12 Tips Membuat Interior Ruang Kantor Bergaya Modern

Mahasiswa jurusan desain interior pasti akan belajar tentang tata cara menata Interior ruang kantor. Tentunya, mereka harus memahami interior kantor dengan tema modern dan minimalis serta bagaimana penataan yang tepat agar penghuninya bisa merasa nyaman dan aman. Seorang desainer interior juga harus mampu menciptakan sebuah interior kantor yang mampu menunjang kebutuhan mereka serta membuat mereka kian berenergi.

Nah, bagi Anda yang ingin merenovasi interior kantor, atau Anda yang suka dengan jurusan desain interior, mari simak ulasan terkait tips membuat interior ruang kantor yang nyaman di bawah ini. 

Tips Membuat Interior Ruang Kantor Nyaman dengan Gaya Modern

Kondisi interior ruang kantor nyatanya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kinerja para karyawannya. Interior yang buruk dengan mudah akan membuat penghuninya jenuh. Lantas, apa yang harus dilakukan? Pertama kali yang Anda perlukan adalah membaca tips membuat interior ruang kantor yang nyaman dan bergaya modern dibawah ini. 

  1. Susun denah lantai dengan tepat
    Langkah pertama dalam desain interior kantor adalah denah lantai yang tepat. Kantor modern harus memiliki pencahayaan yang baik disertai dengan tanaman hijau serta denah lantai yang cermat. Saat ini, banyak orang sudah mulai meninggalkan work at home. Mereka membutuhkan rumah kedua yang nyaman untuk tetap fokus dan produktif.
    Pada awal pembuatan tata letak serta denah lantai, desainer interior dapat memanfaatkan perangkat lunak denah lantai kantor. Aplikasi yang disarankan adalah Smartdraw. Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis template denah lantai sehingga desainer dapat menghemat waktu.
    Desainer interior tidak hanya membutuhkan Smartdraw untuk kantor kecil saja. Namun, denah lantai kantor besar juga dapat dibuat melalui aplikasi ini. Bahkan, aplikasi ini dapat memberikan beberapa alternatif denah untuk kenyamanan dan keamanan karyawan.
  2. Gunakan perabot kantor yang memiliki nilai ergonomis tinggi
    Desainer interior tidak hanya harus memperhatikan tata letak kantor. Namun, segala sesuatu mulai dari perabot kantor yang ergonomis hingga ruang pertemuan yang nyaman dapat meningkatkan nilai perusahaan. Lingkungan kantor yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas.
  3. Pilih meja dan kursi yang sesuai dengan kebutuhan karyawan
    Kenyamanan adalah kunci dari produktivitas karyawan yang menghabiskan jam kerja yang panjang di kantor. Pemilihan kursi yang tepat sangat penting, karena kursi harus menopang punggung dengan baik. Kursi yang tepat dengan setelan yang dapat disesuaikan harus menjadi tujuan utama desain interior kantor.
    Selain kursi, meja kantor juga sangat penting. Meja kantor dengan laci sangat diperlukan. Selain itu, meja juga harus memiliki ukuran yang pas. Hal ini untuk menghindari potensi ruangan yang akan sesak dengan meja dan kursi yang terlalu besar. 
  4. Pertimbangkan untuk membuat lounge
    Beberapa karyawan pasti meninggalkan meja sejenak untuk sekedar melepas lelah. Terlebih, kursi dan meja di ruang tunggu juga harus membuat tamu merasa nyaman menunggu.
    Pertimbangkan untuk penempatan dispenser air mineral yang cukup jauh dari area tempat duduk karyawan. Dengan demikian, karyawan tidak hanya duduk di kursi sepanjang hari. Dengan meluangkan sedikit waktu berjalan, karyawan tidak akan jenuh. Mereka juga dapat melemaskan kaki yang berada di posisi monoton berjam-jam. 
  5. Maksimalkan pencahayaan alami untuk lebih hemat listrik
    Kualitas pencahayaan interior ruang kantor sangat penting. Pencahayaan alami memiliki skala prioritas tinggi. Manfaatnya tidak hanya bagus bagi kesehatan serta suasana hati. Namun, efek positif lainnya adalah penggunaan energi listrik yang juga rendah.
    Jendela besar yang didesain dari lantai hingga langit-langit adalah solusi yang paling umum serta paling estetik. Cara ini merupakan cara paling efektif. Selain itu, partisi internal transparan juga menjadi metode lain supaya tidak membatasi cahaya matahari dalam memasuki ruangan.
    Pintu kaca adalah salah satu cara untuk meningkatkan pencahayaan alami. Desain kantor modern selama ini telah mengaplikasikannya. Selain pintu kaca, partisi kaca juga cukup membantu untuk mengurangi suara dari luar. Dengan demikian, karyawan juga dapat fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. 
  6. Pilih layout sesuai dengan ukuran kantor
    Saat ini, ukuran kantor semakin terbatas. Bahkan, perusahaan yang dulunya sempat memiliki ruangan besar untuk tiap departemen kini membagi satu area menjadi dua bagian. Layout tepat untuk interior ruang kantor modern adalah open layout.
    Jenis open layout sering diimplementasikan perusahaan teknologi dan kreatif dimana karyawannya harus berkolaborasi dalam lingkungan yang serba cepat. Desain konsep terbuka menghilangkan dinding, sekaligus mengutamakan meja besar yang digunakan secara kolektif. Tidak ada sekat atau sekat rendah dalam jenis layout ini karena fokus pekerjaan adalah peningkatan kolaborasi serta komunikasi antar karyawan.
    Keunggulan jenis layout ini tidak hanya kemudahan kolaborasi antar karyawan, tetapi juga pengurangan biaya pembelian inventaris kantor. Selain itu, layout seperti ini sangat pas di kantor dengan luas yang terbatas.  Untuk faktor keamanan, setiap karyawan dapat memiliki loker pribadi yang dilengkapi dengan kunci. 
  7. Pertimbangkan pentingnya tempat penyimpanan
    Tempat penyimpanan juga sangat penting supaya kantor tidak terlihat berantakan. Karyawan yang memiliki loker pribadi tentu tidak akan menaruh barang sembarangan di atas meja kerja. Meja kerja yang bersih pastinya dapat membuat kantor lebih rapi.
    Selain tempat penyimpanan pribadi untuk karyawan, perlu adanya kabinet penyimpanan file yang modern dan minimalis. Dengan demikian, tidak terlalu banyak barang yang terlihat di ruangan kantor. Kantor yang rapi dapat membangkitkan semangat kerja, sekaligus memperlancar mobilitas karyawan di dalam kantor. 
  8. Tanaman hijau dan cat dinding berwarna segar
    Tanaman dan bunga bukan hanya sekedar pemanis, tetapi menjadi sarana untuk memberikan kesegaran udara sekaligus warna. Lingkungan interior ruang kantor juga lebih menarik serta memberikan efek positif pada otak. Beberapa jenis tanaman juga dapat menyerap radiasi komputer.
    Warna dari tanaman serta dari cat dinding dapat dipadukan dengan cantik. Warna mempengaruhi otak secara keseluruhan. Warna dapat memberi energi dan juga menenangkan. Tak heran, pemilihan warna pada ruang kantor sangatlah penting. Desainer interior harus merencanakannya secara matang.
  9. Penambahan bentuk dan bahan yang menarik secara visual
    Kreatif dengan bentuk dan bahan yang tidak biasa yang sulit ditemukan di lingkungan kantor sangatlah kreatif. Berikan tampilan visual menarik pada lantai dengan bentuk yang unik. Atau, partisi dari papan kayu dengan bentuk yang cantik akan menunjang penampilan kantor. Penggabungan ragam bentuk dan elemen desain untuk interior ruang kantor dapat menonjolkan tema kontemporer.
    Penambahan meja rendah dengan kursi tinggi dapat memperbarui interior ruang kantor. Desainer interior juga ingin menambahkan furnitur dengan bentuk unik dalam kantor, termasuk rak buku berbentuk unik. Pemberian partisi kaca juga menjadi adalah ide brilian.
  10. Pertimbangkan tentang ruang kerja bersama
    Interior ruang kantor perlu memiliki pertimbangan adanya ruang kerja bersama. Hal ini biasanya berlaku bagi pemilik usaha pemula. Menyewa kantor bersama dapat tetap menghemat anggaran, tanpa mengorbankan produktivitas. Namun, tetap fokus pada kenyamanan karyawan. 
  11. Jangan abaikan desain ruangan istirahat
    Karyawan sangat menghargai tempat yang nyaman untuk menikmati makanan mereka sekaligus dan beristirahat. Sediakan tempat nyaman untuk membuat teh dan kopi, tempat cuci piring yang bersih atau meja makan yang cukup akomodatif. 
  12. Pilih perabot kantor dengan kualitas yang baik
    Turunnya efektivitas karyawan juga dapat muncul dari perabot kantor yang tidak nyaman. Meja atau kursi dengan ergonomi buruk tidak baik untuk kesejahteraan karyawan. Perabot kantor nyaman dapat meningkatkan produktivitas karyawan. 

Selain meningkatkan produktivitas, interior ruang kantor yang nyaman dapat mengurangi stres yang menyebabkan gangguan kesehatan. Selain itu, desain yang tepat dapat mendorong kreativitas sekaligus kolaborasi antara karyawan. 

Sedangkan desain yang tidak tepat dapat menumbuhkan perasaan terasing. Desain kantor harus dapat membuat semua karyawan mudah bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Jurusan Desain Interior BINUS @Bandung University Hasilkan Lulusan Terbaik 

BINUS @Bandung University hadir dengan berbagai jenis jurusan yang menjanjikan lulusan siap kerja. Tentu, jurusan S1 Interior Design adalah salah satu jurusan yang menawarkan prospek kerja menjanjikan. Jurusan ini merupakan jurusan multidisiplin dengan spesialisasi pada desain interior serta konstruksi kreatif. 

Jurusan Desain Interior di BINUS @Bandung memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengimplementasikan teori yang mereka dapatkan. Teori dari mata kuliah tersebut berfokus pada konstruksi serta elemen estetika desain interior, baik rumah, kantor ataupun fasilitas publik lainnya. 

Semua mahasiswa telah dipersiapkan dengan matang sehingga menjadi pekerja unggul dalam mempersiapkan, merencanakan sekaligus mewujudkan desain konsep interior secara profesional. Caranya adalah dengan menghadirkan kurikulum tekno-desain dalam program belajar mengajar. 

Penggunaan teknologi adalah metode inti dalam proses pembelajaran. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dasar serta lanjutan Computer-Aided dalam mengakomodasi tingginya tantangan yang dihadapi sebagai desainer interior profesional. Sejauh ini, lulusan S1 Interior Design BINUS @Bandung University telah membuktikan diri sebagai ahli dalam Commercial and Hospitality Design, Techno Interior Design, Smart Living & Environmental Design dan bahkan Interior Design Accessories.

Jadi, pastikan BINUS @Bandung sebagai kampus pilihan bagi Anda yang ingin bergabung menjadi desainer interior handal. Anda tidak hanya dapat menyerap ilmu dari dosen profesional dan berpengalaman. Namun, Anda dapat langsung mengimplementasikan ilmu sembari bekerja.  Yuk, Daftar diri kamu sekarang!

 

https://www.google.com/amp/s/www.ruparupa.com/blog/tips-menata-ruang-kantor-yang-sempit-menjadi-nyaman/amp/

https://www.rumah123.com/panduan-properti/menyewa-properti-89056-cara-menata-ruang-kantor-yang-sempit-id.html