Memiliki rumah Indah dengan tampilan indah adalah impian semua pemilik rumah. Salah satu cara untuk membuat rumah tampak beda dengan yang lain adalah dengan memilih material dinding roster.

Roster adalah material bangunan yang juga dikenal sebagai  ventilation block karna memiliki  rongga yang dapat memberi akses untuk sirkulasi udara pada bangunan.

Kini roster banyak digunakan sebagai dinding hias atau elemen artistik pada hunian karna memiliki variasi pola yang dapat memberi rumah efek dan nuansa yang unik dan cantik.

Proses pembuatan roster beton berbeda dengan material bangunan yang lain, karena menggunakan tenaga manusia dan bukan mesin.

Pada umumnya roster memiliki ukuran 20cm x 20 cm. Satu buah  block roster ukuran 20×20 memiliki kisaran harga antara 8.000 – 12.000 rupiah.

Saat ini proses produksi pembuatan roster adalah hanya dengan pencetakan manual/ man power, dan tidak melewati proses pembakaran.

Sementara bahan yang digunakan adalah pasir, semen, air. Dicetak dengan molding sesuai design yang di sediakan oleh produsen atau molding dengan design khusus sesuai permintaan designer/konsumen. Setelah di cetak moulding melalui proses masa pengeringan selama 2-3 hari.

Setelah itu roster disiram dengan air tujuannya adalah untuk memadatkan material dari roster tersebut. Dan kemudian setelah itu dikeringkan kembali selama 1 hari untuk mendapatkan kualitas yang lebih padat.

Pemilihan material roster dapat disesuaikan dengan beragam konsep hunian.

Roster beton berwarna abu abu yang terbuat dari semen dan pasir cocok untuk diaplikasikan pada design hunian kontemporer.

Sedangkan roster berwarna dapat memperkuat konsep design modern

Dinding roster di gunakan hanya sebagai dinding hias dan bukan dinding utama karena strukturnya tidak sekuat bata konvensional atau dinding semen konvensional.

Variasi bentuk atau pola roster dapat memberi hunian pasokan udara, cahaya, angin, hingga konsep arsitektur sesuai kebutuhan penghuni.

Tidak heran di Indonesia roster kerap digunakan untuk konsep hunian arsitektur tropis karna efektif menghadapi iklim yang panas dan lembab. Selain memberi nilai estetis pada hunian atau bangunan, roster juga dapat memberi rumah ventilasi udara yang baik karna memiliki banyak rongga.

– Sandi Noprimus –