Belakangan Chat GPT banyak dibicarakan dan bahkan menjadi perbincangan yang hangat bagi masyarakat dunia. Teknologi yang mulai dibuka untuk publik November 2022 lalu ternyata mampu menimbulkan respon yang sangat heboh di masyarakat. Bahkan disebutkan oleh Paul Buchheit (pencipta Gmail) jika teknologi dari OpenAI ini nantinya mampu mengalahkan Google. Nah, sebenarnya apa itu ChatGPT dan bagaimana cara pakai ChatGPT? Ulasan lebih jelasnya simak dibawah ini. 

Apa itu ChatGPT?

Kemunculan dari ChatGPT disebut membuat banyak ilmuwan dunia ketar-ketir. Kemampuan dari ChatGPT yang sangat luas hingga menerangkan segala macam hal di alam semesta. Mulai dari kemampuannya yang handal untuk menulis puisi, menulis makalah, menulis artikel penelitian, hingga menjelaskan mekanika kuantum. 

Istilah GPT sendiri merupakan kepanjangan dari Generative Pre-Trained Transformer yang artinya chatbot ini mampu memberikan respon jawaban yang sangat natural, sama persis seperti pengguna berbicara dengan manusia, bukan dengan robot. Nah, jawaban disini biasanya berbentuk teks yang dikeluarkan secara otomatis. 

Misalnya, Kamu sebagai pengguna memberikan perintah untuk membuat sebuah artikel. AI yang tersemat dalam ChatGPT kemudian akan mengelola apa yang jadi pertanyaanmu dan memberikan jawaban berupa teks artikel dengan gaya bahasa yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Nah, menariknya lagi, platform ini juga dibekali dengan pengenalan struktur bahasa serta teks yang benar sesuai dengan peraturan yang telah dibuat 

Tak hanya menulis artikel, namun Kamu juga bisa memberikan perintah mulai dari menulis esai, membuat musik, membuat puisi, mendeskripsikan benda, menjelaskan cara kerja, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara pakai ChatGPT? Sebelum mengetahui cara pakai ChatGPT, terlebih dulu kita ketahui cara kerjanya. Jadi cara kerja platform ini menggunakan algoritma serta menggunakan konten yang ada di internet untuk menciptakan hal baru baik berupa gambar, kode, teks atau video. Platform ini merupakan pengembangan dari GPT 3,5 yakni sebuah model bahasa alami yang mampu menghasilkan teks panjang dalam hitungan detik. 

Sementara ini ChatGPT memang masih memiliki banyak batasan, khususnya ketika melakukan perintah yang cukup rumit. Namun dengan perkembangan teknologi yang kian pesat bukan tak mungkin jika kelak teknologi ChatGPT mampu melakukan hal-hal yang menghebohkan. 

Perlu diketahui, jika awal uji coba ChatGPT ini banyak yang merespon dengan baik. Bahkan seminggu pertama sejak diluncurkannya ChatGPT, telah lebih dari 300 juta pengguna mencobanya. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pendiri dan juga CEO di OpenAI, Sam Altman. 

OpenAI mengemukakan jika model ChatGPT miliknya sengaja dilatih dengan teknik pembelajaran yang disebut RLHF atau Reinforcement Learning from Human Feedback. Cara kerjanya mesin ini mensimulasikan dialog lantas menjawab pertanyaan tindak lanjut. 

Selain mampu menjawab pertanyaan, ChatGPT juga memungkinkan untuk mengakui kesalahan, menolak permintaan yang tak pantas, serta mampu menantang premis yang keliru. Nah, menariknya lagi, ChatGPT akan memberikan jawaban atau respon dengan bahasa yang natural sehingga Kamu serasa tengah berkomunikasi atau bertukar pesan dengan manusia. 

Pengembangan tahap awal dari ChatGPT menggunakan pelatih AI manusia dengan banyak model percakapan pengembangan dari dua sisi (asisten AI dan pengguna). Dalam versi bot yang ditujukan untuk pengujian publik difokuskan tentang pemahaman  pertanyaan yang diajukan dari pengguna serta bagaimana respon jawaban berupa teks dalam sebuah format percakapan. 

Alat model ChatGPT seperti ini sangat bermanfaat untuk aplikasi di dunia nyata seperti pembuatan konten online, marketing digital, menjawab pertanyaan customer service, hingga membantu kode debug. 

Apa Kegunaan ChatGPT dalam kehidupan sehari-hari?

Dari ulasan diatas kita bisa menyimpulkan jika ChatGPT memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan yang aneh sekalipun dengan baik. Nah, tapi selain itu kira-kira apa saja kegunaannya yang lain? 

  1. Sebagai panduan resep
    Ketika kita sudah mengetahui cara pakai ChatGPT, maka kita pun sebenarnya juga bisa memanfaatkan kegunaannya yang ini. ChatGPT bisa digunakan ketika kita memasak. Chatbot akan memberikan saran resep untuk Kamu. Tak hanya itu, chatbot ini juga akan memandumu dalam proses memasak. Menariknya, jika Kamu ingin memasak dengan bahan tertentu, chatbot ini juga bisa mencarikannya untukmu. 
  2. Rencana untuk olahraga
    Menyewa pelatih untuk menemani olahraga memang pilihan tepat untuk membuat kita rutin berolahraga, namun nyatanya menyewa pelatih bukanlah hal yang murah. Nah, Kamu bisa memanfaatkan chatbot ini untuk mengganti peran pelatih olahraga. Chatbot ini tak hanya mengingatkanmu, namun juga memberikan berbagai informasi terkait latihan yang dibutuhkan. 
  3. Memecahkan soal matematika
    Bagi Kamu yang memiliki PR matematika dan kesulitan menjawab, tanyakan pada chatbot ini. Tak hanya soal sederhana saja, ChatGPT dibekali kemampuan untuk menjawab soal matematika yang sulit sekalipun. 
  4. Rekomendasi musik, film hingga acara TV
    Jika Kamu sering menggunakan pemutar musik dan tengah bosan dengan playlist milikmu, cobalah saran dari chatbot ini. Memang bisa saja jika rekomendasinya benar-benar baru, namun Kamu tetap bisa menyaringnya berdasarkan kebutuhanmu. Ini juga berlaku untuk acara TV ataupun film. 
  5. Tweet untuk pembuat konten
    Tahukah Kamu jika tweet juga bisa dibuat menggunakan ChatGPT. Ini tentu memudahkan bagi para pembuat konten. Tak hanya mampu menulis tweet, chatbot ini juga mampu menambahkan tagar dan emoji agar tweet bisa lebih menarik ketika diunggah. 

Apa saja Kelebihan ChatGPT?

Dilihat dari ulasan diatas dan juga dari cara pakai ChatGPT, maka bisa disimpulkan jika banyak pekerjaan yang akan mendapatkan keuntungan dari pengembangan ChatGPT ini. Khususnya karena responnya yang sangat cepat hanya dalam hitungan detik saja. Namun tak hanya itu kelebihan dari ChatGPT, ada beberapa hal lain yang menjadi kelebihannya antara lain:

  1. Peka dengan penyesuaian kata kunci
    Adanya kepekaan terhadap kueri ini bisa kita rasakan ketika kita tidak mendapatkan jawaban yang tepat. Nah, pada saat ini kita bisa mencoba untuk menginput kembali pertanyaan yang berbeda namun tetap memiliki makna yang sama. 
  2. Gaya bahasa yang tidak kaku
    Salah satu kelebihan dari platform ini adalah bahasanya yang sangat human friendly. Jadi bahasa tidak selalu harus EYD namun sangat natural.
  3. Kecepatan menjawab
    AI memang memiliki kelebihan merespon dengan cepat dan tepat. Nah begitu pula dengan platform ini yang memiliki kecepatan menjawab hanya hitungan detik saja. 

Apa Saja Kelemahan ChatGPT?

Selain memiliki keuntungan, tentu saja platform ini juga memiliki kelemahan. Berikut beberapa kelemahannya: 

  1. Bisa memberikan jawaban yang salah
    Jawaban yang ditulis oleh ChatGPT terkadang memang sangat masuk akal namun jawaban tersebut sebenarnya justru tidak masuk akal atau salah. Ingat ChatGPT merespon jawaban berdasarkan dari input yang masuk sehingga kita tetap harus bersikap skeptic dengan setiap jawaban yang diberikan.
  2. Memerlukan pembaruan tentang isu terkini
    ChatGPT bisa saja tak memiliki jawaban atas beberapa kueri. Hal ini dimungkinkan karena kueri yang belum dimasukkan sebelumnya. Ketika ini tentu saja program ChatGPT tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.
  3. Kurang memahami realita
    Misalnya, jika seseorang bertanya bagaimana cara memperbaiki mesin mobil yang rusak, maka secara otomatis ChatGPT akan menjawab berdasarkan dari data input. Namun ingat, AI tidak sepenuhnya tahu kejadian yang sebenarnya. Jadi bisa saja saran yang muncul akan tidak sesuai dengan kerusakan yang ada. 

Bagaimana Cara Pakai ChatGPT?

Jika bertanya tentang bagaimana cara pakai ChatGPT, sebenarnya cukup sederhana. Meskipun memiliki dalaman yang cukup ribet dan rumit, nyatanya teknologi ini cukup mudah digunakan, bahkan anti ribet. 

  1. Bukalah browser dan ketikkan chat.openai.com atau open.AI
  2. Jika Kamu masuk ke situs Open.AI, langsung cari Try ChatGPT
  3. Daftarkan akun ku
  4. Memasukkan perintah dan pertanyaan pada kolom percakapan yang telah disediakan
  5. Kirim chat berupa perintah atau pertanyaan dan tunggu kurang lebih 5 detik untuk mendapatkan jawabannya 

Selain lewat browser, Kamu juga bisa menggunakan ChatGPT dengan sebelumnya menginstal aplikasi yang bisa diunduh lewat AppStore atau Google Play Store. Ingat, sebelum login pastikan Kamu sudah terdaftar baik mendaftar menggunakan email atau menggunakan akun Microsoft dan Google. Setelah pendaftaran biasanya ChatGPT akan memberikan respon atau tanggapan. 

Lebih detail, berikut cara untuk registrasinya:

  1. Masuk ke chat.openai.com atau open.AI 
  2. Klik Sign Up untuk membuat akun
  3. Pilih Create an OpenAI Account
  4. Untuk pendaftaran atau pembuatan akun, ChatGPT akan meminta alamat email yang aktif baik itu Microsoft ataupun akun Google
  5. Setelah itu Kamu akan mendapatkan kode verifikasi lewat Whatsapp
  6. Setelah kode terverifikasi, Kamu akan langsung masuk ke dashboard platform

Nah, jika Kamu penasaran dengan teknologi ini Kamu bisa menggunakan versi Beta karena versi ini masih gratis dan bisa diakses oleh siapa saja. 

Diatas adalah sekilas tentang ChatGPT, kegunaan, kelebihan, kekurangan hingga cara pakai ChatGPT yang harus diketahui. Jika Kamu ingin kenalan dan mempelajari tentang ChatGPT serta program lainnya yang berbasis AI, Kamu bisa mempelajarinya di BINUS @Bandung. Tak perlu khawatir dengan fasilitas belajar serta kurikulum karena BINUS sebagai salah satu kampus swasta yang terakreditasi memiliki semuanya. Fasilitas lengkap yang didukung dengan kurikulum internasional yang akan memanjakan para mahasiswanya. 

Yuk Daftar ke BINUS @Bandung sekarang juga!

 

https://www.jagoanhosting.com/blog/chat-gpt/

https://glints.com/id/lowongan/chatgpt-adalah/

https://hybrid.co.id/post/5-kegunaan-chatgpt-dalam-konteks-sehari-hari