Peluang Karir Jurusan DKV yang Menjanjikan

Berikut Peluang Karir Jurusan DKV yang Perlu Kamu Ketahui

Desain Komunikasi Visual atau yang disingkat DKV memberikan penawaran peluang karir yang menarik bagi para lulusannya. Dengan perkembangan teknologi yang kian maju, jurusan ini pun juga kian diminati. Tak hanya karena banyak peluang karir yang menjanjikan, namun besaran gajinya pun juga cukup tinggi. Berikut beberapa peluang karir jurusan DKV yang mungkin salah satunya adalah impianmu. 

Jurusan Desain Komunikasi Visual menitikberatkan pada pengembangan kreativitas serta kemampuan seseorang dalam menciptakan sebuah karya desain. Fokus utama dari jurusan ini adalah pengembangan keterampilan teknis serta pemahaman estetika untuk menciptakan karya seni yang bernilai. 

Nah, bagi kamu yang ingin masuk DKV, sebelum memutuskan untuk mendaftar, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja peluang karir jurusan DKV. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Content creator
    Pekerjaan sebagai seorang content creator adalah pekerjaan yang paling digemari saat ini. Berbekal jiwa yang kreatif, mereka bisa mendapatkan penghasilan yang berlimpah. Berbagai platform media sosial pun tersedia untuk mendukung pekerjaan ini. misalnya Instagram, Facebook dan Youtube.
    Salah satu alumni BINUS yang saat ini bekerja sebagai seorang content creator adalah David Brendi. Dirinya mulai menjadi Youtuber sejak tahun 2014 berawal dari iseng. Namun tak disangka jika keisengannya mampu mendatangkan cuan hingga miliaran rupiah. Selain itu David Brendi juga berhasil meraih penghargaan dari Forbes Indonesia dalam kategori Digital Content Creator 2021. Luar biasa bukan? 
  2. Animator
    Seorang lulusan Desain Komunikasi Visual disebut mampu menjadi seorang animator. Profesi ini berkaitan dengan penciptaan ragam gambar yang mampu membentuk ilusi bergerak ketika ditayangkan. Seorang animator harus mampu menguasai beberapa aplikasi atau software seperti Autodesk Maya, Adobe Premiere, Adobe After Effect serta aplikasi 3D video. 
  3. Illustrator
    Pekerjaan ini bisa kamu kerjakan secara mandiri atau bisa dengan tim. Inti dari pekerjaan ini adalah menyampaikan cerita, ide atau pesan menggunakan media visual. Seorang illustrator biasanya memiliki keahlian spesifik seperti ilustrasi digital, fotografi dan menggambar.
    Nah, karena saking besarnya cakupan bidang pekerjaan ini, maka dalam praktiknya masih dibagi lagi menjadi beberapa tipe yakni illustrator forensik, illustrator komik, illustrator storyboard, dan illustrator medis.
    Salah satu mahasiswa BINUS @Bandung yang berprofesi sebagai seorang ilustrator adalah Eryanto. Berbagai karyanya yang luar biasa bisa kamu temukan di laman IG miliknya. 
  4. Desainer pakaian
    Siapa sangka jika lulusan DKV juga bisa merambah ke dunia fashion. Tentu ini sangat cocok bagi kamu yang suka seni dan suka fashion. Kamu bisa mendesain berbagai jenis pakaian untuk wanita, pria atau untuk anak-anak. Selain bekerja di perusahaan, kamu juga bisa mendirikan usahamu ini secara pribadi. Menarik bukan? 
  5. Fotografi
    Ketika kamu menjadi mahasiswa DKV, kamu juga akan banyak belajar tentang seni fotografi. Dalam jurusan DKV fotografi merupakan pendekatan persuasi pada media massa baik itu media cetak maupun media online. Fotografi dimanfaatkan sebagai pendukung penampilan yang berwujud desain. 
  6. Social Media Specialist
    Ini adalah salah satu pekerjaan yang tengah eksis sekarang ini. Perkembangan media sosial yang saat ini juga digunakan sebagai lahan untuk berbisnis memaksa banyak perusahaan untuk menggunakan social media specialist. Tugas utama dalam pekerjaan ini adalah menciptakan serta memperkuat identitas brand menggunakan konten kreatif yang menarik. 
  7. Desainer produk
    Bagi seorang mahasiswa DKV, desain adalah suatu hal yang biasa karena ini selayaknya makanan sehari-hari. Kamu bisa menciptakan berbagai desain produk mulai dari furniture, peralatan elektronik hingga mainan. Cukup menarik bukan? 
  8. Web Desain
    Semakin pesatnya perkembangan teknologi, jelas memaksa semua jenis perusahaan untuk memiliki website. Website akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen serta menjadi pintu yang paling mudah dijangkau konsumen.
    Nah, peluang karir jurusan DKV ini disebut tak akan surut hingga beberapa tahun kedepan. Apalagi mengingat perkembangan teknologi yang kian pesat, sehingga kebutuhan akan seorang web desainer pun juga akan kian banyak. 
  9. Graphic Designer
    Bagi kamu yang suka berurusan dengan desain grafis, maka pilihlah jurusan DKV. Jurusan ini memiliki cukup banyak mata kuliah yang akan membantumu untuk menjadi seorang professional graphic designer. Disini kamu akan banyak belajar banyak aplikasi desain grafis seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop. 
  10. Creative Director
    Tugas utama seorang creative director adalah memberikan pengarahan kepada timnya untuk memenuhi target dan kriteria dari konsumen dalam bidang kreatif. Selain menjadi salah satu peluang karir jurusan DKV yang menjanjikan, besaran gaji creative director yang mencapai dua digit pun juga cukup menggiurkan bukan? 
  11. 3D Modeling
    Pekerjaan ini berfokus pada penciptaan bentuk model digital 3D. Biasanya pekerjaan ini terdapat dalam bidang animasi. 
  12. VFX Artist
    Pernah dengar pekerjaan ini? Tugas dalam pekerjaan ini adalah menciptakan visual effect lewat CGI. Seperti yang kita ketahui, CGI adalah sebuah teknologi yang mampu memberikan efek lebih nyata dalam sebuah adegan film. Tugas dari seorang VFX artist memang cukup rumit dan berat, namun bagi kamu yang memiliki passion dalam bidang ini tentu ini sangat menantang dan menyenangkan.

Diatas adalah beberapa peluang karir jurusan DKV yang menjanjikan. Dari beberapa ulasan diatas, apakah ada salah satu yang menjadi mimpimu? Jika iya, ayo raih bersama BINUS @Bandung. Jangan ragu, langsung daftarkan dirimu sekarang ke jurusan DKV BINUS @Bandung dengan klik link berikut https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/