Lakukan 5 Hal Ini Supaya Brand UMKM Kamu Dikenal Luas

Bisnis UMKM merupakan bisnis yang tidak membutuhkan modal besar dan relatif mudah untuk dimulai ketimbang sektor lainnya. Karena itu tidak heran, ada banyak sekali pelaku usaha UMKM yang muncul setiap tahunnya di Indonesia. Banyaknya pemain di skala ini membuat pemilik bisnis harus pintar-pintar melakukan proses branding agar brand UMKM bisa bersaing secara sehat.

Nah, untuk kamu yang sedang atau akan membangun bisnis berskala, mikro, kecil hingga menengah, lakukan 5 hal ini supaya brand kamu lebih dikenal luas.

1. Ketahui Target Audiens Branding

Sama seperti ketika akan melakukan riset pasar, mengetahui target audiens yang dituju dari proses branding adalah hal yang penting. Kamu harus paham lebih dulu bagaimana demografi audiens yang dituju, bagaimana karakter, serta kebutuhan mereka. Dengan begitu, kamu dapat menyusun strategi yang relevan dengan audiensmu.

Cara mengetahui target audiens dapat kamu lakukan dengan menganalisis siapa target audiens dari kompetitormu di pasaran. Sehingga kamu jadi punya gambaran awal tentang target audiens produk atau jasa yang kamu tawarkan.

2. Bangun Keunikan dan Identitas Brand UMKM Kamu

Untuk bisa meninggalkan kesan pada konsumen, kamu harus membangun identitas dan ciri khas yang unik dari produkmu. Identitas yang orisinil dan otentik akan membuat produk kamu berbeda dari kompetitor, sehingga lebih mudah diingat oleh konsumen.

Semakin unik ciri khas yang dimiliki sebuah produk akan membuat konsumen semakin mudah mengidentifikasinya. Hal ini juga mendorong konsumen untuk merekomendasikan produk kamu pada kenalan mereka.

3. Ikut Event

Hal ketiga yang bisa kamu lakukan agar brand UMKM milikmu dikenal banyak orang adalah dengan mengikutsertakannya di banyak event. Kamu bisa menjadi sponsor acara-acara yang mengundang banyak orang atau menjadi peserta pameran atau bazar. Ketika para pengunjung event tersebut melihat logo produkmu, secara tidak langsung akan menjadi sarana promosi yang akan membantu branding produk yang kamu miliki.

Menjadi peserta bazar atau pameran juga bisa jadi ajang untuk mengenalkan produk pada target yang lebih heterogen. Calon konsumen yang mencoba secara langsung dan merasa puas, akan lebih mungkin untuk merekomendasikan produkmu ke orang yang mereka kenal.

4. Lakukan Pendekatan Lebih pada Konsumen

Tidak ada sarana yang lebih murah dan efektif ketimbang proses branding dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh konsumen yang puas dan terkesan dengan produk kita. Selain berusaha memberikan pelayanan pra dan purna jual yang baik, kamu juga bisa melakukan pendekatan lebih pada konsumen dengan memberikan tambahan edukasi.

Caranya misal jika kamu menjual produk atau jasa tertentu, kamu tidak hanya memaparkan mengenai keunggulan produk UMKM milikmu, tetapi juga memberikan edukasi dan tips-tips yang berhubungan.

5. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial kini telah menjadi sumber informasi yang diandalkan oleh warganet. Manfaatkanlah berbagai macam media sosial yang ada sebagai sarana branding yang efektif. Buat konten-konten yang menarik dan edukatif yang bisa membangun koneksi dengan target audiens produkmu. 

Kamu juga bisa menggunakan jasa influencer untuk membantu produkmu mendapatkan eksposur. Saat memilih influencer, kamu harus pastikan lebih dulu, bahwa pengikut si influencer memang merupakan target audiensmu. Selain itu kamu juga harus mengecek seberapa besar pengaruh si influencer terhadap opini dan keputusan para pengikutnya.

Nah, itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan agar brand UMKM kamu bisa dikenal luas. Jika kamu tertarik untuk mempelajari teknik branding lebih dalam, kamu bisa mempelajarinya di jenjang pendidikan tinggi. Salah satu perguruan tinggi Indonesia berkelas dunia yang bisa kamu pilih adalah BINUS UNIVERSITY.

BINUS @Bandung memiliki jurusan Creativepreneurship yang akan memberikan kamu pendalaman materi mengenai teknik branding dan hal-hal lain yang penting diketahui oleh seorang calon wirausahawan.

Dalam Program Creativepreneurship ini,  kamu akan dibekali ilmu-ilmu bisnis dan pemasaran yang diperlukan. Selain teori, mahasiswa juga dapat praktek langsung dengan cara magang. Tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu di Jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung!