Apa itu Entrepreneur, Contoh dan Kiat Suksesnya

Saat ini, hampir semua orang mengerti arti apa itu entrepreneur. Entrepreneur adalah wirausahawan atau pengusaha yang memiliki bisnis dan membuka lapangan kerja. Pengusaha merupakan individu yang membangun perusahaan atau bisnisnya sendiri dengan mencari keuntungan melalui produk atau jasa. 

Menarik untuk disimak bahwa pengusaha pasti harus mengambil risiko dengan menciptakan peluang. Seringkali, pengusaha memiliki satu industri atau bahkan lebih. Faktanya, banyak pengusaha yang memiliki banyak perusahaan dengan berbagai segmen berbeda.

Apa Itu Entrepreneur? 

Istilah entrepreneur diambil dari bahasa Perancis ‘entreprendre’, kata kerja dari ‘mengusahakan’. Istilah ini sangat umum digunakan dimana artinya adalah kewirausahaan. Atau bahkan, istilah entrepreneur jauh lebih mentereng dimana pelakunya adalah mereka yang inovatif dengan berbagai ide untuk memanfaatkan peluang.

Wirausahawan atau pemilik usaha biasanya sudah menghasilkan uang sejak usia sangat muda. Biasanya, mereka memulai usaha sendiri atau meneruskan usaha keluarga. Mereka memiliki pemikiran bahwa mereka harus bekerja untuk diri mereka sendiri.

Seorang entrepreneur harus mengerti tentang entrepreneurship atau kewirausahaan. Entrepreneurship merupakan kemampuan untuk menciptakan dan mengelola badan usaha untuk memperoleh keuntungan, sekaligus siap menerima ketidakpastian dalam bisnis. Disinilah tantangan seorang entrepreneur. 

Mendirikan usaha baru mungkin dapat dilakukan siapa saja. Tetapi apa itu entrepreneur sejati haruslah dapat melibatkan berbagai sumber daya, seperti sumber daya manusia, sumber daya alam serta modal untuk menghasilkan keuntungan. Namun, mereka pun harus siap dengan risiko yang menghadang. 

Visi entrepreneurship ditentukan oleh eksplorasi sekaligus pengambilan risiko yang harus dihadapi seorang entrepreneur. Mereka harus selalu mengikuti pasar global yang selalu berubah dan makin kompetitif dari tahun ke tahun. Seorang entrepreneur juga harus siap memperluas kesempatan untuk berkembang supaya usahanya profitable.

Peran Seorang Entrepreneur di Indonesia 

Di Indonesia, revolusi industri 4.0 semakin mengukuhkan peluang kerja yang berbasis teknologi. Dalam hal ini, para entrepreneur tentu harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga kemajuan perekonomian maju lebih pesat. Jika tidak, maka bisnis akan tergilas karena teknologi dapat mempercepat proses produksi yang berimbas pada percepatan perolehan pendapatan. 

Indonesia memiliki banyak sekali contoh pemilik bisnis yang bertahan dengan kesuksesan mereka selama puluhan tahun. Bahkan, mereka sudah membangun bisnis selama lebih dari setengah abad. Perusahaan mereka pun saat ini dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital. 

Pastinya, seorang entrepreneur bisa disebut sukses apabila mereka sudah mempertahankan bisnisnya selama puluhan tahun. Mereka tidak mendapatkan kekayaan secara instan dimana mereka sering berbagi kisah sukses, melalui perjalanan yang berliku. Tentunya, pembuktian mereka adalah perusahaan yang solid hingga bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Tentunya, lulusan universitas tidak boleh kalah dengan para entrepreneur kawakan yang masih sukses dengan berbagai bidang usaha yang mereka jalankan. Terlebih, mereka membangun bisnis sejak nol beberapa dekade lalu dimana teknologi belum secanggih sekarang. Seharusnya, para entrepreneur muda harus dapat memanfaatkan teknologi untuk berinovasi sekreatif mungkin supaya dapat terus berkompetisi. 

Kisah sukses para pemilik usaha yang bertahan hingga lebih dari lima dekade tentunya sangat menginspirasi. Kesuksesan mereka tentunya bukan sekedar pengetahuan tentang apa itu entrepreneur, tetapi juga karena karakter yang harus dimiliki seorang entrepreneur sejati. 

Lalu, apa saja kiat sukses para entrepreneur sukses tersebut?

  1. Berpikir Sistematis
    Entrepreneurship bukanlah talenta terpendam. Entrepreneurship mencakup kegiatan bisnis yang dilakukan secara sistematis dan bertahap. Keterampilan harus dipadukan dengan pengetahuan sehingga seorang entrepreneur mencapai kompetensi tertentu.
    Entrepreneurship dapat dipelajari dimana kemampuan ini dapat dikembangkan melalui pendidikan formal sekaligus pelatihan. Proses terpenting adalah saat pengalaman kerja. Pemahaman tentang proses wirausaha sangat penting untuk menghilangkan mitos bahwa seorang entrepreneur sukses adalah mereka yang mewarisi perusahaan orang tua.
    Memang, banyak pemilik perusahaan yang mewarisi perusahaan orang tua. Tetapi, mereka bukannya hanya tahu konsep apa itu entrepreneur dan tidak belajar bisnis. Mereka bahkan terjun ke dalamnya sejak mereka sangat muda.
    Dari berbagai kisah sukses para pemilik bisnis raksasa, mereka sudah belajar berpikir sistematis. Dengan demikian, mereka sudah siap meneruskan usaha keluarga. Kemampuan berpikir sistematis ini bukan faktor keturunan melainkan kemauan dari individu yang memang ingin sukses berbisnis. 
  2. Mampu Beradaptasi
    Perkembangan bisnis selalu berubah. Para pengusaha yang tidak dapat beradaptasi tentunya akan kalah dengan kompetitor. Selalu ada tantangan baru setiap hari. Namun, tantangan tersebut menciptakan peluang baru.
    Memang, tidak mudah bagi seorang wirausahawan untuk mempersiapkan setiap rencana sekaligus , mengevaluasi nya. Mereka perlu memiliki kemampuan beradaptasi supaya bisnis mereka tidak terpengaruh oleh perubahan yang serba cepat ini. Kiat sukses menguasai pasar adalah dengan memiliki kemampuan menganalisis kompetisi secara cermat supaya dapat beradaptasi dengan tiap perubahan potensial.
  3. Bisnis Legal
    Memang poin ini terkesan konyol. Namun, tentu saja para calon entrepreneur tidak boleh main-main dengan legalitas usaha. Terkadang, ada individu yang ingin membenarkan kegiatan ilegal sebagai bentuk wirausaha dengan alasan bahwa harus ada risiko dalam sebuah usaha.
    Tujuan entrepreneurship adalah menciptakan nilai untuk keuntungan pribadi sekaligus masyarakat. Pemilik usaha tidak hanya memikirkan diri sendiri. Mereka pun merekrut karyawan dimana mereka juga harus mendapatkan kesejahteraan dengan cara legal. 
  4. Kemampuan Inovasi
    Pengusaha menghasilkan barang atau jasa yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi. Mereka perlu menerapkan inovasi. Inovasi adalah proses munculnya ide-ide baru untuk diterapkan ke dalam bisnis.
    Pengusaha harus mengevaluasi model bisnis saat ini terus-menerus sekaligus mengidentifikasi metode dan teknik terbaru. Tanpa inovasi, menjalankan bisnis secara lebih efisien dan efektif tidak akan terjadi. Bagi seorang entrepreneur sejati, inovasi dapat menghemat anggaran atau bahkan meningkatkan pendapatan.
    Bahkan, keduanya harus dapat diwujudkan melalui inovasi. Terlepas dari hasil akhir dari sebuah inovasi, kebiasaan memiliki ide baru tetap harus dipertahankan karena entrepreneurship harus kreatif untuk penciptaan nilai dari produk atau jasa yang diproduksi. Entrepreneurship harus kreatif dalam melibatkan inovasi produk sekaligus menemukan target pasar baru.
    Seorang wirausahawan juga harus memperhatikan input sumber pasokan supaya produksi tetap berjalan. Hal ini didukung dengan terobosan dalam hal teknologi supaya proses produksi lebih baik, lebih cepat serta lebih murah. Saat ini, seorang pemilik perusahaan juga dituntut untuk menerapkan konsep perusahaan yang environmentally friendly
  5. Berani Mengambil Risiko
    Inti dari kewirausahaan adalah kemauan untuk menanggung risiko. Tanpa keberanian tersebut, pastinya bisnis tidak berhasil. Pastinya, keberanian mengambil risiko ini harus dilakukan oleh tiap generasi.
    Penerapan ide-ide baru tentunya sangat berisiko. Seringkali, pengusaha tinggal di zona nyaman dengan berhenti berinovasi. Mereka khawatir dengan penurunan pendapatan jika mereka berspekulasi dengan ide-ide baru.
    Memang, implementasi ide baru bisa menghasilkan imbas positif atau bahkan sebaliknya. Disinilah tantangan seorang entrepreneur. Mereka yang memilih berprofesi sebagai wirausaha pastinya akan risiko lebih besar daripada mereka yang memilih berkarir sebagai karyawan.
    Misalnya, ketika seorang karyawan berhenti dari pekerjaannya untuk memulai usaha, dia mencoba menghitung apakah dia akan dapat memperoleh tingkat pendapatan yang sama atau tidak. Banyak orang berpendapat bahwa risiko meninggalkan karier yang mapan sangatlah tinggi.
    Namun, hal ini tidak berlaku bagi seorang wirausahawan sejati. Justru, risiko seperti ini telah diperhitungkan. Mereka sangat percaya diri dengan kemampuan mereka. Pemikiran sistematis sekaligus inovasi yang kreatif memampukan mereka untuk mengubah peluang menjadi kesuksesan.
  6. Pengaturan Proses Produksi Secara Cermat
    Bagi pemilik usaha yang bergerak di bidang produksi barang, mereka perlu kecermatan dalam mengatur proses produksi. Produksi memerlukan proses panjang dari pembuatan, lokasi pabrik, waktu yang digunakan selama proses, serta utilitas selama proses pembuatan. Belum lagi kecermatan dalam penyediaan sarana seperti gudang, ketersediaan tenaga kerja, modal, dan teknologi penerapan.
    Pengusaha harus tanggap dengan peluang bisnis yang ada dengan memobilisasi semua sumber daya menjadi produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Biasanya, pengusaha seperti ini sudah memiliki modal besar. Tetapi, bagi mereka yang belum memiliki modal, mereka harus berani menggandeng lembaga pendanaan supaya mendapatkan modal untuk menyediakan sumber daya untuk keperluan produksi.
    Pengetahuan tentang pengaturan proses produksi tidak mudah. Seorang wirausahawan harus cermat dalam menghitung apakah modal mereka sesuai dengan hasil yang didapat. Proses produksi tidak hanya membutuhkan modal besar, tetapi juga kemampuan bernegosiasi.

Berani Hadapi Tantangan? Bergabunglah di Jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung!

Para calon mahasiswa yang tertantang untuk meraih sukses besar sebagai entrepreneur sejati harus paham apa itu entrepreneur. Mereka dapat memilih jurusan S1 Creativepreneurship BINUS @Bandung. Mereka tidak hanya mendapatkan keahlian melalui kurikulum berbasis industri kreatif, tetapi juga pengaplikasiannya melalui kemampuan berinovasi dan problem solving atau memecahkan masalah. 

Jadi, jangan hanya tahu apa itu entrepreneur. Jadilah seorang entrepreneur sejati dengan menempuh jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung. Daftar langsung dengan klik disini untuk menjadi bagian dari BINUS.

Ingat, lulusan Creativepreneurship BINUS @Bandung tidak hanya handal sebagai pemilik bisnis, tetapi juga mampu menciptakan inovasi yang kreatif untuk produk atau jasa yang mereka tawarkan. 

Source

https://www.geeksforgeeks.org/what-is-entrepreneurship/

https://www.bbc.co.uk/bitesize/articles/z6dpxyc