Apa itu Bisnis Konsultan, Beserta Fungsinya dalam Suatu Perusahaan

Bukan hanya pemilik usaha yang harus mengetahui apa itu bisnis konsultan, tetapi juga para calon mahasiswa yang hendak mengambil jurusan Business Management atau Creativepreneurship. Bisnis konsultan dapat membantu sebuah perusahaan dalam meningkatkan kinerja sekaligus membuat perubahan yang perlu dalam meraih keuntungan.

Pentingkah Menyewa Bisnis Konsultan?

Selain mengetahui definisi apa itu bisnis konsultan, pemilik bisnis juga harus punya alasan mengapa mereka wajib punya pertimbangan dalam menyewa konsultan. Bisnis konsultan menawarkan berbagai layanan seperti pengidentifikasian masalah, menjadi pengisi sesi training karyawan, menawarkan keahlian yang belum dimiliki perusahaan, dan sebagainya. 

Bisnis konsultan biasanya memberikan saran untuk departemen tertentu yaitu marketing, teknologi informasi dan sumber daya manusia atau HRD. Pada dasarnya, menjadi bisnis konsultan atau mendirikan perusahaan dengan jasa ini akan menawarkan keuntungan besar. Mayoritas perusahaan pasti membutuhkan bantuan untuk mengembangkan beberapa departemen. 

Tak heran, banyak calon mahasiswa yang ingin memilih jurusan Business Management karena mereka paham bahwa kebutuhan perusahaan akan lulusan jurusan ini sangat tinggi. Namun, tentunya mahasiswa harus memilih kampus dengan reputasi terbaik. Dengan demikian, mereka dapat lebih percaya diri saat hendak melamar pekerjaan atau menawarkan jasa bisnis konsultan secara independen. 

Bisnis konsultan memberikan jasa konsultasi manajemen dalam membantu organisasi untuk meningkatkan kinerja yang efisien untuk hasil efektif. Tim bisnis konsultan profesional dapat menganalisis bisnis serta menciptakan solusi untuk perusahaan dalam mencapai tujuan.

Fungsi Bisnis Konsultan

Pada umumnya, bisnis konsultan melakukan fungsi-fungsi penting sebagai berikut: 

  1. Eksplorasi
    Langkah pertama yang dilakukan bisnis konsultan adalah eksplorasi untuk mempelajari bisnis klien. Seorang profesional meluangkan waktu untuk belajar tentang perusahaan klien mereka sedetail mungkin, terkait dengan latar belakang pemilik, aset, serta jumlah karyawan. Bisnis konsultan akan melakukan melakukan eksplorasi dalam hal fasilitas kantor, pertemuan dengan direksi sekaligus karyawan, menganalisa keuangan, dan juga mengenal proses produksi atau pengelolaan jasa. 
  2.  Evaluasi
    Fase kedua ini dilakukan pasca bisnis konsultan mengembangkan pemahaman komprehensif terkait dengan perusahaan. Evaluasi ini ditentukan untuk identifikasi perlunya adanya perubahan. Selain itu tahapan ini adalah untuk melakukan identifikasi kekuatan serta kelemahan perusahaan saat ini hingga jangka panjang.
    Evaluasi juga mencakup masalah yang telah ada sekaligus identifikasi masalah baru. Tidak cukup dengan identifikasi, tentu bisnis konsultan juga harus menemukan solusi untuk masalah yang sudah teridentifikasi. Dengan demikian, perusahaan dapat mengembangkan bisnis sekaligus meningkatkan profit dengan tetap mengedepankan efisiensi.
    Elemen penting selama proses evaluasi adalah komunikasi intens dan umpan balik. Komunikasi antar anggota tim dan bisnis konsultan harus detail dan terbuka sehingga masalah cepat terselesaikan. Sedangkan feedback atau umpan balik harus dapat diterima semua staf sebagai kritik yang membangun.
  3. Penerapan
    Penerapan dilakukan setelah terjadi kesepakatan antara perusahaan dan pihak bisnis konsultan dari hasil evaluasi. Tahapan ini melibatkan pembangunan aset yang belum ada dan perbaikan yang dibutuhkan. Penerapan ini dilakukan sekaligus dengan memantau progress implementasi tersebut serta menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Macam-Macam Bisnis Konsultan 

Bisnis konsultan selalu memiliki analisis kompetitif dalam mempelajari informasi yang terkait tentang pengembangan bisnis. Entah itu kondisi pasar yang sedang naik atau lesu, peluang baru, serta inovasi dalam industri.

Jenis bisnis konsultan terdiri dari berbagai macam, yaitu: 

  1. Bisnis Konsultan Manajemen
    Bisnis konsultan manajemen dapat menawarkan strategi industri kepada pemilik bisnis. Dengan demikian, sebuah industri dapat meningkatkan kualitas produksi, mendapatkan peluang baru, serta mendorong pendapatan. Jika perlu, pemilik bisnis justru harus mengatur ulang model bisnis demi menghemat biaya tetapi juga meningkatkan produksi. Bisnis konsultan manajemen juga dapat menyarankan peluang membuka usaha bisnis baru yang mendukung atau bergabung dengan bisnis lama. 
  2. Bisnis Konsultan Operasional
    Bisnis konsultan operasional dapat membantu pemilik bisnis meningkatkan kegiatan operasional dengan cara menginventarisasi model bisnis. Konsultan mencari cara terbaik dalam menghasilkan hasil berkualitas tinggi dengan biaya dan waktu lebih sedikit. Bisnis konsultan juga membantu pemilik bisnis mengontrol kualitas serta memahami cara mengoptimalkan produksi untuk hasil yang terbaik dengan waktu sangat efisien.
  3. Bisnis Konsultan keuangan
    Seorang bisnis konsultan keuangan bertugas untuk membantu pemilik bisnis dalam keputusan investasi, trik menangani aset serta hutang bisnis. Bisnis konsultan keuangan memiliki spesialisasi lebih tinggi, termasuk perencanaan keuangan dan pajak, cash flow, dan rencana keuangan jangka panjang.
  4. Bisnis Konsultan SDM
    Biasanya, bisnis konsultan ini bergerak sebagai perusahaan outsourcing. Mayoritas perusahaan memilih opsi ini karena pemilik bisnis dapat lebih mudah dalam menyeleksi SDM. Proses rekrutmen dan seleksi dilakukan bisnis konsultan sehingga pemilik bisnis tidak membuang waktu untuk proses rekrutmen, seleksi dan wawancara. 
  5. Bisnis Konsultan Pemasaran
    Bisnis konsultan pemasaran membantu tim marketing dalam mengembangkan brand awareness. Konsultan dapat mengusulkan strategi pemasaran online atau offline atau bahkan untuk merombak strategi yang sudah dijalankan. Intinya, konsultan pemasaran membantu perluasan jangkauan bisnis.

Bergabunglah di BINUS @Bandung untuk Karirmu yang Cemerlang!

Ingin menjadi seorang bisnis konsultan? Tentunya kamu harus memilih kampus yang tepat dengan jurusan yang menjanjikan lulusan yang menguasai manajemen bisnis dan entrepreneurship

Jurusan S1 Creativepreneurship di BINUS @Bandung adalah pilihan terbaik yang wajib kamu pertimbangkan. Kamu tidak hanya akan menjadi seorang bisnis konsultan dalam perusahaan tetapi juga memiliki jasa bisnis konsultan secara independen. Lulusan BINUS @Bandung terbukti memiliki daya saing terbaik dengan kemampuan entrepreneurship dalam mengelola bisnis.

 

Source 

https://mekari.com/blog/tugas-business-consultant/

https://glints.com/id/lowongan/business-consultant-adalah/