Belajar Desain Berbasis Teknologi: Pengertian Model-Model Desain Pembelajaran, Cara Memulai Dan Tips

Belajar desain berbasis teknologi sudah menjadi keharusan bagi para desainer. Saat ini, menggabungkan skill desain, seni, tipografi, ilustrasi untuk membuat desain grafis sangat penting untuk publikasi secara online. Desain berbasis teknologi sering disebut teknologi desain grafis yang terdiri dari berbagai keterampilan dan disiplin ilmu dalam produksi dan keluaran desain grafis. 

Keberagaman keterampilan yang dibutuhkan dalam industri ini sangat luas. Para desainer tentunya adalah spesialis dalam aspek seni. Keberadaan teknologi untuk mendukung desain grafis memudahkan mereka dalam menciptakan karya dan menjangkau klien sebanyak-banyaknya. 

Peluang kerja dalam industri kreatif global kini semakin luas. Para desainer berbasis teknologi bisa menjadi pekerja lepas, pemilik bisnis, atau bekerja di perusahaan periklanan, pemasaran, desain, atau percetakan. Mereka juga dapat menjadi spesialis desainer grafis, web developer, digital printing, pembuat iklan dan membuat logo dan semacamnya.

Kenali Proses Belajar desain berbasis teknologi? 

Bukan rahasia lagi bahwa desain berbasis teknologi merupakan aspek penting dari kesuksesan sebuah perusahaan. Kini, seorang desainer grafis harus belajar desain digital. Pada dasarnya, desain grafis merupakan seni dan praktik perencanaan untuk memproyeksikan ide dan pengalaman melalui konten visual dan tekstual.

Intinya, desain grafis sama dengan komunikasi dalam bentuk visual. Seorang desainer grafis harus dapat adalah membuat konten visual yang mengkomunikasikan ide dan pesan secara efektif. Desain grafis yang ‘berbicara’ menggunakan elemen desain visual seperti warna, tekstur, garis, bentuk, ukuran, dan ruang putih untuk menyampaikan pesan dengan cepat dan meyakinkan kepada pemirsa.

Beberapa jenis desain grafis adalah desain merek atau logo, ikon, kemasan, editorial, iklan dan sebagainya. Saat ini, desain grafis bergeser menjadi desain berbasis teknologi atau desain digital. Desain grafis digital merupakan segala jenis desain grafis yang ditampilkan pada perangkat dan platform digital seperti aplikasi seluler atau halaman web versus media cetak. 

Seorang desainer digital tentu telah belajar desain berbasis teknologi untuk menciptakan animasi interaktif, klip video, rekaman audio, efek suara, dan pemodelan 2D atau 3D untuk menyampaikan pesan kepada audiens yang mereka targetkan. Tentu, ada kemudahan lebih bagi seorang desainer digital. Mereka dapat mengukur keberhasilan seni digital mereka dengan melacak respon baik dari LIKES, SHARE, COMMENT, atau unduhan. Desainer digital berpengalaman dapat meneliti masalah yang ingin mereka pecahkan untuk audiens yang mereka targetkan. 

Dengan demikian, mereka dapat menciptakan desain yang interaktif dan inovatif dengan tujuan menggerakkan emosi penonton. Saat ini, desain digital juga berkembang pada aplikasi seluler, kanal media sosial, website, dan semacamnya. Mayoritas desainer digital kini lebih berfokus pada desain web karena prospek kerja yang menjanjikan. 

Desain web yang bagus itu penting karena mayoritas konsumen berpendapat bahwa situs web e-commerce yang mereka tuju biasanya karena desain yang menarik. Desain situs web juga membantu penentuan peringkat di mesin pencari. Dengan demikian, website dapat meningkatkan kredibilitas sehingga posisinya dapat menonjol di kalangan kompetitor. 

Cara Mulai Belajar Desain Teknologi 

Jadi, belajar desain berbasis teknologi juga sangat penting karena nantinya peluang mendapatkan proyek atau pekerjaan akan semakin mudah. Cara belajar desain berbasis teknologi juga mudah yaitu: 

  1. Mempelajari dasar-dasar desain digital
    Biasanya, desainer grafis pasti ingin belajar desain digital. Mereka telah harus memiliki pemahaman yang kuat sehingga tinggal mempelajari prinsip desain digital. Pada dasarnya, prinsip desain digital sama yaitu penggunaan elemen seperti warna, kontras, hierarchy , balance, dan proporsi secara efektif.
    Belajar desain digital melalui tutorial online memang banyak. Tetapi, lebih baik belajar di jurusan yang mumpuni seperti desain komunikasi visual di universitas terkemuka. Dengan demikian, pemahaman akan membuat desain bisa lebih mendalam. 
  2. Mengembangkan Kemampuan
    Selain memahami dasar-dasarnya, tentu calon desainer digital harus mulai mengembangkan kemampuan visual. Beberapa platform pekerja online seperti Dribbble menunjukkan perkembangan tren desain terkini. Tetapi, tidak menutup kemungkinan seorang desainer akan menghasilkan desain mereka sendiri. 
  3. Investasi Pada Alat Yang Tepat
    Tentunya memiliki perangkat keras dan lunak yang tepat adalah keharusan. Kemahiran mengoperasikan perangkat lunak desain grafis sangat penting. Untuk pemula, gunakan beberapa perangkat lunak desain grafis yang gratis sebelum berinvestasi pada alat yang lebih canggih.
    Berlatih menggunakan CorelDraw, atau Vecteezy dapat menjadi alternatif. Setelah itu, gunakan Adobe Illustrator yang lebih canggih. Perangkat lunak ini paling banyak digunakan di berbagai industri.
  4. Membangun Kerangka Kerja
    Seorang desainer pasti memiliki spesialisasi, apakah di bidang logo perusahaan, banner, atau semacamnya. Pastikan dengan membuat contoh karya. Tawarkan layanan desain kepada teman, keluarga untuk mempraktikkan keterampilan desain grafis serta menyempurnakan proses desain secara keseluruhan.
    Cari ide dari berbagai inspirasi. Kembangkan ide-ide tersebut melalui berlatih secara terus menerus. Gali inovasi dari berbagai desainer digital yang lebih berpengalaman. 
  5. Buat Portofolio
    Setelah membuat beberapa logo, buat portofolio. Langkah ini menjadi salah satu proses belajar desain berbasis teknologi. Pilih platform seperti Dribble untuk membagikan karya dimana jutaan orang mengakses website ini. 

BINUS @Bandung hadir dengan jurusan Interactive Design & Technology yang diperuntukan bagi kalian yang berminat untuk mendalami desain berbasis teknologi. Program studi terakreditasi internasional ini unggul dalam menyelenggarakan pendidikan sistem informasi tingkat tinggi. Kalian dapat menjadi desainer spesialis bisnis-IT yang dapat bersaing secara global. 

Jadi, pastikan pilihan kalian untuk belajar desain berbasis teknologi di jurusan Interactive Design & Technology di BINUS @Bandung. Jadilah salah satu dari BINUSIAN kreatif yang telah sukses membangun bisnis digital dengan keahlian yang mumpuni. 

Jangan tunda! Segera daftar dengan klik link berikut