Pada Agustus 2023, BINUS University mengadakan Summer Program yang diikuti oleh seluruh cabang kampus BINUS University dan juga peserta internasional berupa mahasiswa yang berasal dari Malaysia, Taiwan, dan Vietnam. Summer Program bertujuan untuk meningkatkan wawasan peserta dalam hal mengenal keunikan dari budaya Indonesia yang beragam dan juga pengetahuan akan pentingnya teknologi melalui kunjungan ke industri, sekaligus membentuk jaringan sosial antar para peserta dalam meningkatkan sifat empati sosial dalam mengeksplorasi potensi pribadi di masa depan.

Summer Program 2023 Student Mobility Jakarta-Semarang

     Summer Program dipecah menjadi 2 bagian, yaitu kunjungan ke Jakarta dari tanggal 14–19 Agustus 2023 dan kunjungan ke Semarang dari tanggal 22–26 Agustus 2023. Fase 1, Kunjungan ke Jakarta hari pertama, para peserta disuguhi dengan kunjungan ke Balai Kota Jakarta untuk mengikuti pertemuan yang membahas projek Jakarta Smart City mengenai optimisasi penggunaan teknologi dalam memecahkan tantangan yang kompleks seperti polusi kota ataupun CoVid-19. Pada hari kedua, peserta diajak untuk mengunjungi Danau Lebak Bulus di Alam Sutera yang tidak jauh dari BINUS @Alam Sutera. Pada area tersebut, peserta melaksanakan kegiatan penanaman tanaman.

     Hari ketiga kunjungan ke Jakarta diisi kegiatan bebas para peserta untuk eksplorasi kota Jakarta. Pada hari keempat, yaitu 17 Agustus 2023 yang juga merupakan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), para peserta dibawa untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk melihat berbagai pameran kebudayaan tradisional Indonesia. Di TMII, para peserta juga dibawa untuk mengunjungi Teater IMAX Keong Mas dalam rangka menonton kesenian budaya Indonesia. Hari kelima, peserta mengunjungi dan bermain di Pantai Pasir Putih PIK (Pantai Indah Kapuk). Hari terakhir di Jakarta, tanggal 19 Agustus 2023, seluruh peserta mengunjungi Kampus Bekasi BINUS University untuk merayakan selesainya Summer Program fase 1, yaitu kunjungan ke Jakarta.

     Summer Program fase 2, yaitu kunjungan ke Semarang dimulai pada tanggal 22 Agustus 2023 dan diisi dengan perjalanan dari 2 lokasi, yaitu Jakarta & Malang yang sama-sama menuju ke Semarang. Sebagai pembukaan, pada hari pertama para peserta tiba di Kampus Semarang BINUS University untuk mengikuti kegiatan sambutan dan pembagian kelompok untuk perjalanan di hari berikutnya.  Hari kedua, para peserta dibawa mengunjungi salah satu pabrik milik PT. NISSIN Food Indonesia untuk melihat teknologi yang diterapkan di industri makanan sehingga para peserta bisa memperoleh pandangan baru kegunaan teknologi yang tidak terbatas hanya pada perangkat kecil. Di hari yang sama, para peserta juga dibawa untuk mengunjungi Kota Lama (Old Town) Semarang untuk bisa melihat arsitektur jaman terdahulu dari kota Semarang.

     Hari ketiga kunjungan ke Semarang, para peserta dibawa ke Desa Kenteng, Bandungan dengan tujuan membuka jendela pengalaman untuk para peserta melihat secara langsung bagaimana masyarakat desa tradisional bekerja dan berinteraksi di dalam kehidupan sosial sehari-hari. Beberapa kegiatan tersebut berupa kunjungan ke pabrik batik tradisional, masuk ke dalam perkebunan bunga & sayur, dan kunjungan ke tempat pembuatan kue tradisional. Hari keempat, para peserta diajak mencicipi makanan khas Semarang, yaitu Soto Semarang. Sisa dari hari keempat merupakan acara penutup Summer Program 2023 fase 2 kunjungan ke Semarang yang diisi dengan kegiatan religius, menyaksikan kesenian, dan kegiatan bebas. Hari kelima, tanggal 26 Agustus 2023, seluruh peserta berangkat meninggalkan kota Semarang untuk kembali ke area tujuan masing-masing. Melalui kegiatan ini para peserta bisa melaksanakan rekreasi sembari refleksi diri dalam usaha untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Besar harapan para peserta pada waktu yang akan datang, BINUS akan kembali mengadakan kegiatan ini atau membuat kegiatan serupa dalam mengembangkan wawasan para generasi muda sembari menjelajahi potensi yang dimiliki.