Mengintip Keunikan di Museum Pendidikan Nasional Bandung

Museum Pendidikan Nasional Atau juga kerap disebut dengan Museum UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung adalah salah satu tempat wisata edukasi yang cocok untuk didatangi bersama putra putri ketika musim liburan tiba. Museum yang berada di antara Kota Bandung dan Lembang ini diprakarsai oleh Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata M.Pd serta mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Barat, yaitu H. Ahmad Heryawan, Lc.

Sesuai dengan namanya, museum ini memang tidak hanya digunakan untuk pusat penelitian, tetapi juga sebagai wahana sumber belajar dan pembelajaran dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Di museum ini, para pengunjung juga bisa melihat artefak atau peninggalan para pejuang Bandung dan juga masa lalu terkait pendidikan.

Lebih Jauh Tentang Museum Pendidikan Nasional

Tidak hanya sekedar menyaksikan peninggalan masa lalu, di Museum Pendidikan Nasional juga menyajikan ramalan situasi pendidikan yang terjadi di masa depan. Museum yang didirikan pada tanggal 2 Mei tahun 2015 ini seolah mengubah image museum yang identik dengan segala hal yang bersifat kuno dan antik menjadi sesuatu yang lebih interaktif, menyenangkan, dan menimbulkan minat belajar.

Museum yang dikelola oleh Universitas Pendidikan Indonesia Ini memang difungsikan untuk beberapa poin berikut.

  1. Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), sebagai perguruan tinggi yang ikut menjaga dan melestarikan warisan serta sejarah di bidang pendidikan.
  2. Sebagai tempat untuk menyimpan rekaman dari sejarah pendidikan nasional sekaligus tempat konservasi.
  3. Sebagai tempat edukasi di Bandung, yang mana bisa dijadikan sebagai tempat pusat penelitian, sumber belajar sekaligus pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan wawasan pendidik.

Pada dasarnya, manusia memang tidak mempelajari masa lalu, tetapi masa depan. Museum ini diharapkan tidak sekedar membuat para pengunjung melihat koleksi (something to see), tetapi juga mendorong mereka untuk melakukan sesuatu (something to do) sekaligus bisa berbagi pengalaman (something to share) dan membeli sesuatu sebagai kenang-kenangan (something to buy).

Pada intinya, Museum Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia ini merekam jejak sejarah pendidikan di Indonesia melalui edukasi, konservasi, riset, dan rekreasi. Sesuai dengan misi yang dibawa, museum ini memang didirikan sebagai bentuk dedikasi lembaga nirlaba yang leading and outstanding

Keunikan Museum Pendidikan Nasional Bandung

Pada waktu itu, Proses pembangunan dari museum dengan lima lantai ini menghabiskan anggaran hingga 45 M. Lantas, apa saja daya tarik dan keunikan yang ditawarkan dari museum yang terletak di Jalan Dr. Setiabudi no 229, Isola, Sukasari, Kota Bandung Provinsi Jawa Barat ini? Berikut informasi tentang apa saja yang bisa Anda nikmati di setiap lantai dari Museum Pendidikan Nasional ini.

Lantai 1

Saat pertama kali tiba di museum ini, Anda akan menyaksikan ruangan audio visual serta ruangan pameran yang tidak tetap di lantai satu. Di sinilah Anda akan memperoleh informasi yang sangat lengkap tentang Museum Pendidikan Nasional. Apabila ingin membawa kenangan atau souvenir untuk saudara dan teman yang ada di rumah, terdapat ruang cinderamata yang menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Bandung.

Di ruangan pendidikan zaman klasik juga terdapat berbagai hal menarik lain yang bisa Anda saksikan, seperti adanya diorama. Diorama ini menceritakan tentang sistem edukasi di zaman prasejarah mulai dari iptek, sosial budaya dan kepercayaan.

Untuk menambah kenyamanan bagi para pengunjung, area museum ini juga sudah dilengkapi display elektronik. Display ini merupakan tambahan informasi melalui foto digital elektronik dan  konvensional serta menyajikan video kehidupan tradisional dari masyarakat Indonesia. 

Daya tarik lain yang ditawarkan di lantai pertama ini adalah adanya komputer interaktif yang menampilkan aneka permainan dan kuis yang materinya berkaitan dengan segala hal yang terdapat di ruangan tersebut.

Lantai 2

Setelah puas di lantai pertama, selanjutnya Anda bisa melihat hal menarik lain yang terdapat di lantai 2. Ini adalah ruangan yang memperlihatkan perkembangan dari sejarah pendidikan di Indonesia dari masa ke masa sampai saat ini. Sejarah pendidikan ini dimulai dari zaman klasik, kolonial penjajah, awal kemerdekaan, sampai di masa reformasi.

Di sini Anda akan menyaksikan koleksi bentuk bangunan sekolah, cara belajar mengajar di dalam kelas, kurikulum, peta konsep pendidikan, alat tulis, ijazah, hingga biaya sekolah di masa kolonial sampai zaman mutakhir. Untuk melengkapi informasi Anda, di lantai 2 ini juga terdapat ruang riset, ruang pamer temporer, dan ruang perpustakaan.

Lantai 3

Perjalanan Anda selanjutnya adalah di lantai 3. Di lantai ini, terdapat pameran terkait sejarah pendidikan sekaligus sejarah guru dimulai dari zaman penjajah sampai pada masa reformasi. Jika putra putri Anda mulai terlihat bosan, maka terdapat permainan menarik di lantai ini berupa permainan puzzle yang berbentuk balok segitiga. Nantinya puzzle ini bisa disusun menjadi pelajaran di sekolah dari waktu ke waktu.

Selain permainan tersebut, terdapat juga pajangan patung lilin berjumlah tujuh buah yang memperlihatkan perubahan figur seorang guru dari zaman kolonial sampai sekarang. Tentu ini juga sangat menarik dan mungkin bisa membangkitkan gairah Anda untuk belajar.

Lantai 4

Setelah puas berjalan di lantai 3, selanjutnya menuju lantai 4. Di sini Anda bisa menyaksikan bagaimana perjalanan sejarah dari Universitas Pendidikan Indonesia sejak pertama berdiri pada tahun 1954 dengan nama PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru), sampai sekarang berubah menjadi UPI.

Gambaran masa depan Universitas Pendidikan Indonesia pun bahkan dipamerkan di sana. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat ruang sejarah Gedung Isola di masa perjuangan kemerdekaan Negara Indonesia sekaligus ruang pameran kontemporer.

Lantai 5

Setelah puas melihat sejarah Universitas Pendidikan Indonesia di lantai 4, saatnya melanjutkan perjalanan menuju lantai 5. Di lantai 5 inilah kesan museum yang ingin ditampilkan sebagai tempat belajar sekaligus menyenangkan untuk tujuan liburan sangat terasa.

Ketika lelah mulai terasa setelah menjelajahi seluruh lantai di museum, maka Anda bisa beristirahat di lantai 5 ini. Terdapat area taman yang sangat asri dengan cafe yang memiliki konsep outdoor yang bisa Anda singgahi sebelum memutuskan untuk pulang. 

Di sini Anda juga bisa menikmati sajian kuliner baik makanan maupun minuman sambil menikmati pemandangan yang sangat indah. Jika melihat ke arah utara museum ini, maka akan terlihat pesona Gunung Tangkuban Perahu, yang juga menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di Lembang.

Seperti fungsinya yang sudah disebutkan di atas, selain mengumpulkan warisan pendidikan dan kebudayaan, museum ini juga memperlihatkan dinamika pemikiran kritis pendidikan nasional sekaligus pendidikan para guru di Indonesia. Kehadiran museum ini diharapkan bisa mendukung program pemerintah tentang ‘cinta museum’. Selain itu, museum ini juga bermanfaat untuk menyukseskan provinsi Jawa Barat sebagai tempat tujuan wisata budaya dan pendidikan yang unik.

Informasi Menuju Museum Pendidikan Nasional Bandung

Jika sudah punya rencana liburan ke Museum Pendidikan Nasional yang berada di Bandung, maka pahami terlebih dahulu rute perjalanan yang akan diambil. Museum pendidikan ini sangat mudah dijangkau, baik itu kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Untuk Anda yang ingin kesana dengan kendaraan pribadi, maka bisa lewat Tol Pasteur ke arah Lembang melalui jalan Ledeng (Setia Budhi). Sementara bagi Anda yang ingin datang dengan memakai kendaraan umum, bisa menggunakan bus Damri dengan rute Terminal Leuwipanjang ke Ledeng.

Wajib Anda ketahui sebelumnya, museum ini dibuka setiap hari terkecuali hari Sabtu dan Minggu. Semantara untuk waktu dibukanya ialah pada pukul 09.00 hingga pukul 15.00, jadi aturlah waktu Anda sedemikian rupa agar bisa berwisata sekaligus belajar sepuasnya di sini.

Biaya yang harus dipersiapkan demi menikmati keseruan dari wisata Museum Pendidikan Nasional Ini sangatlah terjangkau. Untuk setiap pengunjung yang masuk hanya dikenai tarif sebesar Rp 5.000 per orang. Nilai ini tentu sangat murah jika dibanding pengalaman dan ilmu pengetahuan yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke sana.

Bagi Anda yang mencari kesempatan berkunjung ke museum yang dibarengi dengan waktu diadakannya suatu event atau kegiatan, maka bisa mencari info atau reservasi langsung ke kontak customer servicenya..

Selain berwisata ke Museum Pendidikan Nasional, Anda juga masih bisa berwisata ke tempat-tempat wisata lain yang jaraknya juga dekat dengan Museum Pendidikan Nasional. Di hari-hari berikutnya, Anda bisa berwisata dengan tema alam seperti Terminal Wisata Grafika Cikole, wisata Hutan Pinus Cikole Lembang Pal 16, Bandung Treetop Adventure, tempat wisata Ciwidey dan masih banyak lagi yang lainnya. Menyenangkan sekali tentunya liburan bersama keluarga ke museum yang kekinian seperti di Museum Pendidikan Nasional ini. Anda tidak hanya akan mengetahui sejarah pendidikan yang pernah terjadi di Indonesia, tetapi juga merasakan sensasi berwisata dengan cara yang menyenangkan. Segera rencanakan liburan Anda dengan baik agar mendapatkan waktu berlibur yang tepat dan berkualitas sebelum menjalani rutinitas harian seperti biasa.  Masih di daerah Bandung, di sana juga terdapat universitas ternama, yaitu BINUS @Bandung, universitas dengan fasilitas terlengkap. Untuk informasi pendaftaran kamu bisa mengisi Formulir pendaftaran BINUS @Bandung.

 

https://tempatwisatadibandung.info/museum-pendidikan-nasional-upi-bandung/

https://berita.upi.edu/museum-pendidikan-nasional-upi-destinasi-wisata-baru-kota-bandung/