Revolusi Komunikasi Visual Melalui SmartDraw

Menggambar bukan lagi hal yang sulit dengan aplikasi Smartdraw. Sesuai namanya, Smartdraw memberikan kemudahan bagi pengguna untuk merepresentasikan karya mereka. Aplikasi canggih ini menawarkan revolusi komunikasi visual bagi siapa saja. 

Smartdraw menjadi pilihan banyak mahasiswa dan juga para pegawai kantor sebagai sarana presentasi. Presentasi tersebut dapat berupa mind map, diagram, flowchart, bagan organisasi dan sebagainya. Smartdraw dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, baik untuk bisnis, hiburan bahkan juga untuk kebutuhan penyelidikan kejahatan. 

Kenali SmartDraw

SmartDraw merupakan perangkat lunak untuk membuat diagram dengan fitur yang mudah digunakan. Tidak banyak yang tahu bahwa aplikasi ini sudah ada lebih dari dua dekade. Bahkan, saat ini Smartdraw telah menjadi aplikasi terpopuler di kalangan perusahaan dari berbagai skala di seluruh dunia. 

Instalasi SmartDraw di komputer atau laptop juga sangat mudah. Proses instalasi cepat dimana pengguna dapat langsung memiliki akun. Setelah memiliki akun, pengguna dapat menggunakan lebih dari tujuh puluh jenis diagram.

SmartDraw berguna untuk berbagai kebutuhan seperti bisnis, teknik, dan juga desain pada umumnya. Bahkan, SmartDraw juga dapat membuat berbagai macam desain seperti data, tempat kejadian perkara, jaringan dan sebagainya. Semua kemudahan tersebut dapat dilakukan hanya melalui satu aplikasi saja. 

Komunikasi Visual Tercanggih 

Siapapun yang ingin menggunakan SmartDraw ternyata dapat memanfaatkan file-file lama. File-file tersebut tidak hanya file yang sudah mereka simpan melalui SmartDraw. Namun, jika mereka sudah menggunakan Visio atau Lucidchart, mereka dapat mengambil file-file yang sudah mereka simpan di akun tersebut. 

SmartDraw memberikan fasilitas impor file dari Visio® atau Lucidchart. Pengguna pun tidak perlu mengulang pembuatan diagram atau gambar rumit yang sudah mereka buat sebelumnya. Bahkan, pengguna pun dapat menyempurnakan gambar yang sudah mereka buat dengan teknologi SmartDraw.

Apabila sebelumnya mereka sudah membuat diagram rumit, nantinya mereka dapat mengimpor dengan mudah melalui bentuk yang sudah ada di SmartDraw. Bahkan, SmartDraw juga dilengkapi dengan alat intuitif yang canggih. Menggambar apapun dapat dilakukan seperti menggambar secara otomatis. 

Pembuatan Gambar Secara Cepat dan Hasil Akurat 

Apabila Anda seorang mahasiswa yang selalu membutuhkan pembuatan gambar, baik itu diagram, bagan, scorecard, sertifikat, floor plan, flyer dan apapun, maka SmartDraw adalah pilihan platform terbaik. Bayangkan bahwa tersedia ratusan template untuk 70 jenis diagram berbeda. Kemudahan menggambar dapat mendukung studi Anda sebagai mahasiswa yang pastinya memiliki banyak tugas. 

Anda bahkan dapat melakukan format otomatis dengan mudah dan cepat. Tata letak sempurna dalam hitungan menit dapat Anda lakukan tanpa kesulitan. Tentunya, hal ini mempermudah Anda yang harus mengerjakan tugas kuliah, atau sedang bekerja sebagai desainer paruh waktu untuk perusahaan besar. 

SmartDraw juga menyediakan simbol serta template bawaan dalam jumlah ribuan. Semuanya itu dapat dimanfaatkan untuk membuat desain melalui integrasi canggih dengan alat yang sudah Anda miliki, baik dari file komputer ataupun dari Google Drive serta platform lain seperti . Dropbox®,™ Microsoft Office®, dan OneDrive®. 

 

Fitur Utama SmartDraw yang Paling Banyak Digunakan untuk Semua Profesi

SmartDraw tentunya mendukung banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan pembuatan diagram yang cepat dan akurat. Beberapa jenis diagram yang sering digunakan untuk berbagai profesi adalah sebagai berikut: 

  • Mind Mapping
    Mind Mapping sangat diperlukan, tidak hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk para guru dan dosen serta dan di berbagai industri. Mind mapping sering digunakan mahasiswa yang ingin mempraktekkan serta menyempurnakan teknik mereka dengan benar.  Melalui penggunaan SmartDraw, Anda tidak lagi harus bergantung hanya pada satu penyedia perangkat lunak yang menyediakan fitur Mind mapping.
    SmartDraw memudahkan Anda untuk mengintegrasikan file lama mind mapping Anda untuk disempurnakan melalui aplikasi ini. Anda dapat juga memanfaatkan template mind map baru yang sudah tersedia di SmartDraw. Di sini, tersedia berbagai template yang sudah dikembangkan sehingga memiliki fitur terperinci untuk digunakan di berbagai jenis pekerjaan.
    Masing-masing dari berbagai template mind map menawarkan berbagai pilihan fitur kepada pengguna. Fitur ini berkisar pada cara praktis pengguna dalam mendapatkan serta mengatur sebelum mengkomunikasikan ide serta informasi yang mereka susun mereka. Mind map dari SmartDraw dapat membantu pengguna membuat bagan sebagai brainstorming yang efektif.
    Tidak berlebihan jika pengguna mind map akan sangat puas dengan keberadaan template yang sangat banyak. Pilihan template yang ada terbagi dalam beberapa bagian yaitu marketing, IT Team Hub, Project Planning, dan Meeting. Masing-masing bagian tersebut masih menyediakan sub bagian untuk mind map secara detail.
    SmartDraw juga menyediakan mind map yang umum, seperti interview kandidat pegawai, tata acara pesta, dan sebagainya. User interface untuk membuat mind map juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik template dan mengisi kolom-kolom yang diperlukan. 
  • Flowchart
    Diagram atau flowchart selalu diperlukan dalam setiap bisnis. Diagram dapat meningkatkan efektivitas komunikasi serta menunjukkan apa yang perlu dilakukan dalam organisasi secara terencana. Diagram yang akurat serta lengkap harus tersedia sebagai representasi kondisi sebuah perusahaan
    Flowchart untuk bisnis memang sangat diperlukan untuk presentasi di berbagai bidang. SmartDraw memahami hal ini sehingga template flowchart yang tersedia sangat banyak. Pengguna pun dapat memilih jenis flowchart mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
    Anda pun pasti selalu membutuhkan flowchart untuk kebutuhan Anda dalam menyelesaikan tugas. Atau, mungkin Anda juga harus membuat flowchart di tempat Anda sedang bekerja paruh waktu. Flow chart yang tersedia di SmartDraw tidak hanya lengkap, tetapi juga dapat tersaji dengan menarik.
    Bayangkan, berapa jenis flowchart yang harus Anda buat, baik untuk makalah, e-book dan sebagainya. Anda pun pasti harus membuat presentasi dengan keberadaan flowchart. Tantangan Anda adalah membuat flowchart secara menarik. SmartDraw membantu Anda dengan desain 3D untuk flowchart yang juga hadir dengan pilihan warna menarik.
    Banyak alasan mengapa flowchart harus dibuat menarik dan kaya warna. Menurut peneliti dan psikolog, flowchart yang menarik akan lebih mudah diingat. Flowchart juga dapat membantu pembaca untuk mengurangi kebosanan membaca teks.
    Anda pun lelah jika harus mendengar presentasi dan membaca materi dalam bentuk teks. Pembaca akan lelah dan justru tidak paham jika mereka membaca terlalu banyak teks. Karena itulah, manfaatkan flowchart SmartDraw.
  • Balanced Scorecard
    Balanced Scorecard adalah kerangka kerja organisasi sebagai penerapan serta pengelolaan strategi di semua tingkatan perusahaan. kerangka dibuat dengan menghubungkan tujuan dan inisiatif strategi organisasi. Kartu skor memberikan pandangan perusahaan tentang kinerja organisasi secara keseluruhan. Integrasi yang digunakan adalah ukuran keuangan dengan indikator kinerja utama seperti perspektif pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan serta inovasi organisasi.
    Sebelum ada perangkat lunak canggih dalam pembuatan balanced scorecard, pembuatan balanced scorecard dilakukan dengan mencari referensi dari banyak buku, mencari seminar ataupun melakukan riset melalui internet. Bahkan, seringkali pemilik usaha menggunakan jasa pihak ketiga untuk membuatnya.
    Tentunya, proses tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama. Memang, pembuatan balanced scorecard tidak dapat dilakukan dengan instan. Perlu adanya pendekatan cepat sehingga penilaian dilakukan secara akurat.
    Tetapi, pembuatan balanced scorecard dengan metode lama sangatlah tidak efektif. Terlebih, dulu balanced scorecard dibuat melalui program Microsoft Excel atau PowerPoint. Padahal, balanced scorecard harus cepat dirilis serta selalu diperbaharui secara berkelanjutan.
    Tentunya, keberadaan template balanced scorecard dari SmartDraw akan sangat membantu Anda. Anda dapat menjelaskan hubungan sebab-akibat sehingga pembaca dapat menjalankan strategi yang selaras dengan perusahaan, sekaligus memberikan estimasi serta mekanisme umpan balik secara kontinyu. Koreksi yang dilakukan secara kontinu dapat mencapai strategi yang diinginkan perusahaan.
  • Healthcare
    Bahkan, SmartDraw juga memudahkan para mahasiswa kedokteran untuk menggunakan diagram Healthcare. Di sini, mereka dapat langsung memanfaatkan template yang terkait dengan kesehatan. Template terpopuler adalah ilustrasi anatomi tubuh, neurology, cancer, gangguan kesehatan, ortopedi, dentistry, dan bidang lainnya. 
  • Desain Interior
    Bagi mahasiswa jurusan desain interior, mereka pasti sangat terbantu dengan keberadaan SmartDraw. Tersedia template untuk landscape, baik yang benar-benar masih kosong, ataupun yang sudah memiliki denah rumah. Pilihan pun masih tersedia untuk residential landscape dan juga bangunan kantor.  Tidak hanya itu, SmartDraw juga menyediakan template desain untuk kebun, beranda, taman, area piknik dan juga kolam renang. 

Manfaatkan SmartDraw untuk Mendukung Studi di  Universitas BINUS @Bandung

Pastinya, semua mahasiswa BINUS @Bandung telah memanfaatkan SmartDraw. Mereka tidak hanya dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, tetapi juga melakukan revolusi dalam menampilkan komunikasi secara visual. Fasilitas lengkap SmartDraw sangat mendukung para mahasiswa BINUS @Bandung dalam menyelesaikan tugas secara cepat, akurat dan juga dengan hasil memuaskan.

Jadi, bergabunglah di BINUS @Bandung melalui Form pendaftaran untuk pencapaian karir yang cemerlang. Anda tidak hanya dapat belajar mata kuliah sesuai bakat dan minat, tetapi Anda dapat memanfaatkan kemudahan proses belajar sekaligus bekerja. Anda tidak hanya mendapatkan teori mumpuni, tetapi juga dapat mempraktekkannya. 

https://www.smartdraw.com/features/why-smartdraw.htm