Belajar Design dan Technology: Cara Memulai, Kiat Belajar dan Tips berkuliah di Jurusan Design & Technology

Belajar design dan Technology Cara Memulai, Kiat Belajar design Technology dan Tips (1)

Perkembangan dunia digital yang semakin melesat membuat design grafis sebagai salah satu kemampuan yang sangat diperhitungkan di masa depan. Oleh sebab itu, tidak ada ruginya jika kamu belajar design dan technology saat di perguruan tinggi nanti. Design grafis sendiri adalah disiplin yang menggabungkan berbagai elemen kreatif dengan teknologi agar tercipta komunikasi visual yang tidak hanya menarik tapi juga efektif.

Belajar Desain dan Teknologi

Perlu kamu ketahui, kreativitas merupakan elemen inti di dalam design grafis. Saat kamu mengambil jurusan ini di perguruan tinggi, maka kamu juga akan dibantu dalam mengembangkan kepekaan artistik dan memahami berbagai prinsip desain yang efektif. Tentu saja, teknologi juga sangat berpengaruh di dunia design grafis modern seperti saat ini.

Untuk persiapan, inilah beberapa hal mendasar yang akan kamu pelajari saat mengambil jurusan design nanti.

  1. Menentukan Gaya Dalam Desain
    Menentukan gaya dalam desain adalah hal yang paling fundamental saat kamu belajar design grafis. Sebab, gaya di sini sangat mempengaruhi para designer dalam membuat desain. Desain sendiri juga masih terbagi menjadi beberapa macam yaitu, ilustrasi, tipografi, logo dan lain sebagainya.
  2. Memahami Tentang Dasar-Dasar Desain
    Dasar-dasar ilmu desain memang wajib dipahami oleh semua calon designer grafis. Hal-hal mendasar ini meliputi simbol, tipografi hingga warna, yang merupakan fundamental dari sebuah desain. Kamu juga sebaiknya mempelajari Grid System yang merupakan sebuah sistem pembagian garis untuk designer dengan bantuan software.

Tips Belajar Design dan Technology

Dalam design grafis sebenarnya tidak ada tuntutan agar bisa menciptakan desain yang menarik, sebab keilmuannya berkaitan erat dengan selera. Sayangnya hal ini tidak berlaku saat kamu terjun di dunia kerja desain , karena di sana ada permintaan dari klien agar designer mampu menciptakan desain yang sesuai dengan keinginan mereka, baik itu dari segi ilustrasi, tipografi dan warna.

Agar bisa bersaing dan sukses di bidang design grafis, kamu harus memiliki kombinasi kreativitas serta pemahaman yang cukup tentang teknologi. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan desain yang menarik dan mengimplementasikannya secara sempurna dengan bantuan alat-alat digital modern. 

Selain itu, inilah beberapa tips belajar design dan technology yang bisa kamu coba.

  1. Mengumpulkan Desain yang Bisa Menginspirasi
    Mengumpulkan karya-karya milik orang lain yang dianggap menarik juga bisa dilakukan agar kamu bisa berinovasi menciptakan desain dengan lebih menarik yang terinspirasi dari sana. Ada banyak inspirasi karya milik orang yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di internet.
  2. Membedah Proses Desain
    Dalam proses membuat desain , kamu pasti akan belajar tentang bagaimana menggabungkan bentuk dengan garis saat membuat suatu desain . Melakukan analisis di balik proses pembuatan design akan bisa membuatmu lebih bisa memahami tentang langkah-langkah apa yang diperlukan agar bisa menghasilkan karya yang menarik. 
  3. Tentukan Gaya Khas Kamu
    Dalam desain tentu saja setiap orang memiliki gaya atau ciri khasnya masing-masing saat menggambar, sekalipun bagi orang yang belum lihai melakukannya. Oleh sebab itu, jangan pernah merasa rendah diri apabila karyamu dirasa masih belum sebaik teman-teman yang lain. Lebih baik kamu fokus saja untuk mengembangkan ciri khas gambar kamu supaya bisa menghasilkan unsur unik dan original dibanding karya milik orang lain.
  4. Belajar Dari Sekitar
    Biasanya, inspirasi seseorang itu berasal dari segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Inilah yang pada akhirnya membentuk seorang designer menjadi lebih condong membuat karya desain dengan gaya tertentu. Ini memang sulit apabila lingkungan tempat kamu tinggal adalah orang yang tidak menyukai desain . Untuk mengatasi ini, kamu bisa mencari kenalan mahasiswa jurusan desain agar bisa saling bertukar pikiran.
  5. Membuat Desain yang Dianggap Paling Menarik
    Setiap desain indah yang diciptakan pasti berawal dari banyaknya percobaan yang dilakukan oleh designer. Untuk permulaan, kamu bisa mencoba membuat ulang karya milik orang lain yang kamu anggap paling bagus dan menarik, namun jangan lupa tentang prinsip hak cipta. Kamu hanya diperbolehkan mereka ulang karya tersebut, namun tidak ada hak sama sekali untuk mengaku atau menyebarkan bahwa itu adalah desain yang kamu buat.
  6. Tidak Sekedar Menggambar
    Memang tidak salah jika banyak orang yang mengidentikkan jurusan desain dengan aktivitas menggambar. Namun tidak sekedar menggambar, sebab di dalam proses menggambar tersebut kamu harus tetap memperhatikan berbagai aspek seperti tipografi, warna, komposisi dan sebagainya.
  7. Terus Berlatih
    Belajar design dan technology yang paling ampuh memanglah dengan cara terus berlatih. Segala error ataupun trial yang kamu alami bisa membantumu menciptakan desain yang lebih baik. Semakin sering kamu mencoba atau berlatih, maka hasil yang kamu dapatkan juga bisa semakin maksimal.
  8. Menerima Kritik dan Saran
    Saat kamu berhasil menciptakan sebuah desain, cobalah pamerkan pada orang lain yang sama-sama mengerti tentang ilmu desain. Mintalah kritik dan saran darinya agar kamu bisa terus berkembang dan bisa memahami desain atau gaya seperti apa yang memiliki banyak peminat di masyarakat.

Buat kamu yang ingin belajar design dan technology di perkuliahan, maka BINUS @Bandung adalah solusi dan pilihan yang sangat tepat. Bersama BINUS @Bandung, kamu bisa mengasah kreativitas sekaligus mempelajari teknologi yang dipakai dalam industri agar siap berkarir di dunia design grafis.

Cek informasi tentang BINUS @Bandung langsung ke Link Berikut untuk lebih jelasnya.