Pastinya kalian ingin tahu cara daftar di BINUS Bandung setelah kalian mengetahui jurusan-jurusan yang ada di kampus ini. Apalagi, kalian sering membaca artikel terkait dengan berbagai fasilitas menarik, lulusan yang sukses, dan juga kabar terbaru tentang perkembangan kampus mentereng ini. Tak perlu menunda lagi, segeralah menjadi BINUSIAN yang memiliki keahlian mumpuni di bidang yang kalian minati. 

Cara Daftar Di BINUS Bandung

 

Bagaimana cara daftar ke BINUS lewat website? Caranya gampang loh, yuk simak langkah-langkah yang harus kalian lakukan dibawah ini: 

  1. Buka situs https://binus.edu/admissions/  
  2. Buatlah akun dengan cara memilih BINUS higher education
  3. Lalu pilih REGISTER AS STUDENT
  4. Isi kolom nama dan email serta password
  5. Jangan lupa centang kolom Privacy Policy 
  6. Setelah itu, lengkapi data diri secara online
  7. Tetapkan pilihan di non BINUSIAN
  8. Lanjutkan dengan berbagai jenis pendaftaran. Nantinya dapat pilih “Beasiswa Anak Guru” atau “Beasiswa TPKS”. Kamu dapat memilihnya salah satu. 
  9. Lanjutkan proses pendaftaran hingga muncul menu pembayaran
  10. Bagi kalian yang memilih beasiswa TPKS, pilih pembayaran melalui voucher 
  11. Masukkan kode voucher sebagai langkah awal mengaktifkan pembayaran
  12. Lanjutkan pengisian data hingga lengkap sampai kalian berada di menu jadwal TPKS

Perlu diingat bahwa jadwal TPKS untuk setiap cabang BINUS sama dan untuk mengetahui tanggalnya selalu cek laman resminya agar tidak ketinggalan berita. 

Prosedur Admisi 

Bagi kalian yang ingin mendaftar segera, kalian dapat mengisi formulir pendaftaran dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 300.000. Nantinya kalian juga akan diminta untuk menyerahkan pas foto. 

Selain itu, kalian yang akan mendaftar di jurusan Visual Communication Design, Interior Design, and Interactive Design & Technology akan diminta untuk melampirkan surat keterangan bahwa kalian tidak mengalami buta warna dari spesialis mata. 

Jenis-Jenis Pendaftaran 

BINUS @Bandung dan semua kampus BINUS lainnya menawarkan berbagai jenis pendaftaran. Beberapa jenis pendaftaran tersebut adalah: 

  1. Beasiswa BINUSIAN Community Scholarship : Beasiswa up to 25% di Biaya Sumbangan jika ada keluarga dalam 1 KK alumni / mahasiswa aktif BINUS
  2. Beasiswa Partial Scholarship dan The Widia Scholarship for Outstanding Achievers yaitu beasiswa penuh.
  3. The Entrance Test atau Tes Potensi Keberhasilan Studi

Materi Tes Masuk 

Kalian juga harus mengetahui apa saja yang menjadi materi tes masuk. Beberapa jenis tes masuk yang akan kalian hadapi saat mendaftar di BINUS @Bandung adalah: 

  1. Tes Logika (Logic)
  2. Abstraction-Non-Verbal
  3. Verbal 

Jika kalian berencana masuk di jurusan seperti S1 Creativepreneurship, S1 Desain Interior, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Interactive Design & Technology, S1 Digital Business Innovation maka kalian akan mendapatkan tes tambahan.

Hasil tes masuk bersifat final dan rahasia sehingga tidak dapat diganggu gugat. Perlu diingat bahwa BINUS University hanya menerima calon peserta yang mendaftar sesuai dengan peraturan yang berlaku. BINUS tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang bisa terjadi, apabila ada pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan bantuan dan jaminan supaya calon peserta diterima di BINUS. 

Pengumuman Hasil Tes 

Hasil tes nantinya dapat kalian cek melalui www.binus.ac.id/daftaronline atau laman Admisi Online. Kalian dapat memasukkan email dan password yang telah kalian buat sebelumnya saat mendaftar. Apabila kalian lulus ujian masuk, maka kalian harus melengkapi dan mengembalikan dokumen daftar ulang. Kalian dapat melakukannya melalui Admisi Online atau langsung ke kantor Penerimaan Mahasiswa Baru.

Tentunya, setelah itu kalian harus melakukan daftar ulang. Prosedur daftar ulang akan dijelaskan secara detail di dalam formulir daftar ulang. Kalian akan membayar Tuition Fee yang berbeda-beda antar kampus. Lebih jelasnya bisa cek video di link berikut https://youtu.be/UI7hj5gSEwE?si=ewGFryyFVU6F2dDF.

BINUS @Bandung akan melakukan pengembalian dana kepada calon peserta dengan syarat tertentu. Calon peserta yang mendapat pengembalian dana yakni mereka yang tidak lulus SMA/SMK atau MA, atau sudah diterima di jenjang S1 perguruan tinggi negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Tinggi atau Kemendikti.

Siapkan Diri untuk Menggapai Masa Depan Cemerlang 

Kalian tidak perlu ragu mendaftar di BINUS @Bandung. Jurusan yang ada di BINUS @Bandung adalah Computer Science, Interior Design, Creativepreneurship, Visual Communication Design, Double Degree Digital Business Innovation dan Double Degree Interactive Design & Technology. Pilih jurusan yang paling sesuai dengan minat dan bakat kalian sehingga kalian dapat menyelesaikan studi jenjang S1 dengan baik. 

Kalian tidak hanya akan mendapatkan pendidikan berkualitas dengan kurikulum internasional. Tetapi, kalian akan menjadi lulusan dengan daya saing tinggi karena sistem pendidikan di BINUS @Bandung yang sudah mendapatkan reputasi terbaik.