Sebagai seseorang yang akan menjadi entrepreneur sukses di masa yang akan datang, apakah Anda sudah membuat perencanaan bisnis atau business plan yang akan menunjang kesuksesan bisnis yang akan anda jalani?

Untuk memulai sebuah bisnis tentunya kita sebagai entrepreneur membutuhkan perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan, Anda tidak akan tahu ke mana arah bisnis karena menjalankannya tanpa tujuan yang jelas.

Sebetulnya apa itu rencana bisnis atau business plan ?

Hisrich dan Peter yang merupakan ahli dalam bidang kewirausahaan, menyebutkan bahwa bisnis plan adalah sebuah dokumen,yang menjadi hal yang penting sebelum memulai sebuah bisnis, Dimana di dalamnya terdapat beberapa aspek external dan internal yang terkait dengan operasional usaha yang dijalankan.

Pengertian rencana bisnis adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi maksud dan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah bisnis. Selain itu, rencana bisnis juga mencakup target jangka pendek, menengah, dan panjang, bagaimana cara Anda untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk solusi terhadap kendala yang muncul nantinya, serta lainnya.

Rencana bisnis sangat penting karena beberapa alasan:

  1. Untuk Mengawali Sebuah Bisnis

Susunlah rencana bisnis sedetail mungkin. Semakin lengkap Anda membuat rencana bisnis, maka akan semakin membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang serius dan terarah sehingga semakin mudah menjalankan roda bisnis. Dengan sebuah rencana bisnis yang baik, kesempatan dan peluang Anda untuk mengembangkan dan menumbuhkan bisnis akan semakin besar.

  1. Mencari Sumber Dana

Manfaat berikut dari rencana bisnis adalah untuk mendatangkan  investor yang akan memodali bisnis Anda. Secara tidak langsung, rencana bisnis tersebut bisa menjadi proposal atau dokumen untuk mendapatkan sumber pendanaan. Sumber dana di sini maksunya yang didapat dari pihak lain, seperti investor, perbankan, atau modal ventura.

  1. Membuat Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Rencana bisnis akan membuat Anda lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis. Dengan begitu, tujuan Anda merintis bisnis akan tercapai sesuai target yang telah ditetapkan. Bisnis Anda dapat berkembang dengan baik.

  1. Memprediksi Masa Depan

Kegunaan berikutnya dari business plan yaitu untuk memberi prediksi masa depan bisnis Anda. Tentu saja ketika Anda menyusun rencana bisnis, Anda akan membuat gambaran baik jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis Anda.

  1. Untuk Menaikkan Level Bisnis

Terakhir, kegunaan dan manfaat dari rencana bisnis adalah adanya kesempatan untuk menaikkan level bisnis Anda ke tingkat yang lebih atas. Rencana bisnis yang disusun dengan baik akan membawa gairah pela

 

Sumber:

 

https://www.cermati.com/artikel/cara-membuat-bisnis-plan-dan-kegunaannya

Contoh Bisnis Plan, Penjelasan dan Cara Membuat Bisnis Plan

 

 

Oleh:

Jordan Jireh / 2301848924

Nicky Bryant Anggi / 2301914075

Andreas Deevin Hartono / 2301874065