Big Data telah menjadi pembahasan yang tak terhindarkan dalam dunia teknologi informasi (IT) selama beberapa tahun terakhir. Dengan volume data yang terus meningkat secara eksponensial, Big Data telah membawa dampak yang signifikan pada industri IT. Artikel ini akan menjelaskan berbagai dampak positif dan tantangan yang dihadapi IT karena perubahan besar ini dalam dunia data. Jadi, apa yang dimaksud dengan Big Data? Diperoleh dari halaman Dicoding.com, Big Data adalah sekumpulan data dengan jumlah yang sangat besar. Big Data dibagi menjadi 3 jenis, yaitu data terstruktur, data tidak terstruktur, dan data semi-terstruktur.

Sekumpulan data yang sangat banyak bisa dikatakan sebagai suatu Big Data jika memiliki beberapa kriteria yang dapat diukur dengan metode 3V, yaitu:

1. Volume

Sekumpulan data berjumlah sangat besar dan sulit untuk diproses secara manual dikarenakan butuh waktu yang panjang dan efektivitas proses pengolahan data.

2. Velocity

Tingkat kecepatan sekumpulan data bisa diproduksi kembali hingga diproses dan dianalisa untuk memperoleh suatu fakta atau kesimpulan.

3. Variety

Banyaknya viariasi data di dalam sekumpulan data seperti kategori jenis bahasa pada data berupa kalimat atau jenjang frekuensi pada data berupa audio.

Salah satu dampak terbesar pada masa kini dari Big Data di dalam sektor Informasi Teknologi adalah terjadinya transformasi bisnis ke ranah digital. Dengan kehadiran data yang lebih besar dan lebih baik, diiringi dengan bentuk pemprosesan dan analisa yang semakin efektif dan akurat, memungkinkan suatu perusahaan untuk bisa mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat serta lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Analisis data dengan perangkat teknologi yang canggih memberikan dampak positif berupa wawasan yang lebih mendalam tentang pelanggan, tren pasar, dan operasional perusahaan. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja, meningkatkan produktivitas, dan membentuk strategi yang lebih efektif.

Kehadiran Big Data telah mendorong perkembangan teknologi baru pada masa kini. Beberapa contohnya adalah pengembangan database yang lebih kuat atau yang biasa kita kenal adalah Cloud System; perangkat penyimpanan yang lebih besar, namun lebih terjangkau bagi masyarakat; dan tentunya algoritma analisis data yang lebih canggih dengan kehadiran machine learning dan deep learning di berbagai sektor seperti industri, kesehatan, pendidikan, dan pemerintahan. Semua ini membantu berbagai sektor di dalam kehidupan untuk mau tidak mau harus bisa mengelola dan menganalisis data dengan lebih efisien untuk memperoleh kemajuan.

Baca Juga: Membuat Perintah SQL Insert Otomatis Pada Oracle Database Dengan Trigger

Seiring kemunculan Big Data,  keamanan informasi muncul menjadi tantangan yang semakin besar. Big Data mencakup berbagai jenis data yang berharga, baik itu berupa data user, proses bisnis, ataupun informasi rahasia. Oleh karena itu, instansi perlu berinvestasi di dalam sistem keamanan data yang kuat untuk bisa melindungi informasi berharga dari berbagai ancaman siber. Big Data juga telah hadir untuk membantu dalam membentuk suatu sistem pendeteksian dini dan pencegahan yang lebih baik untuk mengatasi serangan siber yang juga terus berkembang.

Big Data telah membawa perubahan besar terhadap bagaimana data dikelola beserta dampak positif dan resiko yang muncul karenanya. Dengan memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk mengambil keputusan yang lebih baik, mengembangkan teknologi baru, meningkatkan keamanan informasi, dan mengelola data dengan lebih baik, Big Data telah menjadi motor penggerak perubahan dalam dunia teknologi informasi. Berbagai instansi sekarang perlu mengelola data yang lebih besar dan beragam untuk bisa bertahan di tengah persaingan transformasi digital dengan manajemen data yang lebih canggih dan tim yang terlatih berupa para profesional IT. Jika perusahaan atau organisasi mampu memenuhi hal tersebut, maka pelayanan terhadap pelanggan akan meningkat ke arah yang lebih baik dan perusahaan atau organisasi akan memperoleh profit yang lebih tinggi. Sementara tantangan ada, manfaat yang dihasilkan jelas membantu perusahaan untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Oleh karena itu, Big Data terus menjadi fokus utama dalam industri IT yang akan membentuk masa depan yang semakin cerah.


Penulis: Riccosan