Mengenal Kepribadian Manusia Berdasarkan Tes Enneagram: Tipe Perfectionist dan Tipe Giver

Oleh Meitty Josephin Balontia, M.Han

 

Tes Enneagram merupakan pengujian terhadap sistem kepribadian seseorang. Dalam enneagram, kepribadian manusia dapat digolongkan ke dalam sembilan (9) jenis. Teori Enneagram menyatakan bahwa manusia dilahirkan dengan tipe kepribadian yang dominan dan kemudian tipe tersebut dapat dipengaruhi dan dibentuk oleh lingkungan serta pengalaman yang dialami kehidupan seseorang. Hal tersebutlah menjadikan seseorang meskipun memiliki jenis kepribadian tentu, masih dapat merasakan kedekatan dengan jenis kepribadian lainnya. Dalam tes enneagram terdapat 9 jenis kepribadian yang terdiri dari: the perfectionist (tipe 1); the giver (tipe 2); the achiever (tipe 3); the individualist (tipe 4); the investigator (tipe 5); the skeptic (tipe 6); the enthusiast (tipe 7); the challenger (tipe 8); dan the peacemaker (tipe 10). Tulisan ini akan membahas secara singkat jenis kepribadian satu (1) dan dua (2) yakni, the perfectionist dan the giver.

ENNEAGRAM TYPE 1: THE PERFECTIONIST

Orang dengan tipe ini sangat suka melakukan segala hal dengan benar dan biasanya memiliki standar yang tinggi. Karena ingin melakukan segalanya dengan benar, mereka merupakan sosok yang sangat patuh pada peraturan serta memperhatikan setiap detail. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini cenderung bertanggung jawab namun dapat menunjukkan sikap menuntut karena kebutuhan untuk menjalankan segala sesuatu secara benar. Mereka mudah terganggu ketika ada hal yang tidak memenuhi aturan serta standar mereka yang tinggi, dimanapun mereka berada. Artinya, mereka akan mudah frustasi terhadap hal yang tak sesuai standar mereka baik di tempat kerja, dalam relasi maupun kehidupan sehari-hari mereka. Karenanya, ketakutan terbesar dari seseorang dengan tipe pertama ini adalah takut dianggap sebagai orang yang cacat moral atau tidak sempurna. Ketakutan ini diatasi oleh mereka melalui disiplin yang kaku serta sangat keras terhadap diri sendiri (dan bahkan orang lain). Adapun motivasi terdalam mereka adalah hidup dengan baik, terhormat dan menjalani hidup dengan tujuan yang jelas. Tujuan tersebut tentu saja berkaitan erat dengan hidup dengan cara terbaik dan paling benar.

Lebih lanjut, beberapa sikap kunci yang seringkali ditampilkan oleh tipe pertama antara lain; 1) serius dan selalu to the point dalam berkomunikasi; 2) bersikap praktis dan sederhana; 3) sebagai karyawan, tipe pertama adalah pekerja keras dan rajin; 4) memiliki standar internal yang tinggi; 5) kaku dalam keputusan dan rencana; 6) memiliki kemampuan intens dalam berkonsentrasi; serta, 7) secara natural memiliki kemampuan dalam memberi instruksi dan pengajaran.

ENNEAGRAM TYPE 2: THE GIVER

Tipe dua sangat ditentukan oleh keinginan mereka untuk dicintai. Mereka sangat senang membantu serta peduli terhadap orang lain. Orang-orang dengan tipe ini juga sangat ingin melibatkan diri dalam kehidupan orang lain. Karenanya, mereka jarang mengatakan tidak ketika orang lain meminta bantuan kepada mereka. Pembuktian diri tipe dua terwujud dalam kehadiran mereka bagi orang lain. Mereka yang tergolong tipe dua memiliki motivasi untuk terus dicintai dan dihargai. Perasaan dicintai dan dihargai inilah yang terus memotivasi mereka untuk mengungkapkan rasa cinta kepada orang lain baik lewat tindakan maupun perkataan. Dilihat dari kebutuhan mereka untuk terus dicintai dan dihargai, maka semakin jelas bahwa ketakutan terdalam mereka adalah kesendirian dan perasaan tidak dicintai. Untuk mengatasi ketakutan ini, tipe dua cenderung berusaha menjaga orang lain serta menjadikan diri mereka pusat kehidupan orang lain. Adapun ciri khas yang seringkali ditampilkan oleh orang yang termasuk dalam tipe dua antara lain: 1) Memiliki senyum dan mata yang hangat; 2) sangat mudah didekati dan memancarkan kebaikan; 3) aktivis yang vokal; 4) Anggota tim yang sangat baik; 5) Perhatian; 6) Keibuan dan sabar; 7) serta, sangat lembut dan mengikuti alur.

Lebih lanjut, meskipun tipe dua merupakan orang yang seringkali menunjukkan cinta kasih yang besar, namun dalam kondisi psikologis yang tidak sehat, tipe kedua bisa menunjukkan beberapa perilaku yang justru bertolak belakang dengan kepribadian alamiahnya seperti; 1) terus-menerus mencari kesalahan orang lain; 2) berusaha mendapatkan kendali atas suatu hubungan; 3) angkuh dan selalu mencari alasan dari setiap tindakan buruk mereka; 4) seringkali memainkan kartu sebagai korban untuk mendapatkan simpati; 5) menunjukkan sisi manipulatif yang seringkali secara serampangan menyalahkan orang lain atas kesengsaraan yang dialaminya.

Sumber:
Artikel berjudul 3 Basic Need-to-Know Facts about the Enneagram yang diunduh melalui link https://ondemandcounseling.com/blog/enneagram/#:~:text=The%20Enneagram%20links%20each%20of,placed%20within%20the%20Enneagram%20diagram pada 16 Desember 2022
https://www.truity.com/enneagram/personality-type-2-giver
https://www.truity.com/enneagram/personality-type-1-perfectionist

BINUS @Bandung