Oleh Ratna Amalia

Consistenscy

Sebuah merek/brand seiring berjalannya waktu akan melewati perubahan masa-masa yang cukup dinamis, seperti perubahan pasar, perubahan selera konsumen, bertambahnya kompetisi, dll.

Definisi konsistensi di sini adalah upaya branding yang selaras melalui media dengan elemen pesan (audio video, gambar, teks, dll), untuk mempertahankan komunikasi dan posisi merek.

Tentunya sesuai dengan nilai dan identitas brand untuk mengoptimalkan pengakuan merek yang sudah didapatkan sebelumnya.

Contoh:

Netflix sebagai penyedia layanan streaming film berbayar, dikenal dengan konsistensinya dalam komunikasi brand mereka di media sosial.

Penggunaan kutipan-kutipan film layar lebar dan serial TV pada media sosial mereka, menghasilkan konten yang menyenangkan dan berdampak ke nilai interaksi dan komitmen konsumen yang cukup tinggi.

Salah satu konten Netflix di Instagram

Sumber: https://www.instagram.com/p/CkypmxbJLwa/?hl=id

Dalam dinamika perubahan yang dialami sebuah brand, konsistensi layanan terhadap konsumen sangat penting.

Hanya hal tersebut yang dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Value Innovation

Hubungan antara inovasi dan brand cukup kompleks, dan berkaitan erat dengan medan kompetisi dan arah investasi brand. Entrepreneur/pengusaha selalu memiliki semangat untuk berinovasi, tetapi mereka selalu dibatasi oleh sumber daya usaha yang terbatas.

Pemahaman terhadap target capaian kompetitor dan nilai yang dimiliki konsumen, merupakan hal yang cukup penting dalam melakukan inovasi.

Contoh

LEGO menggunakan strategi kolaborasi dengan komunitas konsumen mereka untuk mendorong inovasi baru. Mereka menyediakan platform dimana konsumen dapat mengajukan rancangan baru dan jika disukai oleh 10.000 konsumen lainnya maka rancangan tersebut akan diproduksi.

Nilai inovasi tersebut cukup efektif dan cukup strategis, dari perspektif konsumen dan komunikasi brand.

Contoh-contoh karya LEGO dari konsumen/komunitas pada suatu acara

Sumber: https://www.idntimes.com/news/indonesia/indianamalia/12-lego-dari-komunitas-bhinneka-lug-ini-bakal-buat-kamu-terinspirasi?page=all

Referensi

https://blog.leightonbroadcasting.com/blog/the-importance-of-jingles-for-advertising-your-business

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0148296319301882

https://www.canto.com/blog/brand-positioning-statement-examples/

23 Types of Advertising Appeals Most Commonly Used by Brands

https://tedrubin.com/the-importance-of-brand-appeal/, https://www.marketing91.com/advertising-appeal/

http://marketinghuddle.com/what-is-brand-credibility/ https://placebrandobserver.com/how-place-brand-credibility-impacts-attachment-consumer-loyalty/

https://scarletroo.com/brand-credibility-online/

https://www.marketing91.com/what-is-brand-consistency/

https://bstrategyhub.com/value-innovation-success-through-simplicity/

https://www.alida.com/the-alida-journal/5-examples-how-brands-are-using-co-creation