Mau Sukses? Ini 10 Manfaat Kuliah Jurusan Entrepreneur Di BINUS @Bandung

Menjadi seorang wirausaha atau entrepreneurship saat ini menjadi impian banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan berkembangnya start-up di Indonesia yang dari waktu ke waktu kian pesat. Namun untuk menjadi seorang wirausaha sukses tentu tak hanya dibutuhkan modal atau tekad. Dalam hal ini juga dibutuhkan keilmuan yang mumpuni. Apalagi di era teknologi seperti sekarang. 

Mempelajari ilmu wirausaha bisa didapat dari banyak sumber. Ada yang bisa dengan belajar langsung dari para pelaku bisnis atau para ekonom, atau bisa juga dengan mengikuti sekolah di perguruan tinggi. Ya, sekarang sudah cukup banyak perguruan tinggi yang memiliki kuliah jurusan entrepreneur, salah satunya adalah BINUS @Bandung. 

Bagi kalian yang ingin menjadi seorang entrepreneurship sukses dan bingung dimana tempat terbaik untuk mendapatkan ilmu, maka BINUS @Bandung bisa menjadi jawaban. Nah, apa kelebihan kuliah jurusan entrepreneur BINUS @Bandung dengan yang lain? Berikut ulasannya. 

Keuntungan Mengambil Jurusan Kuliah Entrepreneurship BINUS @Bandung

Sebelum beranjak lebih jauh apa kelebihan kuliah jurusan entrepreneur di BINUS @Bandung, lebih baik kita bahas dulu apa saja keuntungan memilih jurusan entrepreneurship

  1. Memperluas koneksi
    Salah satu hal yang paling penting dalam bisnis adalah koneksi. Seorang pebisnis yang tidak memiliki koneksi akan kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Koneksi ini juga akan membantumu untuk menambah wawasan baru hingga meningkatkan profil bisnis. Selain itu koneksi yang baik juga sangat memungkinkan untuk menciptakan inovasi dan ide baru. 
  2. Melatih analisis atau pola pikir seorang wirausaha
    Pola pikir antara seorang wirausaha tentu berbeda dengan mereka yang bekerja kantoran. Seorang wirausaha harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi serta kemampuan analisis dan mindset yang luas dalam pengambilan keputusan.
    Ketika kamu kuliah di jurusan entrepreneurship, kamu tak hanya belajar teori tentang metode bisnis, namun kamu juga bisa mempraktekkannya langsung. Kamu bisa mulai dengan mengikuti kompetisi, mengikuti kelas atau mengikuti expo yang diadakan. Dengan mempraktekan secara langsung, kamu akan belajar cara untuk menganalisa hingga mempertahankan bisnis. 
  3. Uji coba memiliki usaha sendiri
    Ketika kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan belajar untuk memiliki usaha sendiri. Kamu bisa mulai dengan mengatur bisnis skala kecil terlebih dulu untuk kemudian mengenal target pasar hingga melakukan teknik marketing dan menganalisa potensi positif dan negatif dari pengembangan usaha tersebut. 
  4. Membantu mengenalkan gaya bisnismu
    Setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda, hal ini juga berlaku untuk bisnis. Ketika kamu terjun langsung dalam dunia bisnis selama masa kuliah, kamu akan banyak belajar untuk menganalisa kiar-kira sektor apa yang cocok dengan dirimu. Kamu juga akan mulai memahami hal positif dan negatif dari karakteristik bisnismu. 
  5. Meningkatkan taraf hidup masyarakat
    Ketika kamu belajar menjadi seorang entrepreneur, artinya kamu juga akan memiliki mindset untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarmu. Kenapa? Dalam mindset seorang pebisnis sukses, tujuan utamanya tak hanya menghasilkan banyak uang, namun juga dorongan untuk menciptakan lapangan kerja, memimpin sebuah bisnis, serta menjadi pimpinan dalam lingkungan global.
    Ketika kamu mempelajari bisnis dengan baik, maka akan lebih mudah dalam mempertahankan bisnis tersebut dalam waktu yang lama. Selain itu hal ini juga mampu meningkatkan taraf hidup orang disekitarmu. 
  6. Bisa buka usaha dimana saja
    Ketika kamu telah tahu ilmunya, maka tempat bukanlah hal yang jadi kendala. Apalagi saat ini kamu hidup di era digital. Dukungan gadget yang tepat dan ilmu yang tepat jelas membuatnya kian mudah.

Kelebihan Kuliah Jurusan Entrepreneur di BINUS @Bandung

Era digital menjadi sebuah momok bagi para pengusaha dalam mengembangkan sayap mereka. Namun hal tersebut tidaklah menjadi masalah ketika kamu memiliki bekal ilmu yang cukup untuk menghadapinya. Kuliah jurusan entrepreneur BINUS @Bandung dijamin memberikanmu banyak ilmu baik teori maupun praktek yang mampu menunjang kesuksesanmu. 

Selain itu ada beberapa hal lain yang akan membuatmu tak menyesal sudah kuliah di BINUS @Bandung jurusan entrepreneurship. Berikut diantaranya: 

  1. Fokus terhadap kreativitas dan inovasi
    Jika kamu tidak ingin ketinggalan tren serta arus bisnis, maka butuh kreativitas serta inovasi yang tinggi. BINUS @Bandung memberikan ekstra penekanan pada berbagai aspek yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi. Penekanan akan aspek tersebut tentu akan sangat dibutuhkan dalam memulai sebuah usaha semisal start up
  2. Memiliki pembekalan aspek yang lengkap
    BINUS @Bandung tak hanya mewajibkan mahasiswanya belajar teori namun juga memberikan banyak pelajaran praktek. Kurikulum pelajaran sangat bervariasi mulai dari segmentasi target pelanggan, perencanaan jalur distribusi serta logistik, dan juga penciptaan hubungan baik dengan pelanggan ataupun rekan. 
  3. Menciptakan jiwa pebisnis
    Seorang pengusaha haruslah pandai menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar. Dalam aktivitas bisnisnya mereka juga wajib memberikan kontribusi agar menghindari timbulnya kerugian di sekitarnya. 
  4. Dibekali kemampuan untuk menciptakan strategi bisnis
    BINUS @Bandung membekali mahasiswanya untuk menempatkan strategi yang sesuai dengan era digital. Adapun aspek yang dicakup disini mulai dari pencarian bahan atau sumber daya, logistik, distribusi, produksi, layanan hingga manajemen toko. 

Dari beberapa ulasan diatas, sudah dipastikan jika kuliah jurusan entrepreneur di BINUS @Bandung akan membantumu meraih sukses menjadi wirausaha di era digital. Tak hanya memberikan pengajaran yang jempolan, BINUS @Bandung juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk membantu pengajaran. 

Jadi, apakah kamu ingin menjadi seorang pebisnis yang kreatif dan inovatif di era digital? Kuliah di BINUS adalah jawabannya. Tunggu apalagi . Segera daftarkan dirimu sekarang!

Source:

https://podomorouniversity.ac.id/kuliah-entrepreneurship/https://binus.ac.id/2021/04/keunggulan-jurusan-kuliah-entrepreneurship-untuk-hadapi-era-digital-4-0/