi ini bukan sekedar untuk unjuk diri, tetapi justru sebagai kolaborasi bermanfaat dalam menjaga lingkungan dari berbagai limbah makanan. 

Hal ini disampaikan oleh Nadira yang memang sangat menikmati event tersebut. Ia menganggap bahwa pertemuannya dengan mahasiswa dari berbagai kota dan negara sangatlah berharga. Menurutnya, lingkungan kota dan negara yang berbeda dapat membentuk pemikiran yang berbeda pula. 

Mantap Memilih BINUS @Bandung 

Tentunya, kegiatan-kegiatan tersebut diatas hanya sebagian kecil dari berbagai event yang digelar BINUS @Bandung. Kalian dapat mengikuti info event terbaru melalui akun Instagram resmi dari kampus yang berada di atas mall ini. Hampir semua event BINUS @Bandung selalu dihadiri oleh para alumni BINUS yang sudah sukses dengan holding company mereka, berbagai influencer dan para pengusaha muda lainnya sebagai pembicara. 

BINUS @Bandung juga sering mengadakan berbagai workshop yang diadakan oleh jurusan-jurusan di kampus ini. Workshop tersebut terkait dengan bisnis digital, teknologi informasi dan juga entrepreneurship. Menariknya, event-event tersebut dapat diakses via Zoom sehingga dapat diikuti oleh siapa saja yang tertarik untuk mengikutinya. 

Hal ini membuktikan bahwa jurusan di BINUS @Bandung selalu melahirkan BINUSIAN yang handal dan dapat berpikir out of the box.  Lulusan BINUS selalu dapat berkompetisi di tingkat global karena sistem pembelajaran berbasis kurikulum terbaik. 

Siap untuk bergabung dengan BINUS @Bandung? Segera kunjungi https://BINUS.ac.id/bandung/informasiBINUSbdg23/ dan daftarkan diri kalian. BINUS @Bandung menjadi kampus pertama dengan konsep Kampus Kreatif Teknologi di kota ini. Jadi tak heran jika semua BINUSIAN menguasai tiga bidang sekaligus yakni teknologi, entrepreneurship dan inovasi.

Kurikulum berstandar global menjadi alasan utama mengapa harus memilih BINUS @Bandung. Lulusan BINUS selalu menguasai hard skills dan soft skills secara berimbang. Dengan demikian, lulusan BINUS selalu siap menghadapi persaingan global.